Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tanda Modus Penelitian Via Telepon Wajib Waspada

Daftar Isi [Tampil]

 4 Tanda Modus Penelitian Via Telepon Wajib Waspada





Telepon merupakan alat komunikasi yang bisa digunakan hal positif. Contohnya menghubungi orang-orang terdekat meski dalam jarak jauh. Meskipun seperti itu, nyatanya ada beberapa oknum yang memanfaatkan teknologi ini sebagai sarana tindak kriminal penipuan. Berbagai modus mereka lakukan seperti: menawarkan hadiah, mengaku dari kepolisian, bank dan sebagainya. Meskipun sudah banyak aksi yang dilakukan, tetap saja ada orang yang menjadi korban, karena kurangnya pengetahuan.


Untuk meminimalisir terjadinya hal ini terhadap anda. Berikut ini kami sajikan , 4 Tanda Modus penipuan via telepon :


Memakai No Tidak Dikenal


Modus pertama yang digunakan penipu adalah menghubungi korbannya dengan nomor tidak dikenal. Mereka juga tak segan meminta data pribadi misalnya Nama, Alamat Rumah, hingga Pin Rekening bank. 


Data-data seperti Pin Rekening Bank, password media sosial, Kode OTP adalah sesuatu yang privasi dan tidak boleh ada orang lain yang mengetahuinya dengan Alasan apapun. Jika ada no tak dikenal, menelepon dan meminta data tersebut abaikan dan blokir no tersebut.


Mengirim Link Tautan Berbahaya dengan Modus Hadiah


Ketika ada seseorang menelepon Anda lalu menawarkan sebuah hadiah misalnya: mobil/motor, kemudian memberikan sebuah link tautan, jangan langsung dipercayai. Bisa saja itu merupakan bentuk phising, ketika anda memasuki web tersebut data-data pribadi seperti Kode OTP, PIN dan sebagainya bisa di curi.


Zaman sekarang para penipu sudah semakin canggih, mereka bisa membuat sebuah web imitasi yang bisa mengecoh orang. Namun biasanya mereka menggunakan penyedia domain gratisan untuk melancarkan aksinya. Anda perlu hati-hati bila menemukan semacam ini.


Melakukan Intimidasi/Pemaksaan


Saat menelpon, mereka biasanya mempunyai cara berbicara yang hampir sama. Penipu akan melakukan Intimidasi, memerintahkan orang yang ia telpon untuk segera melakukan perintahnya. Hal ini dilakukan untuk memecah konsentrasi korban dan setelah berhasil, Mereka akan segera mungkin menghilangkan jejak.


Waspadai bila anda ditelepon seseorang yang menawarkan hadiah, lalu menyuruh Anda cepat-cepat menstransfer biaya pajak ke rekening bank. Selalu tenang dan jangan mudah terbujuk iming-iming. 


Jika memang ada pihak yang memberikan hadiah kepada anda, mereka tidak akan memungut biaya sepeserpun. Jadi waspadalah terhadap tindak penipuan.


Suara penelepon tidak jelas


Ada juga penipu yang takut dikenali suaranya saat menelpon korbannya. Alhasil mereka akan terbata-bata saat berbicara. Jika anda pernah mengalami hal demikian, tidak usah ditanggapi perintah mereka. Lebih baik langsung matikan, bila dirasa mengganggu langsung blokir saja.


Dengan tips-tips yang sudah dijabarkan di atas, semoga kita lebih waspada terhadap modus penipuan via telepon. 


Posting Komentar untuk "4 Tanda Modus Penelitian Via Telepon Wajib Waspada"