Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen

Daftar Isi [Tampil]

Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen - Perusahaan manakah yang tidak menginginkan konsumen yang loyal ? Pastilah semua perusahaan, apabila ingin tetap bertahan dan memenangkan persaingan, haruslah memiliki konsumen yang loyal. Sehingga tidak perlu ditakutkan lagi perusahaan itu goyah, karena dengan memiliki konsumen yang loyal, maka ini adalah salah satu yang menopang perusahaan tersebut untuk tetap hidup dan bertahan, bahkan semakin berkembang.

Untuk mendapatkan loyalitas konsumen tersebut, perusahaan harus mengidentifikasi dan terus berupaya mempertahankan loyalitas bahkan komitmennya, sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan dalam jangka panjang. Prospek konsumen terbaik dapat diketahui pada setiap daftar konsumen yang ada di database pelanggan perusahaan yang antara lain terlihat pada beberapa perilaku berikut :

1.      Frekuensi dalam melakukan pembelian

2.      Jumlah kuantitas banyak

3.      Jumlah nominal pembelian

4.      Jangka waktu kunjungan pembelian


Tips Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen

Bagaimana caranya agar konsumen tetap loyal terhadap perusahaan kita? Berikut adalah sejumlah tips yang dapat Anda implementasikan.

1.      Adakan komunikasi dengan konsumen terpilih agar terpelihara loyalitas dan komitmennya. Mungkin dengan mengadakan event berkala, seperti Gathering Konsumen, sehingga dapat terjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.

2.      Memberikan discount atau potongan istimewa , bagi nominal tertentu, khusus dalam event tertentu, hal ini juga menarik konsumen loyal yang baru.

3.      Membuat kartu membership bagi konsumen, agar mereka tetap loyal, disertai dengan tambahan fasilitas-fasilitas yang menarik konsumen dalam kartu membership tersebut.

4.      Bagi konsumen yang sudah lama periode waktunya menjadi pelanggan, bisa memperoleh hadiah-hadiah yang tentunya memberikan value bagi mereka. Misalnya voucher berbelanja dengan nilai tertentu.

5.      Kita juga harus memperhatikan service atau pelayanan kita sebelum dan sesudah pembelian produk atau jasa. Hal ini sepertinya kecil, tetapi jangan dianggap remeh. Kita harus memperhatikannya dengan baik, karena dengan service yang kurang memuaskan, maka kita sangat mungkin untuk kehilangan konsumen yang amat berharga bagi perusahaan.

 

Jadi, apabila suatu perusahaan ingin agar tetap bertahan dan terus berkembang, janganlah kita menganggap enteng konsumen kita. Kita harus menghargai satu demi satu para konsumen kita dengan memberikan kepuasan melalui hal-hal tersebut di atas. Konsumen itu ibaratnya seperti harta suatu perusahaan yang harus selalu dijaga dan jangan sampai hilang. Apalagi saat ini persaingan antara perusahaan begitu ketat, maka perusahaan yang pandai memikat dan menjalin hubungan yang baiklah, yang konsumennya tidak akan pindah ke lain hati.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara membangun loyalitas konsumen dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen"