Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjalankan Usaha Sarang Burung Walet

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Menjalankan Usaha Sarang Burung Walet





Apakah anda baru lulus dari satu pendidikan ? Pengangguran ataupun jadi korban PHK ? , Mungkin anda perlu mencoba peruntungan di dunia usaha. Jika anda pernah mendengar burung walet, tentu tahu bahwa ada sesuatu bernilai komersial tinggi yang bisa diperjualbelikan dari burung tropis yang satu ini ? Yaps, sarangnya. Sarang burung walet berbeda dari sarang burung walet. Ia terbentuk dengan air liur yang terakumulasi dan mengeras. Sudah banyak negara yang membius komoditas ini untuk dijadikan bahan makanan/minuman, karena kandungan gizinya yang banyak.


Secara bisnis harga sarang burung walet sangatlah mahal, sekitar 12 - 14 Juta perkilonya. Bila anda tertarik terjun, kami akan memberikan tipsnya berikut ini;


Persiapkan kandang burung walet


Anda harus mensurvei lokasi yang cocok untuk pengembangan burung walet. Wajib sekali Memilih Tempat yang sepi dan jauh dari hiruk pikuk kendaraan, karena walet suka sekali dengan ketenangan. Misalnya di area perhutanan, persawahan, area pantai. Pastikan tempat tersebut berada dikawasan dataran rendah, maksimal 1000 MDPL.


Baca juga: CARA MEMBANGUN POLA PIKIR BISNIS


Selanjutnya adalah menyiapkan tempat agar burung walet bersarang, karena sifat mereka yang liar. Burung walet banyak ditempatkan pada gedung-gedung kosong berukuran luas. Semakin tinggi ukuran gedung semakin baik. Usaha jangan memberikan penerangan, karena burung walet suka suasana gelap.


Pembibitan 


Untuk pembibitan ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengundang burung walet secara alami dan membeli telurnya lalu ditetaskan. Bila anda mengurangi ongkos biaya langkah pertama bisa dicoba. Caranya dengan menyiapkan suara berisi rekaman burung walet, tempat di sudut-sudut gedung dan mainkan di jam 16.00 - 18.00. rekaman tersebut digunakan sebagai pancingan burung walet agar mau bersarang.


Namun bila anda ingin cara yang lebih instan bisa memakai cara yang kedua dengan membeli telur burung walet lalu ditetaskan. Untuk harganya sekitar 9000 rupiah perbutir.


Perawatan burung walet


Untuk yang merawat dari anakan, memang Perlu ekstra perhatian. Berhubung mereka belum bisa mencari makan sendiri anakan burung walet bisa disuapin dengan kroto di pagi, siang dan sore hari. Lakukan cara ini sampai anakan wallet berumur 10 hari. Lalu pindahkan ke tempat pembesaran dengan diberi lampu penghangat. Umumnya perlu waktu 1 bulan 2 Minggu agar untuk burung wallet bisa terbang sendiri.


Burung walet dewasa akan mencari makan sendiri di sekitar gedung. Anda bisa menyiapkan sumber protein seperti kroto, ulat kandang dan serangga-serangga kecil, untuk makanan pokok, burung walet juga perlu biji-bijian.


Masa pembuatan sarang dan panen


Umur burung walet siap bertelur dan membuat sarang ada di usia 6 - 7 bulan. Dalam setahun Mereka bisa membuat 4 sarang. Mereka akan membuat sarang pada atap-atap gedung. Setelah bentuknya seperti mangkuk baru dipanen.


Untuk harganya, sarang burung walet dijual antara 12 - 14 juta perkilogramnya. Semakin sempurna bentuk sarang harganya semakin mahal. Untuk target pasar, kebanyakan didistribusikan di pasar internasional, negara-negara seperti China, Jepang dan Taiwan Menjadi peminat Terbesar bisnis ini.








Posting Komentar untuk "Tips Menjalankan Usaha Sarang Burung Walet"