Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keuntungan Menggunakan Iklan Online Sebagai Media Promosi

Daftar Isi [Tampil]

 5 Keuntungan Menggunakan Iklan Online Sebagai Media Promosi





Beriklan sudah lazim dilakukan sebagai media promosi barang/jasa agar dikenal masyarakat. Ada 2 metode iklan yang banyak digunakan yaitu konvensional dan online. 


Metode iklan konvensional dilakukan dengan media radio, televisi, brosur, pamflet dan sejenisnya. Sedangkan iklan secara online menggunakan media sosial, website, influencer sebagai medianya.


Dibandingkan dengan cara konvensional, iklan secara online memiliki berbagai kelebihan berikut ini:


Bisa menargetkan iklan pada pasar tertentu


Manfaat menggunakan iklan online yang pertama adalah bisa mengatur iklan pada Segmentasi pasar yang ditargetkan. Kelebihan ini tidak dimiliki oleh iklan konvensional. Dampak positifnya, produk akan lebih mudah dijangkau konsumen yang menyukai produk/jasa yang diiklankan.


Baca juga: Teori Perilaku Konsumen dalam Pemasaran


Penargetan pasar pada iklan online bisa dilakukan dengan:


  • Membuat keyword yang sesuai produk

  • Bila beriklan di website, letakkan posisinya di ( Atas, tengah,bawah) untuk meningkatkan insight

  • Tentukan demografi pasar meliputi bahasa, domisili, umur, dan hobi konsumen

  • Atur jam iklan tayang

  • Desain visual iklan secara menarik


Mengatur biaya periklanan


Sistem iklan online memungkinkan penggunanya mengatur biaya iklan yang akan dibayar. Tidak ada batas minimum dan maksimum saat beriklan, semua disesuaikan dengan kemampuan pengguna.


Bahkan hanya modal 50.000 ribu saja ikan online berbayar bisa dilakukan. Iklan akan tersebar sesuai pengaturan yang diinginkan. 


Mudah melakukan pelacakan


Iklan online memiliki hal positif lain seperti fitur analisis performa iklan yang dapat diakses kapan saja oleh pengguna. Dengan menganalisa data tersebut bisa digunakan pengiklan untuk mensiasati perilaku konsumen, jam-jam aktif konsumen, hingga cara berbelanjanya.


Khawatir tentang boros biaya ? Dalam iklan online juga disediakan fitur pelacakan biaya. Umumnya biaya akan dibebankan saat konsumen melakukan klik iklan hingga melakukan pembelian.


Identifikasi merek dan produk


Yang dimaksud indentifikasi produk adalah bagaimana sebuah produk bisa dikenal oleh masyarakat. Dan salah cara efektif untuk melakukannya adalah dengan beriklan via online. Konsumen bisa melihat Logo, slogan, foto produk dan hal yang berkaitan dengan identitas. Terlebih iklan online memiliki rasio persebaran yang lebih luas.


Mengatur Kampanye Iklan


Iklan online memberikan keleluasaan kepada Pebisnis hal ini bisa dilihat dengan adanya fitur kampanye iklan. Pengguna bisa memilih bentuk iklan yang ingin ditampilkan seperti: pop up, slide, banner hingga video sisipan.


Dengan banyaknya pilihan format iklan, akan lebih besar meningkatkan peluang mendapatkan klik pembelian. Pengguna juga bisa melakukan analisa kepribadian konsumen dengan melihat frekuensi klik iklan.


Sarana Informasi Produk


Iklan online memiliki fitur yang bagus untuk melakukan pengenalan produk seperti diskon, penawaran khusus hingga flash deal. Konsumen yang melihat hal tersebut pasti tertarik mencari informasi produk secara lebih dalam. Pada akhirnya produk akan dibeli oleh mereka.





Posting Komentar untuk "5 Keuntungan Menggunakan Iklan Online Sebagai Media Promosi"