Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Content Creator Di Instagram Tahun 2022

Daftar Isi [Tampil]

 Cara Menjadi Content Creator Di Instagram Tahun 2022




Maraknya perkembangan medsos memicu munculnya profesi baru salah satunya content creator. Banyak orang yang tertarik pada bidang ini karena bisa meluangkan kreativitas berupa konten informatif, entertain dan edukasi kepada pengguna yang lainnya. Alasan lainnya karena potensi Cuan yang bisa dihasilkan  content creator bahkan bisa melebihi gaji pekerja kantoran.


Salah satu medsos yang paling banyak memunculkan content creator adalah Instagram. Platform ini mewadahi kreativitas berupa foto dan video pendek. Lalu bagaimana caranya jadi content Instagram ? Simak artikel ini:


Persiapkan Skill


Skill adalah nyawa content creator dalam mengolah konten. Tanpa hal ini akan sulit untuk mencapai level sukses. Skill yang dimaksud meliputi kemampuan edit foto, video, desain grafis, dan publik speaking. Ilmu-ilmu tersebut harus dipelajari secara serius oleh content creator. Skill lain seperti manajemen waktu juga diperlukan agar konten bisa disajikan secara berkala.


Setelah skill, content creator harus mau melakukan riset. Karena pekerjaan ini sebagian besarnya memang menangkap keresahan yang dalam masyarakat. Riset juga penting agar referensi semakin bertambah.


Membuat Akun Instagram


Setelah dirasa memiliki skill yang mantap, proses selanjutnya ada membuat akun Instagram. Rubah pengaturan personal menjadi akun profesional. Hal ini akan menambah fitur seperti data follower, dan insight postingan.


Untuk caranya ikuti instruksi ini: buka menu pengaturan -> Akun -> Beralih akun profesional -> pilih status " Creator" -> selesai.


Tentukan siapa audiencenya


Setiap konten memiliki pangsa pasarnya ibu sendiri. Misalnya laki-laki, kebanyakan dari mereka suka menonton konten sepakbola atau perempuan, mereka suka menonton konten memasak. Oleh karena itu content creator harus tahu siapa market yang ia tuju. Setelah fokus pada 1 segmentasi buatlah konten yang diterima segmen tersebut.


Dengan cara tersebut, konten akan lebih cepat mendapatkan respon dari pengguna Instagram.


Pelajari SEO


Ilmu SEO tidak hanya powerful dalam membangun sebuah website, namun juga mengoptimalisasi konten instagram. Langkahnya bisa dimulai dengan membuat username sesuai Niche, memperbaiki bio, membuat konten relevan, hingga mencantumkan Hashtag. 


Ilmu SEO bisa dipelajari secara bertahap, dalam prakteknya content creator mungkin memerlukan Tool seperti Google Trends, Keywordtool.io, dan Uber suggest. Tool tersebut bisa digunakan meriset kata kunci sebelum membuat konten.


Konsisten membuat konten


Content creator akan diuji perjuangannya dalam fase-fase awal. Penonton sepi kerap menjadi alasan seseorang untuk berhenti. Padahal semua hak tersebut pernah dialami mayoritas content creator papan atas. Orang yang sukses pada bidang ini adalah orang yang punya konsistensi dalam membuat konten. 


Memperbaiki konten yang dirasa masih kurang dan memperbaikinya lagi akan memperbesar kesempatan untuk mendapat simpati audience. Jadwalkan konten dalam skala waktu tertentu misalnya seminggu 2 kali, agar insight penonton tetap terjaga.









Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Content Creator Di Instagram Tahun 2022"