Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales

Daftar Isi [Tampil]

Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales - Keberhasilan seorang sales/ marketing sangat ditentukan oleh perilaku atau attitude-nya. Tanpa attitude yang baik, mustahil seorang sales/marketing dapat menjalankan pekerjaannya dengan lancar.

Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales
Seorang sales/marketing tentunya punya target yang harus dicapai sebagai ketentuan yang berlaku di perusahaannya. Seringkali karena didasari hal ini maka seorang sales/marketing menjual demi pencapaian targetnya semata sehingga ia pun menjual secara 'paksa', dan kurang care terhadap needs kliennya.

Bahkan jika seorang sales/marketing orientasinya hanya bagaimana mendapatkan uang yang banyak melalui penjualannya maka seorang sales tidak akan pernah memberikan suatu penawaran yang terbaik bagi kliennya karena goal yang ingin dicapainya hanya closing dan money.

Hal ini tentunya merugikan banyak pihak. Yang pertama adalah pihak klien, karena mungkin dengan iming-iming janji maka klien yang kurang memahami produk/jasa yang ditawarkan bisa langsung tertarik dan membeli. Pihak lain yang dirugikan adalah perusahaan, dimana sales atau tenaga marketing memberikan keterangan yang kurang tepat atau terlampau muluk-muluk sehingga bisa membuat masalah bagi perusahaan di kemudian hari.

Seorang sales/marketing yang baik haruslah memiliki perilaku dan attitude yang baik, yaitu kepuasan memberikan yang terbaik bagi klien dan juga bagi dirinya sendiri dengan mendapatkan closing atau istilahnya win win solution. Tidak ada pihak yang tidak untung baik bagi pihak klien maupun pihak sales/marketingnya.

Jika terjadi penjualan seperti ini maka sales/marketing akan mendapat banyak keuntungan juga yaitu bisa terjadi repeat order dan referensi. Nama baik perusahaan & keuntungannya pun akan semakin besar melalui para sales/marketing yang baik.

Tahap awal sebelum menjual adalah penting bagi sales/marketing untuk mengenal siapa klien/customer nya. Misalnya dengan mempelajari lebih dulu company profile perusahaannya atau mencari informasi dari internet, customer services perusahaan tersebut, tentang siapa orang yang akan kita temui, dan sebagainya.

Dari situ paling tidak sales/marketing punya sedikit gambaran tentang klien/customernya sehingga bisa mulai memprediksi apa kira-kira yang dibutuhkan dan mulai bisa disiapkan apa yang akan kita tawarkan yang cocok baginya. Pertemuan antara needs dan produk/jasa yang sesuai itu akan menghasilkan penjualan.

Pada akhirnya, attitude yang baik dari seorang sales/marketing akan memberikan banyak hal-hal yang positif dan keuntungan bagi banyak pihak, baik bagi klien, sales itu sendiri maupun perusahaan. Dan sudah tentu hasilnya akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan seorang sales/marketing yang hanya 'jago' jualan namun tidak memiliki attitude yg baik.


Demikianlah bahasan kami mengenai pentingnya perilaku yang baik dari seorang sales dan marketing executive. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain bahasan (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Pentingnya Perilaku yang Baik dari Seorang Sales"