Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen
Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen - Perusahaan manakah yang tidak menginginkan konsumen yang loyal ? Pastilah semua
perusahaan, apabila ingin tetap bertahan dan memenangkan persaingan, haruslah
memiliki konsumen yang loyal. Sehingga tidak perlu ditakutkan lagi perusahaan
itu goyah, karena dengan memiliki konsumen yang loyal, maka ini adalah salah
satu yang menopang perusahaan tersebut untuk tetap hidup dan bertahan, bahkan
semakin berkembang.
Untuk mendapatkan loyalitas konsumen tersebut,
perusahaan harus mengidentifikasi dan terus berupaya mempertahankan loyalitas
bahkan komitmennya, sehingga konsumen dapat menjadi pelanggan dalam jangka
panjang. Prospek konsumen terbaik dapat diketahui pada setiap daftar konsumen
yang ada di database
pelanggan perusahaan yang
antara lain terlihat pada beberapa perilaku berikut :
1.
Frekuensi dalam melakukan
pembelian
2.
Jumlah kuantitas banyak
3.
Jumlah nominal pembelian
4.
Jangka waktu kunjungan pembelian
Tips Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen
Bagaimana caranya agar konsumen tetap loyal
terhadap perusahaan kita? Berikut adalah sejumlah tips yang dapat Anda
implementasikan.
1.
Adakan komunikasi dengan konsumen
terpilih agar terpelihara loyalitas dan komitmennya. Mungkin dengan mengadakan
event berkala, seperti Gathering Konsumen, sehingga dapat terjalin hubungan
baik antara perusahaan dengan konsumen.
2.
Memberikan discount atau potongan
istimewa , bagi nominal tertentu, khusus dalam event tertentu, hal ini juga
menarik konsumen loyal yang baru.
3.
Membuat kartu membership bagi
konsumen, agar mereka tetap loyal, disertai dengan tambahan fasilitas-fasilitas
yang menarik konsumen dalam kartu membership tersebut.
4.
Bagi konsumen yang sudah lama
periode waktunya menjadi pelanggan, bisa memperoleh hadiah-hadiah yang tentunya
memberikan value bagi mereka. Misalnya voucher berbelanja dengan nilai
tertentu.
5.
Kita juga harus memperhatikan
service atau pelayanan kita sebelum dan sesudah pembelian produk atau jasa. Hal
ini sepertinya kecil, tetapi jangan dianggap remeh. Kita harus memperhatikannya
dengan baik, karena dengan service yang kurang memuaskan, maka kita sangat
mungkin untuk kehilangan konsumen yang amat berharga bagi perusahaan.
Jadi, apabila suatu perusahaan ingin agar tetap bertahan dan terus berkembang, janganlah kita menganggap enteng konsumen kita. Kita harus menghargai satu demi satu para konsumen kita dengan memberikan kepuasan melalui hal-hal tersebut di atas. Konsumen itu ibaratnya seperti harta suatu perusahaan yang harus selalu dijaga dan jangan sampai hilang. Apalagi saat ini persaingan antara perusahaan begitu ketat, maka perusahaan yang pandai memikat dan menjalin hubungan yang baiklah, yang konsumennya tidak akan pindah ke lain hati.
Demikianlah beberapa tips bagaimana cara membangun loyalitas konsumen dari kami. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membangun Loyalitas Konsumen"