Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Jawaban Ketika Ditanya Tujuan Karir Saat Interview Kerja

Daftar Isi [Tampil]

 Rekomendasi Jawaban Ketika Ditanya Tujuan Karir Saat Interview Kerja


Momen interview kerja sering menjadi momok bagi pelamar kerja. Seseorang harus menghadapi serangkaian pertanyaan HRD yang sering menjebak. Salah-salah akan timbul perasaan grogi dan membuat jawaban yang diberikan menjadi tidak maksimal. Proses Interview Kerja memanglah tricky karena Menjadi bobot penilaian dalam seleksi penerimaan kerja.


Bagi anda yang sedang mempersiapkan proses interview kerja. Tak ada salahnya untuk menyiapkan diri dari sekarang. salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan HRD adalah " Apa Tujuan Anda Dalam Berkarir ? " . Seolah mudah namun bila tanpa persiapan, anda bisa saja grogi untuk menjawabnya.


Untuk itulah kami membagikan tips bagaimana menjawab pertanyaan " Apa Tujuan Karir Anda ? " Dalam artikel berikut ini:


Karena Ingin Belajar lebih baik


Ketika ditanya soal tujuan melamar pekerjaan, anda bisa menjawabnya untuk terus belajar :


Contoh kalimatnya:


" Jika saya diterima di perusahaan ini, akan saya manfaatkan semaksimal mungkin untuk belajar hal-hal baru. Terus mengasah skill dan bertumbuh lebih baik lagi dari hari ke hari. Tujuan terbesar saya adalah untuk berkontribusi dalam setiap proses yang ada dari perusahaan ini "


Anda juga bisa menambahkan keterangan soal kekurangan yang dimiliki misalnya anda pemalu, dan tujuan anda bekerja adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri.


Paparkan Tujuan Jangka Pendek


Anda juga bisa memaparkan tujuan jangka pendek, saat ditanya tujuan kerja.


Contoh kalimatnya:


" Semoga dalam waktu dekat, saya diamanahkan tugas dalam divisi pengembangan produk dalam perusahaan ini, karena saya ingin mengamalkan ilmu yang  diperoleh dari kompetensi keahlian semasa berkuliah".

 

Ini akan memberikan kesan kepada HRD, bahwa anda benar-benar serius dalam melamar pekerjaan. Anda akan berpeluang diprioritaskan untuk lolos test pekerjaan.


Paparkan Tujuan Jangka Panjang


Selain memaparkan rencana jangka pendek, anda bisa juga memaparkan rencana jangka panjang:


Contohnya :


" Harapan saya ketika saya bekerja 5 Tahun dalam perusahaan ini, saya bisa dipercaya untuk mendapatkan jabatan yang lebih tinggi lagi. Saya melihat diri saya bisa mendapatkan amanah sebagai manajer cabang"


Anda boleh mencantumkan posisi impian ketika memapar tujuan karir jangka panjang. Karena HRD senang dengan calon karyawan yang memiliki pandangan kedepan, punya tujuan jelas dalam karirnya.


Jelaskan Target Karir


Ketika anda melamar sebuah posisi diperusahaan, wajib rasanya untuk bersikap percaya diri. Jangan tunjukkan kelemahan saat menghadapi HRD. Termasuk dalam mengutarakan tujuan pekerjaan.


Optimisme bisa ditunjukan dengan cara menjawab seperti ini:


" Saya percaya setelah 3 tahun berada diperusahaan ini, saya bisa naik jabatan menjadi Direktur Keuangan"


Meskipun Simple, statement seperti ini sangat disukai oleh HRD karena menunjukkan kepribadian anda yang percaya diri dan memilih visi-misi jelas saat bekerja.


Demikian tips menjawab pertanyaan interview kerja, semoga bermanfaat.








Posting Komentar untuk "Rekomendasi Jawaban Ketika Ditanya Tujuan Karir Saat Interview Kerja"