Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Harga Franchise Chatime di Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

Sudah wara-wiri dalam dunia minuman kekinian sejak tahun 2005, faktanya franchise chatime masih menjadi bahan perburuan para pebisnis. Bukan tanpa alasan, tetapi kedai minuman asal Taiwan ini mampu berinovasi secara konsisten.

Tidak hanya di Indonesia, bisnis minuman ini bahkan sudah melebarkan sayapnya hingga beberapa negara, seperti Malaysia, Vietnam, Australia, hingga USA. Tertarik untuk menjadi kemitraan bisnis kekinian ini? 

 

Franchise Chatime Indonesia

Sekilas Tentang Franchise Chatime Indonesia

Chatime ialah salah satu brand minuman yang memadukan antara teh dengan boba, sehingga muncul istilah bubble tea. Bisnis waralaba ini masuk ke Indonesia pada tahun 2011 di bawah lisensi PT Food Beverages Indonesia. 

Awal pembukaan, bubble tea hanya bisa ditemukan di Mall Living World Alam Sutera yang ada di daerah Tangerang. Namun per tahun 2021 lalu, tercatat sudah ada sekitar 389 franchise chatime yang tersebar hingga 58 kota di Indonesia.

Angka tersebut terbilang sangat fantastis, mengingat keberadaannya baru booming sekitar tahun 2019 lalu. Kondisi tersebut juga di luar praduga, karena ternyata boba memperoleh sambutan yang sangat baik dari masyarakat. 

 

Inovasi Menu Chatime

Bukan hanya dari segi bobanya saja, tetapi juga varian minuman Chatime yang memang sangat beragam. Berikut beragam menu dan inovasi yang hanya tersedia pada franchise chatime:

1. Es Kaya Rasa

Awal pembukaan, Chatime memang lebih fokus untuk mengembangkan minuman teh dalam berbagai varian. Pembeli bisa memilih puluhan menu bubble tea dalam berbagai rasa, seperi mango smoothie, taro milk tea, matcha mouse, dan lain-lain.

2. Tersedia Versi Panas

Tidak hanya minuman dingin (cold) saja, Chatime juga menyediakan varian menu dalma kondisi hot atau panas. Mulai dari americano, caramel latte, cappuccino, hazelnut, mochaccino, hingga vanilla latte.  

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pencinta kopi dengan sensasi panas. Dengan kata lain, Chatime sangat merakyat karena memahami kebutuhan setiap pelanggannya.

3. Kemasan Popcan

Pada tahun 2020, Chatime menghasilkan terobosan baru, yakni minuman kekinian dalam kemasan popcan. Kemasan ini terbuat dari botol pet lengkap dengan tutup seng, seperti popcan pada umumnya. 

Sangat praktis, karena tidak memerlukan sedotan untuk meminum sebotol bubble tea favorit. Selain itu, popcan juga sangat aman dan ringkas, meski pelanggan membeli dalam jumlah banyak. 

4. Atelier

Salah satu inovasi Chatime yang kini sedang menyeret perhatian besar, yakni gerai atelier. Berbeda dengan minuman es lainnya, atelier menghadirkan sensasi dingin dari gas nitro, sehingga terasa lebih segar dan unik. 

5. Aplikasi Franchise Chatime

Untuk memudahkan pelanggan memesan minuman, Chatime kini sudah mempunyai aplikasi khusus seperti frachise lainnya. Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa lebih mudah untuk memesan Chatime di manapun berada. 

 

Syarat Franchise Chatime

Melalui laman resminya di indonesia.chatime.com.tw, PT Food Beverages Indonesia selaku pemegang lisensi mengatakan, bahwa mereka tidak membuka franchise atau kemitraan.  

Maka dari itu, cukup sulit untuk mencari tahu mengenai syarat pembukaan franchise chatime. Jika memang tertarik dan ingin bertanya langsung kepada pemegang lisensi, berikut kontak yang bisa dihubungi:

·        Address: Jalan Puri Kencana Nomor 1, Meruya, Kembangan, Jakarta Barat 11610

·        Phone: 021-5829099

·        Instagram: @ChatimeIndo

·        Facebook: @ChatimeIndo

·        Twitter: @ChatimeIndo

·        Email: chatime@fbindo.com

Harga Pembukaan Franchise Chatime

Bagi yang ingin bergabung dengan kemitraan Chatime memang harus sedikit bersabar dan rajin-rajin untuk mencari informasi. Mungkin suatu saat nanti, pihak pemegang lisensi akan kembali membuka kesempatan tersebut. 

Lantas, berapa modal yang harus dipersiapkan pebisnis untuk membuka franchise chatime? Melansir beberapa sumber, berikut perkiraan modal untuk kemitraan Chatime di luar negeri:

·        Investments: 150.000 – 160.000 US Dollar

·        Minimum cash: 50.000 US Dollar

·        Net worth: 98.000 US Dollar

 

Estimasi serta Alokasi Biaya Franchise 

Sekali lagi, harga tersebut barulah perkiraan semata yang mungkin akan berbeda dengan kenyataan. Memang terbilang cukup mahal, karena biaya tersebut akan teralokasikan pada beberapa pos, seperti:

1. Biaya Pendaftaran Kemitraan

Keuntungan bergabung dengan franchise ialah segala keperluan mitra sudah dipersiapkan oleh pusat. Mulai dari prosedur, promosi, hingga manajemen untuk menjalankan bisnis tersebut. 

2. Biaya untuk Penyediaan Bahan 

Meski mempunyai hingga 50 varian menu, tetapi pebisnis tidak perlu pusing-pusing untuk berbelanja bahan minuman. Sebab, pihak pusat yang akan menyiapkan dan mengirimkan semua bahan baku dan topping.

3. Biaya Kemasan Chatime

Chatime termasuk salah satu brand minuman kekinian yang sangat besar, sehingga dari segi kemasan juga tidak main-main. Oleh karena itu, franchise chatime harus mempersiapkan kemasan yang dibutuhkan. 

Apalagi Chatime memiliki banyak menu dengan ukuran dan kemasan yang berbeda-beda, sehingga dari segi modal juga lebih besar. Terutama untuk kemasan popcan yang dari segi bahan pembuat saja sudah jelas berbeda.

4. Biaya untuk Penyewaan Tempat

Apapun jenis kemitraan yang dijalankan, pasti membutuhkan tempat sebagai lokasi usaha, baik dalam bentuk kafe, dine-in, compact, maupun kedai. Semakin besar tempatnya, tentu memerlukan biaya yang lebih mahal, bukan?

 

Keunggulan Franchise Minuman Kekinian

Meski sudah mempunyai ratusan gerai, faktanya masih saja banyak yang berminat untuk bergabung dengan franchise chatime. Bukan tanpa alasan, berbisnis minuman kekinian memang mempunyai beragam keunggulan, di antaranya:

1. Modal Masih Terjangkau

Selain Chatime masih ada beberapa jenis bisnis minuman kekinian yang membuka kemitraan. Dibandingkan bisnis lainnya, franchise seperti ini cenderung membutuhkan modal yang lebih kecil.

Jika memang menyewa tempat masih terasa berat, bisa mengalihkannya di rumah pribadi atau menggunakan sistem compact. Dengan begitu, anggaran untuk menyewa tempat bisa dialokasin untuk kebutuhan yang lainnya. 

2. Tidak Perlu Banyak Karyawan

Selain sewa tempat, pebisnis bisa memangkas modal melalui penggunaan karyawan. Usaha ini tidak membutuhkan banyak karyawan, bahkan pebisnis bisa menjalankan sendiri untuk sementara waktu.

Selain itu, minuman kekinian tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya perlu cermat dan teliti dalam hal takaran. Biasanya, pihak pusat akan mengadakan training terlebih dahulu, sebelum pemilik franchise terjun secara langsung.  

Hal ini termasuk salah satu layanan pada bisnis franchise, karena bertujuan untuk menjaga kualitas dan standar rasa minuman. Apalagi untuk sekelas Chatime yang termasuk minuman premium. 

3. Pangsa Pasar Lebih Luas

Setelah kuliner, peminat minuman kekinian juga sangatlah besar, tidak tergantung pada usia dan jenis kelamin. Itu artinya, bisnis seperti ini mempunyai pangsa pasar yang lebih luas. 

Terutama untuk bisnis seperti Chatime yang menyediakan dua versi minuman, yakni hot dan cold. Hal ini membuat minuman kekinian tersebut tidak terpengaruh oleh cuaca yang sedang terjadi.

Saat panas, pembeli bisa memesan minuman dingin dalam berbagai varian rasa dan ukuran. Sementara itu, saat musim penghujan tiba, penikmat sejati tetap bisa memesan Chatime dalam versi panas. 

4. Omzet dan Keuntungan Besar

Bermodalkan pangsa pasar luas dan banyaknya pilihan menu menjadikan minuman kekinian seperti Chatime mempunyai kesempatan meraih omzet lebih besar. Meski tampak receh, faktanya bisnis ini bisa mendatangkan laba hingga jutaan rupiah.

Tidak perlu bertahun-tahun, untuk membalikkan modal awal hanya membutuhkan waktu beberapa bulan saja. Bagaimana bila memiliki lebih dari satu gerai atau franchise? 

Namun, semua itu kembali lagi pada usaha masing-masing pebisnis untuk mengembangkan franchise chatime. Sebab, masih ada banyak faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis. Selamat bergabung (bisnisan.id)

Posting Komentar untuk "Syarat dan Harga Franchise Chatime di Indonesia"