Contoh Promosi Makanan di Facebook yang Baik dan Benar
Facebook menjadi
salah satu sosial media yang cocok dijadikan sebagai tempat promosi. Dalam satu
grup promosi saja bisa mencapai ratusan ribu anggota. Selain itu, usaha yang
paling hits di era sekarang adalah berjualan makanan. Jadi, sebaiknya ketahui contoh
promosi makanan di Facebook yang baik dan benar.
Dengan
begitu, pengusaha bisa bersaing dengan kompetitor lain untuk mendapatkan omset.
Apalagi sebuah banner atau caption promosi bisa menjadi pendukung
untuk membuat orang tertarik.
Contoh Promosi
Makanan di Facebook
Cara promosi makanan di Facebook cukup mudah
dan banyak medianya. Misalnya melalui story, grup-grup promosi, feed,
atau menggunakan fitur iklan yang tersedia. Pengusaha bisa memanfaatkan
beberapa atau semua dari media tersebut untuk melakukan promosi.
Sedangkan,
untuk contoh promosi makanan di Facebook yang baik dan benar biasanya
memakai banner dan caption. Keduanya hanya sama-sama pengusaha
pakai dan buat semenarik mungkin.
Hal itu
karena jika hanya caption saja, kemungkinan daya tariknya kurang. Dengan
begitu, banyak pengguna yang mengabaikan promosi tersebut. Jika demikian, usaha
merangkai kata dan posting di berbagai media Facebook akan
sia-sia.
Maka
dari itu, jangan asal promosi tanpa mengetahui contoh promosi makanan di FB yang
benar. Banner juga harus pengusaha sesuaikan dengan produknya dan gunakan
gambar yang berkualitas tinggi. Jika menggunakan foto dari produknya langsung,
juga harus memakai kamera yang bagus.
Kemudian,
bagi yang bingung bagaimana contoh penggunaan caption yang menarik, maka
akan dijelaskan di bawah ini. Pengusaha tinggal mengikuti trik-triknya sesuai
yang artikel ini sarankan.
1. Membuat Awalan Kalimat yang Menarik
Kalimat
pertama dalam sebuah promosi akan menentukan apakah orang lain akan terus
membacanya atau tidak. Meskipun begitu, harus tetap masuk akan dan jangan
terlalu berlebihan.
Sebab,
bisa membuat orang lain tidak percaya alih-alih tertarik dengan promosi
tersebut. Selain itu, kalimat unik yang berbeda dari kompetitor bisa menjadi
daya tarik tersendiri. Pengusaha hanya perlu untuk tidak takut mengeksplorasi
ide-ide yang muncul.
Jangan
terlalu memikirkan promosi yang dibuat tidak sama dengan orang lain pada
umumnya. Jika membuat hampir sama, tentu calon konsumen akan mengganggap biasa
dan tidak penasaran. Berikut ini contoh promosi makanan di Facebook yang
awalannya membuat penasaran.
·
Peringatan! Keripik ini bisa membuat Anda
susah untuk berhenti mengunyah.
·
Jangan heran jika dapat menikmati
coklat, matcha, dan keju dalam satu gigitan.
·
Siap-siap, merasakan sensasi menikmati durian
asli yang lumer dalam roti bakar ini.
2.
Relevan dengan
Kualitas Produk
Kalimat
promosi yang menarik dan menggunakan sedikit diksi itu tidak masalah. Asalkan
harus sesuai dengan kualitas produk yang pengusaha berikan. Jangan sampai
pelanggan kecewa dan mengklaim produk tersebut buruk.
Maka
dari itu, mengapa setiap pengusaha disarankan untuk selalu memperbaiki kualitas
produknya. Hal itu bertujuan agar pelanggan betah, dan bahkan bisa sampai
merekomendasikannya kepada orang lain.
Misalnya,
kalimat ketiga pada pembahasan pertama berupa ‘sensasi menikmati durian asli
yang lumer dalam roti bakar'. Jadi, bahannya harus sesuai promosi, menggunakan
durian asli. Jika ada tambahan bahan lain untuk memperbanyak pun jangan terlalu
mendominasi.
Jadi,
rasa duriannya akan tetap strong. Selain itu, jika ingin membuatnya
lumer ketika orang menggigitnya, tentu penggunaannya harus cukup banyak.
Duriannya pun harus benar-benar halus.
Jika
kualitasnya demikian, tentu saja konsumen tidak akan pindah ke lain hati alias
menjadi pelanggan tetap. Hal itu karena produknya sesuai dengan promosi yang
pengusaha janjikan.
3.
Memberikan
Diskon
Contoh
promosi makanan di Facebook yang baik selanjutnya adalah menyertakan diskon.
Setiap orang pasti akan sangat tergiur dengan adanya diskon, apalagi jika
sampai 50%.
Jumlah
diskon ini bisa pengusaha cantumkan dalam banner dengan font yang cukup besar. Jadi,
atensi pembaca akan langsung mengarah ke kalimat tersebut dan penasaran untuk
mengetahui lebih lanjut.
Pengusaha
tentu tidak akan memberi diskon setiap hari dalam jumlah yang besar. Maka dari
itu langkah terbaik adalah bisa menargetkan tanggal-tanggal tertentu. Misalnya,
akhir bulan, weekend, dan lain sebagainya. Contoh iklan makanan di
Facebook yang menggunakan diskon biasanya seperti ini.
·
Dapatkan potongan harga hingga 20 ribu rupiah
untuk 50 pembeli pertama.
·
Diskon spesial lebaran hingga 30% tanpa
minimal pembelian.
·
Dapatkan gratis ongkir untuk wilayah
Jawa.
·
Pesan sekarang, nikmati cashback
hingga 50%
·
Beli 2 box gratis 5 pcs, hanya untuk
pemesanan hari ini.
4.
Tunjukkan
Keunggulan Produk dan Jaminan Mutu
Jangan
lupa untuk menyematkan keunggulan dari produk tersebut. Dengan begitu, calon
konsumen akan tahu manfaat apa yang bisa didapatkan jika membelinya. Sama
seperti sebelumnya, keunggulan yang pengusaha cantumkan harus sesuai dengan
kualitasnya. Contohnya seperti kalimat berikut.
·
Susu sapi segar yang kaya dengan nutrisi,
tanpa pemanis buatan.
·
Sambal ijo super pedas, murni tanpa
pengawet.
·
Madu original 100% tanpa campuran gula.
Selain menunjukkan keunggulan produk, pengusaha juga harus menjamin
mutunya. Contoh promosi makanan di Facebook dalam hal ini seperti ‘uang kembali
jika produk tidak original'. Pengusaha yang berani menyematkan kalimat
tersebut, biasanya produk tersebut benar-benar berkualitas.
Demikianlah bahasan singkat kami tentang salah satu
teknik promosi yang murah, meriah, anti boncos, namun amat ampuh. Selamat
mencoba…. (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Contoh Promosi Makanan di Facebook yang Baik dan Benar"