Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Segmentasi Pasar Dalam Bisnis

Daftar Isi [Tampil]

 5 Manfaat Segmentasi Pasar Dalam Bisnis




Dalam bisnis, pelanggan adalah objek utama sebagai penerima produk dan jasa. Maka dari itu mengetahui lebih dalam tentang mereka adalah sebuah kewajiban bagi pelaku entrepreneur. Untuk mengenali konsumen, perlu yang namanya riset segmentasi pasar.


Segmentasi pasar adalah upaya pengelompokan konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan dan kebiasaannya, sehingga perusahaan bisa menyusun produk dan strategi bisnis sesuai permintaan pasar. 


Perusahaan yang bisa memetakan pasar akan lebih mudah dalam melakukan invasi pasar.


Untuk lebih detail mengenai pentingnya segmentasi pasar, silahkan simak artikel berikut ini:



Mengenal Apa Kebutuhan Konsumen


Setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda, pelaku pasar perlu cara untuk mengelompokkan masyarakat berdasarkan kebutuhannya dan jawaban dari problem tersebut adalah melakukan segmentasi pasar. Dengan langkah ini, perbedaan yang ada bisa dirancang dalam list yang homogen.


Mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhan, karakteristik dan kemampuannya, akan membuat pengusaha menciptakan produk yang solutif melalui media promosi yang relevan dengan masing-masing pasar.



Identifikasi Kesenjangan Pasar


Salah satu faktor yang membuat konsumen membeli sebuah barang adalah ketika barang tersebut memiliki harga yang bisa dijangkau. Tentunya setiap orang punya tingkat kemampuan finansial berbeda. Bagi orang-orang kaya mereka tidak akan masalah untuk membeli sebuah mobil seharga ratusan juta, namun untuk orang ekonomi bawah mereka akan memilih membeli motor dengan harga yang lebih murah. Hal-hal seperti inilah yang perlu diketahui produsen. 


Identifikasi Kesenjangan Pasar adalah manfaat positif ketika riset mengenai segmentasi pasar dilakukan. Produsen bisa melakukan identifikasi lebih dalam mengenai kemampuan konsumen dalam membeli sebuah barang.


Meningkatkan ROI


ROI dalam bisnis adalah rasio yang membandingkan keuntungan dan kerugian dari sebuah Investasi berbanding dengan jumlah yang diinvestasikan. Untuk mengetahui rincian Hasil ROI, Perlu dihitung jumlah keuntungan, biaya yang dikeluarkan, dengan hasil berupa presentase.


Lalu apa hubungannya dengan segmentasi pasar ? Roi akan semakin meningkat apabila jumlah pengeluaran lebih kecil dari pendapatan. Hematnya pengeluaran bisa dilakukan karena produsen tahu produk seperti apa yang dibutuhkan elemen pasar, sehingga margin keuntungan yang didapatkan bisa diakumulasi secara maksimal.


Meningkatkan Retensi Pasar


Retensi pasar menunjukkan seberapa besar konsumen menaruh loyalitas pada sebuah usaha. Retensi pasar juga menunjukkan tentang seberapa besar pelanggan setia terhadap produk. 


Segmentasi pasar ternyata juga berhubungan dengan meningkatnya retensi pasar. Produsen yang tahu betul tentang keinginan, karakteristik dan kemampuan pelanggan, bisa membuat produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Dan efeknya pelanggan lama akan semakin setia dan pelanggan baru akan semakin bertambah.


Memperluas jangka pasar


Membuat produk berdasar Segmentasi pasar akan memperluas jangkauan penjualan. Apalagi bila produk dinilai memiliki kemampuan kompetitif diatas pesaing-pesaingnya. Produsen yang mampu mengkomunikasikan produknya dalam lingkup market secara universal, juga akan menjadi kunci kemenangan dalam merebut pasar.




Posting Komentar untuk " 5 Manfaat Segmentasi Pasar Dalam Bisnis"