Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pasti Untung, Begini Cara Menjadi Dropship di Lazada!

Daftar Isi [Tampil]

Cara menjadi dropship di Lazada sangat mudah. Seiring dengan boomingnya toko online, sistem dropship kini marak. Dropship sendiri cara berjualan tanpa stok barang. Sehingga dropshipper (orang yang menjual dengan cara dropship), bisa tetap berjualan tanpa modal awal yang besar.



Oleh karena itu, cara menjadi dropship di Lazada ini sangat digemari para penjual pemula. Meski keuntungannya paling kecil dirantai penjualan (supplier, distributor, reseller, dan dropshipper), namun sesuai dengan nol resiko ketika barang tak laku.


Mengenal Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace awal di Indonesia, dan memiliki alamat website resmi di www.lazada.com. Berkantor pusat di Singapura, perusahaan e-commerce Asia Tenggara ini beroperasi di wilayah ASEAN, kecuali negara Myanmar, Kamboja, Laos, dan Brunei. Berikut beberapa fakta mengenai Lazada:

  • Sejarah

Pada 27 Maret 2012, Lazada Group didirikan oleh Pierre Poignant dan Rocket Internet, dibawah naungan Alibaba Group. Di 2014, Lazada Group mengoperasikan beberapa situs di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Lazada Indonesia sendiri berdiri pada tahun 2012 dan hingga kini masih beroperasi.

  • Bahasa

Situs Lazada sudah berbahasa ibu sesuai dengan negara dimana situs itu berada, seperti bahasa Indonesia, Vietnam, dan Thai. Ditambah versi bahasa Inggris sebagai bahasa pemersatu warga negara asing yang berada di negara tersebut namun tidak mengerti bahasa nasionalnya.

  • Investor

Ketika berdiri, Lazada disokong banyak investor seperti Tesco, Summit Partners, Temasek Holdings, Investment AB Kinnevik, JPMorgan Chase, dan Rocket Internet. Belum lagi dana dari Alibaba Group. Investasi tersebut berhasil diputarkan Lazada dan meraih keuntungan sekitar US$647 juta.


8 Cara Menjadi Dropship di Lazada, Meraih Untung yang Pasti

Sistem dropship sedang diminati banyak penjual online. Jika pengguna tertarik menjadi Lazada dropshipper, maka akan mendapatkan beberapa keuntungan. Salah satunya seperti yang sudah disebutkan d awal, yaitu tidak perlu menyetok barang.

Pengguna juga tidak perlu repot foto barang sendiri. Belum lagi tentang kualitas kamera dan pencahayaan ketika memotret barang. Sebagai dropshipper, supplier biasanya akan mengizinkan reseller dropshipnya menggunakan foto barang dari tokonya untuk memasarkan produk tersebut.

Salah satu keuntungan lainnya, adalah tidak repot packing dan kirim barang. Oleh karena  barang atau produk ada pada supplier, maka supplier lah yang akan packing dan langsung mengirimkan produk.

Selain itu, sistem dropship juga memungkinkan pengguna berjualan tanpa modal. Pengguna berhak meminta pembayaran dari pembeli dahulu, baru kemudian menyetorkan uang tersebut pada supplier, setelah mengambil selisihnya sebagai keuntungan pengguna.

Terakhir, pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah, bisa sebagai tambahan penghasilan, ataupun penghasilan utama. Pengguna  dapat berjualan dari rumah hanya dengan bantuan ponsel pintar atau laptop juga jaringan internet.

Bagaimana, tertarik untuk menjadi dropshipper di Lazada? Caranya mudah dan tidak memerlukan uang pendaftaran sebagai anggota. Begini cara menjadi dropship di Lazada:

  • Siapkan email dan nomor telepon yang aktif, juga nama akun dan password. Kemudian buat akun Lazada, ketikkan nama akun dan password tadi setelah menginstalnya di ponsel.
  • Login ke akun Lazada, lalu cari supplier produk yang ingin dijual. Pastikan supplier memiliki performa bagus dan produk yang telah banyak terjual.
  • Kontak supplier melalui fitur chat untuk informasi lebih jauh dari produk yang ingin dijual, dan katakan ingin daftar dropship.
  • Setelah menemukan produk dan supplier yang cocok, pengguna bisa mulai memasarkannya di media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, juga Twitter. 
  • Setelah berhasil mendapatkan pesanan, minta data pengiriman pembeli seperti alamat, nama penerima, dan nomor ponsel.
  • Selanjutnya buka aplikasi Lazada atau kunjungi www.lazada.co.id, lalu masukkan produk pesanan pembeli ke keranjang. Buka halaman Troli, lalu centang produk dan klik menu Buat Pesanan atau Checkout. Berikutnya, klik kolom alamat, lalu klik Tambah Alamat Baru dan input alamat pengiriman tadi, kemudian klik Simpan.
  • Setelah selesai, pilih alamat tadi sebagai alamat pengiriman. Setelah itu pilih Metode pembayaran dan klik Buat Pesanan.
  • Selesaikan pembayaran pesanan, lalu tunggu sampai supplier mengirimkan pesanan ke pembeli.

Cara menjadi dropship di Lazada tadi mudah diikuti bukan, bahkan bagi pemula. Pengguna yang tertarik dengan sistem dropship di Lazada dan ingin mulai jualan online di rumah, dapat mengikuti langkah-langkahnya.

Sayangnya, sistem di Lazada akan tetap menggunakan nama toko supplier, alih-alih nama toko atau nama pengguna pada kolom pengirim.

Namun pengguna bisa mengakalinya dengan meminta supplier menuliskan nama toko pengguna terlebih dahulu di Alamat pengirim. Meski kelak nama supplier akan tercantum dalam resi pengiriman, namun biasanya pembeli jarang mengecek resi. 

Pengguna akan mendapatkan keuntungan lebih ketika ada promo freeong, cashback, poin, atau promo lainnya dari Lazada. Pengguna bisa meneruskan promo tersebut kepada pembeli sebagai bonus (juga bagian dari trik marketing), atau menggunakannya sebagai bonus pribadi.

Nikmati berbagai keuntungan juga kemudahan dari cara menjadi dropship di Lazada seperti yang telah dijelaskan di atas.

Selamat berbisnis dan semoga sukses jaya selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Pasti Untung, Begini Cara Menjadi Dropship di Lazada!"