Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Memiliki Dana Darurat

Daftar Isi [Tampil]

 5 Manfaat Memiliki Dana Darurat





Finansial yang sehat adalah dambaan bagi banyak orang. Memiliki uang yang cukup untuk memenuhi hajat hidup seperti makan, tempat tinggal, rekreasi dan pendidikan adalah  previllage yang menguntungkan. Sebenarnya sekedar mengumpulkan uang saja tidak cukup untuk berada dilevel finansial sehat, namun anda harus juga memiliki dana darurat sebagai langkah preventif kebutuhan yang bersifat tak terduga.


Anda tidak bisa memprediksi apa yang terjadi di masa depan, yang dilakukan adalah mempersiapkan segala skenario yang ada. 


Berikut ini adalah 5 Manfaat Memiliki dana darurat:


Terhindar dari resah saat keadaan sakit


Mengalami sakit sangatlah tidak mengenakkan. Badan terasa tidak enak bahkan bisa membuat anda berhenti bekerja. Jika berlangsung dalam tempo lama , tentu akan mempengaruhi pemasukan keuangan. Salah cara agar memiliki uang walaupun sakit adalah mengumpulkan dana darurat. Bila jauh-jauh hari, secara psikologis hati akan lebih tenang. Dana darurat juga mengcover pengobatan yang tidak ditanggung oleh asuransi.


Baca juga: Tips Atur Keuangan Untuk Fresh Graduate: Habis Lulus Bisa Finansial Freedom


Tidak Bingung Saat Di PHK


Dana darurat adalah penolong saat terjadi skenario terburuk seperti Di PHK oleh perusahaan. Anda akan lebih tenang menghadapi ini dan lebih mudah keluar dari situasi sulit. Sebaiknya dana darurat dibedakan dengan tabungan, agar kekuatan keuangan anda semakin berlapis.


Pemberhentian kerja adalah sesuatu kabar yang sering didengar saat masa sulit seperti sekarang. Dimana perusahaan tidak mampu lagi menghidupi karyawannya akibat lesunya ekonomi. Dengan dana darurat, anda akan lebih survive menghadapi ini.


Mengurangi Kebiasaan Hutang


Hutang adalah sesuatu yang sering membuat orang gelisah. Terlebih bila melakukannya kepada rentenir, bila tak segera dibayar bunga akan semakin banyak. Solusi untuk menghindari hutang adalah dengan mengumpulkan dana darurat.


Manfaatnya bisa dirasakan saat ada kebutuhan tak terduga, dana darurat bisa dipakai untuk membiayai hal tersebut dan anda pun juga terbebas dari hutang.


Lebih fokus dengan pekerjaan


Dana darurat bukan hanya memiliki manfaat positif dari segi keuangan dan psikologis, dari sisi produktivitas kerja pun memiliki manfaat. Anda akan lebih fokus menjalankan tugas. Psikologis yang tenang bisa terjadi karena anda jauh-jauh hari menyiapkan dana untuk keperluan mendadak. Fokus terhadap pekerjaan tentu berpengaruh dengan kualitas dan produktivitas kerja, sehingga memungkinkan anda mendapat gaji lebih tinggi hingga naik jabatan.


Hidup secara keseluruhan Menjadi tentang


Memang tak bisa dipungkiri, problem keuangan bisa membuat seseorang depresi, mengingat dunia ini tak lepas dari yang namanya uang. Jangan pernah menyepelekan Dana darurat karena bisa menjadi penolong saat skenario tak terduga.


Hidup akan lebih tenang bila sedia payung sebelum hujan, artinya jauh-jauh mengumpulkan dana darurat akan menghindarkan kita dari resiko ekonomi dan psikologis.

Posting Komentar untuk "5 Manfaat Memiliki Dana Darurat"