Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Wejangan Elon Musk Untuk Anda Yang Ingin Jadi Pengusaha

Daftar Isi [Tampil]

 Kumpulan Wejangan Elon Musk Untuk Anda Yang Ingin Jadi Pengusaha




Profil Elon Musk sebagai salah satu orang paling kaya di dunia memang tak bisa dibantahkan lagi. Sosok yang baru saja membeli saham Twitter dengan uang senilai 634 Triliun ini memang tak bisa lepas dari sorotan. Bahkan statement yang dikeluarkan olehnya beberapa kali mempengaruhi harga instrumen saham dan Crypto.


Menurut data dari majalah Forbes kekayaan Elon Musk mencapai 3.179 Trilliun Rupiah dan itu menempatkannya sebagai orang paling kaya sedunia, mengalahkan Jeff Bezos, Mark Zuckerberg dan Bill Gates.


Lalu seperti apa kiat yang dilakukan Elon musk hingga sesukses sekarang ? Simak ulasan berikut ini:


Meminta Feedback Orang Lain


Seorang pengusaha harus berani mencoba, berani berproses. Fase trial and eror sangat diperlukan untuk menciptakan formula bisnis yang tepat. Saat menjadi pembicara dalam acara Google For Entrepreneurs , Elon Musk mengatakan bahwa pebisnis harus membuka pikirinnya dalam menerima saran, kritik dan feedback.


" Ambil umpan balik sebanyak mungkin, terima ide baru dari orang sekitar. Tanyakan pada mereka tentang kelebihan serta kekurangan. Anda harus bisa mendeskripsikannya dengan cara yang bagus untuk mencari solusi sebuah masalah"


Terima Kritik Positif


Masih dalam acara Google For Entrepreneurs, Elon Musk juga mengingatkan pengusaha untuk bermental dewasa termasuk dalam menghadapi kritik. Memang ketika mendengar pendapat orang lain yang berseberangan, seseorang cenderung akan sulit menerimanya. Namun pengusaha tidak boleh bebal, sikap egois akan membuat kita seperti katak dalam tempurung.


Jika ingin berhasil dalam bisnis terimalah kritik, apalagi bila maksudnya untuk membuat kita berkembang. Kritik positif memang rasanya pahit diawal, namun ketika kita benar-benar menerimanya, kesusksesan tinggal menunggu waktu.


Harus Aktif Turun Tangan


Elon Musk membeberkan rahasianya hingga mencapai level orang terkaya di dunia. Ia membiasakan menjadi CEO yang aktif. Ia tidak suka hanya duduk didepan laptop dan menunggu laporan karyawan. Menurutnya seorang Pengusaha harus mau turun tangan untuk menyelesaikan tugas kantor.


" Anda harus mengerjakan apapun itu demi perusahaan, meskipun secara naluriah anda tidak ingin melakukan hal itu".


Selama menjadi CEO Tesla, Elon Musk seringkali mengerjakan pekerjaan seperti karyawannya. Bahkan ia tidak mempunyai ruangan khusus yang mewah. 


Diskusikan pendapat meski berbeda


Jika terdapat masalah seperti perubahan perilaku karyawan, jangan langsung menyimpulkan bahwa ia sudah melenceng dari nilai perusahaan. Sebagai CEO, Elon Musk membiasakan berdiskusi dengan bawahannya. Jangan mengambil jarak terlalu jauh dengan karyawan. 


Bila ada masalah, biasakan untuk berdiskusi menentukan jalan tengah, dan seorang CEO harus hadir dengan cara yang bijaksana. Bila memang tidak menemukan konklusi, CEO juga harus cepat memutuskan meskipun itu adalah skenario terburuk.


Perkuat Chemistry dengan Karyawan


Tips penerimaan karyawan ala Elon Musk adalah dilihat dari kebutuhan, kecocokan serta chemistry seseorang. Semakin sesuai kriteria maka itu semakin bagus. Setiap orang perlu menyelaraskan visi dan misinya ketika bergabung dengan perusahaan.



Posting Komentar untuk "Kumpulan Wejangan Elon Musk Untuk Anda Yang Ingin Jadi Pengusaha"