Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Atur Keuangan Untuk Fresh Graduate: Habis Lulus Bisa Finansial Freedom

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Atur Keuangan Untuk Fresh Graduate: Habis Lulus Bisa Finansial Freedom





Setelah menamatkan jalur sekolah/kuliah, umumnya seseorang akan melanjutkan fase hidupnya untuk bekerja. Tentu bagi sebagian orang, ini merupakan fase yang penting dan perlu disiapkan dari jauh-jauh hari. Ketika sudah menganjak usia dewasa, ada tanggung jawab yang perlu dipikul salah satunya untuk memiliki penghasilannya sendiri.


Fresh graduate sering dihadapkan dengan trend-trend sosial yang membuat mereka berperilaku konsumtif, boro-boro mencapai finansial freedom, yand ada mereka masih sibuk untuk meningkatkan atensi di media sosial.


Lalu bagaimana sih cara Atur keuangan, untuk Fresh graduate agar bisa finansial freedom ? Simak artikel berikut ini:.


Lakukan Budgeting


 Ini merupakan langkah awal yang wajib dilakukan untuk mengelola keuangan. Budgeting tidak serumit apa yang dipikirkan, kita tak perlu rumus matematika dan akutansi rumit. Cukup mencatat nominal penghasilan berkurang dan jumlah total pengeluaran dalam sebulan.


Identifikasikan pengeluaran dalam beberapa pos. Misalnya Pos pengeluaran kebutuhan sehari-hari, transportasi, sewa kos hingga dana darurat.


Pendapatan diluar gaji pokok, juga Perlu dicatat untuk mengetahui kemampuan ekonomi yang kita miliki.


Catat pengeluaran setiap bulan


Banyak orang merasa repot dengan aktivitas mencatat pendapatan dan Pengeluaran. Padahal efek dari kebiasaan ini membuat kita bisa hidup lebih hemat. Misalnya kita membuat rangkuman pengeluaran berdasarkan pos-pos prioritas. Jika suatu saat ada keinginan untuk berbelanja yang tidak perlu, otak kita akan ingat bahwa kebutuhan lain yang perlu diprioritaskan. 


Umumnya penghasilan, bisa dialokasikan untuk membayar hutang, kebutuhan hidup dan dana tak terduga. Bila masing-masing post sudah aman, baru kita boleh membelanjakan uang untuk senang-senang.


Pisahkan Kebutuhan dan keinginan


Setiap orang memiliki pendapat berbeda, kebutuhan yang berbeda dan keinginan yang berbeda. Orang yang bekerja sebagai desainer mungkin perlu membeli laptop, Wacom, dan gagdet bila dibanding orang yang bekerja sebagai peternak hewan.


Salah satu cara yang bisa digunakan fresh graduate untuk finansial freedom adalah memisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Ini akan membantu kita menentukan pengeluaran apa saja yang perlu diprioritaskan.


Alokasikan dana darurat


Fresh graduate yang sudah bekerja tentunya harus mampu mandiri tanpa perlu meminta uang pada orang tua, termasuk saat ada keperluan mendadak. Mengalokasikan dana darurat sangat perlu dilakukan. Misalnya saat kita sakit dan perlu perawatan dokter, atau saat kendaraan kita rusak karena kecelakaan, maka dana darurat bisa dialokasikan untuk hal tak terduga tersebut .


Dana darurat bisa dikumpulkan dengan skema menabung. Setidaknya sampai nominalnya seperti gaji kita selama 3 bulan. Lalu simpan pada tempat yang mudah dan aman seperti Bank dan Reksadana 

Posting Komentar untuk "Tips Atur Keuangan Untuk Fresh Graduate: Habis Lulus Bisa Finansial Freedom"