Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tahap-Tahap Pengembangan Produk Baru

Daftar Isi [Tampil]

 Kenali Tahap-Tahap Pengembangan Produk Baru





Mayoritas usaha itu pasti melakukan pengerjaan dalam hal menciptakan produk. Baik merencanakan inovasi, menyusun anggaran, pembelian material, hingga proses promosi produk. Produk yang sudah jadi, akan diambil alih bagian manajemen untuk dikembangkan lagi . Untuk memenangkan pasar, sebuah perusahaan memang harus melakukan pengembangan produk, dengan mempertimbangkan penilaian dari produk lama. Bila ada kekurangan bisa diperbaiki, kalau diperlukan juga bisa menambahkan nilai guna dalam membuat produk baru.


Untuk mengetahui lebih jauh mengenai tahap-tahap pengembangan produk, silahkan simak artikel berikut ini:


Membuat Ide Produk baru


Tahap pertama dalam perancangan produk baru adalah memikirkan ide. Ide bisa didapatkan dari kebutuhan yang ada di masyarakat, trend, survei pelanggan hingga melakukan Strategi Amati tiru dan modifikasi dari produk kompetitor. Ide dikumpulkan sampai menemukan konklusi. Tentunya ide-ide menarik bisa secepatnya di aplikasikan dalam pembuatan Produk-produk baru.


Baca juga: 7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan


Filterisasi Produk


Masih berkaitan dengan tahap pertama, ide-ide yang sudah terkumpul harus disaring lagi, proses ini dinamakan sebagai filterisasi. Hal ini dilakukan untuk berbagai tujuan. 


Seperti meminimalisir resiko kegagalan produk, meminimalisir kerugian anggaran, mendapatkan ide yang benar-benar sesuai kriteria dan faktor kelancaran pengerjaan. 


Proses penyaringan tidak boleh disepelekan, karena punya pengaruh besar dalam pengembangan produk baru.



Tahap pengujian Ide


Ide yang ditetapkan harus dilakukan pengujian lagi, sebelum benar-benar diaplikasikan. Ide harus dikembangkan lagi menjadi konsep yang lebih matang dan diterima konsumen.


Dalam tahap pengujian ada beberapa tahapan seperti:.


  • Pengembangan Konsep

 Konsep yang dibuat haruslah bisa menjawab kebutuhan pasar, dan akan lebih baik bila disusun dengan banyak opsi yang diharapkan bisa disesuaikan pada segmentasi pasar 


  • Pengujian Konsep

Jika sudah menjadi konsep produk, bisa dilakukan yang namanya trial and eror. Caranya dengan membuat demo produk untuk konsumen pada skala kecil. Baru setelah mendapat respon positif. Ide bisa dimatangkan lagi, menjadi produk baru yang siap dipasarkan.



Tahap Promosi Produk.


Tidak cukup dengan membuat produk baru, perusahaan juga perlu memikirkan untuk membuat rencana strategi promosi. Tantangannya adalah bagaimana sebuah inovasi bisa diterima oleh masyarakat luas. Perusahaan harus memastikan branding yang diterapkan berjalan efektif, sehingga proses pengenalan produk baru tidak berjalan lama.


Hal-hal meliputi target pasar, biaya anggaran produksi hingga promosi, dan target penjualan harus direncanakan juga dari awal, agar tahap promosi produk bisa berjalan maksimal.


Tahapan Analisis


Jika produk sudah jadi dan sudah dipromosikan, tahapan selanjutnya adalah analisis. Apakah respon pasar sudah seperti kriteria yang diinginkan, apakah hasil anggaran produksi/promosi sesuai dengan rencana awal, hingga langkah kedepannya. Adalah bagian yang masuk dalam tahap analisis.


Kesimpulan yang bisa diambil dari tahap analisis, adalah tercapainya kesimpulan apakah produk baru memiliki performa yang diharapkan atau tidak.


Posting Komentar untuk "Kenali Tahap-Tahap Pengembangan Produk Baru"