Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan

Daftar Isi [Tampil]

 

Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan

Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan - Laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan meliputi neraca, laporan rugi laba, laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misalnya sebagai laporan arus kas atau laporan arus dana), catatan dan laporan lain serta materi penjelasan merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

 

Pengertian Laporan Keuangan Untuk

Menurut Zaki Baridwan, mengatakan  yang dimaksud dengan laporan keuangan adalah ringkasan dari suatu proses pencatatan yang merupakan ringkasan dari suatu transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan.

Catatan atas laporan keuangan dapat digunakan   dalam mengambil suatu keputusan  dengan menilai apakah kinerja keuangannya sehat dan seimbang, Apabila telah sesuai, perusahaan dapat menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan memenuhi berbagai kewajibannya sehingga tingkat profit dapat membuat investor percaya sepenuhnya.

Pihak-pihak yang memerlukan pentingnya laporan keuangan sebagai salah satu informasi akuntansi  adalah :

1. Pihak Intern / Pimpinan Perusahaan

Untuk pimpinan perusahaan, informasi akuntansi digunakan untuk menyusun perencanaan dan pengawasan terhadap  jalannya perusahaan, mengevaluasi kemajuan perusahaan yang telah dicapai, dan melakukan pengoreksian yang diperlukan.

2. Pihak Ekstern Perusahaan

a. Investor / Calon Investor

Investor melakukan penanaman modal dalam  perusahaan tujuannya untuk  mendapatkan  laba. Investor / calon investor memerlukan informasi akuntansi untuk menentukan apakah harus membeli atau menjual investasi tersebut.

b. Karyawan

Karyawan membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui  profit perusahaan. Informasi akuntansi  juga diperlukan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan gaji,  pensiun, dan pembukaan lapangan pekerjaan yang baru.

c. Pemasok

Pemasok sangat tertarik dengan informasi akuntansi yang membuat mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pada saat jatuh tempo.

d. Pemberi Pinjaman (Bank)

Pemberi pinjaman hanya  memberikan kreditnya kepada perusahaan yang mampu mengembalikan dan mengangsur pinjaman beserta bunganya pada saat jatuh tempo atau tepat pada waktunya.

e. Pelanggan

Pelanggan membutuhkan informasi akuntansi untuk kelangsungan hidup perusahaan.

 

Demikianlah bahasan kami mengenai pentingnya laporan keuangan untuk pengambilan keputusan baik oleh pihak internal maupun eksternal perusahaan. Semoga sedikit informasi ini ada manfaatnya untuk Anda semua. Salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Pengambilan Keputusan"