Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan: Warung Bakso

Daftar Isi [Tampil]

Contoh analisis SWOT usaha makanan banyak di internet. Ingin memulai bisnis makanan?  Untuk meminimalkan resiko, analisis SWOT dapat membantu. 

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan: Warung Bakso

Sebuah usaha tidak terlepas dari masalah dan kendala. Salah dalam menganalisis dan mengantisipasinya dapat menimbulkan kerugian. Sedang tujuan pembukaan sebuah bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Agar resiko menjadi minimal, sebelumnya lakukan analisis SWOT dengan benar. 

 

Maksud Dan Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan 

Dalam ilmu bisnis analisis SWOT merupakan tindakan penting untuk menentukan apakah sebuah usaha layak dibuka. Jika berdasarkan analisis tersebut ternyata hasil tidak signifikan bahkan berpotensi menderita kerugian, sebaiknya batalkan.

Sulitkah memahami contoh analisis SWOT usaha makanan? Hal tersebut sangat mudah, karena sebenarnya hampir semua pebisnis melakukannya. Hanya saja tidak semua rinci dan melihat seluruh aspek. 

 

Maksud Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah analisis dengan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan kesempatan dan ancaman. Dalam segala hal ancaman dan kelemahan pasti ada. Seberapa besar pengaruhnya dan apakah bisa diminimalisir sehingga bisnis tetap bisa jalan dan menguntungkan.

 

Apa Saja Unsur Dalam Analisis SWOT

Dalam melakukan analisis SWOT terdapat empat komponen yang satu dengan lain saling berkaitan. Proses pengkajian harus mempertimbangkan keempatnya, mana yang lebih kuat. Sedangkan salah satu komponen mungkin lebih dominan. Jika menguntungkan, otomatis usaha dapat berjalan. Berikut poin analisis tersebut:

1.Strength Atau Kekuatan

Sebelum menentukan atau menjalankan sebuah bisnis, kumpulkan informasi sebanyaknya mengenai kekuatan dari pilihan tersebut. Dapat berupa segmen pasar yang masih tinggi, belum ada pesaing, banyak peminatnya, dan lainnya. Contoh analisis peluang usaha makanan dengan metode SWOT harus memperhatikan hal ini.

2. Weakness Atau Kelemahan

Bagian ini bisa berisi keterbatasan dana, sumber daya manusia, tidak adanya tempat dan lainnya. Poin ini kebalikan dari kekuatan dan menjadi penghambat besar dalam menjalankan bisnis. 

Weakness akan menjadi penghambat bagi seorang pebisnis untuk berkreasi dan mengembangkan usahanya. Sebagai contoh karena bahan baku yang terbatas, tidak dapat melakukan diversifikasi produk, menghambat rencana pembukaan cabang dan lainnya.

3. Opportunity Atau Kesempatan

Opportunity merupakan poin yang menjadi jawaban atas pertanyaan kenapa bisnis tersebut layak dijalankan. Kesempatan adalah peluang. Jika dapat menangkap dan memanfaatkan dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan. Bahkan apabila dapat mengelola secara baik bisa saja menjadi peluang untuk usaha yang baru.

4. Threats Atau Ancaman

Dunia bisnis mempunyai persaingan yang sangat ketat. Salah dalam menentukan langkah dapat merugikan usaha yang baru maupun sudah lama berjalan. Ancaman dapat berasal dari eksternal seperti adanya produk baru yang lebih murah, pesaing dan regulasi. Semua hal tersebut dapat mempengaruhi keberlangsungan bisnis.

 

Kenapa Analisis SWOT Sangat Penting Dalam Semua Usaha?

Melakukan analisis SWOT sangat penting sebelum membuka suatu usaha. Hal ini berkaitan dengan keterbatasan dana, tenaga, sumber daya manusia dan kesempatan. Sebelum memutuskan berbisnis kaji dan atur strategi.

Bisa saja plan A gagal, maka perlu menyiapkan plan B, C dan selanjutnya. Analisis SWOT penting agar bisnis dapat berjalan secara maksimal. strategi bisnis perlu menjadi acuan agar tetap sustainable. Sebagai contoh:

·        Fokus pada kekuatan. Dengan fokus pada kekuatan maka potensi keuntungan dapat maksimal. namun jika tidak mengetahuinya maka bisnis tidak akan terarah.

·        Paham dan mengetahui strategi untuk mengantisipasi kelemahan. Poin ini tidak dapat dihindari, namun dengan langkah tepat risikonya dapat minimal sehingga tidak mengganggu potensi keuntungan.

·        Memahami ancaman dan memaksimalkan kekuatan untuk mengantisipasinya.

 

Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan Warung Bakso

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya. Repeat order yang tinggi menjanjikan keuntungan menggiurkan. Contoh analisis SWOT usaha makanan bakso berikut sebagai gambaran.

Untuk usaha warung bakso misalnya. Sebelum memulai bisnis, coba kumpulkan informasi seberapa besar potensinya saat ini. Susun dan jadikan bahan membuat strategi dagang.

1. Strength Atau Kekuatan

Dalam menjalankan bisnis warung bakso bisa saja pebisnis mempunyai kekuatan yang dapat menjadi modal untuk mengembangkan usahanya. Fokus pada kekuatan tersebut dapat menjadikan semangat untuk usaha yang tinggi, sebagai contoh:

·        Banyak yang suka makan bakso

·        Mempunyai resep yang sangat enak

·        Tempat sudah tersedia

·        Mempunyai pengalaman berjualan bakso

2. Weakness Atau Kelemahan

Sebagian kelemahan harus diterima dan yang lain perlu antisipasi. Jika dapat mengelolanya dengan baik, kelemahan tersebut pasti dapat teratasi secara mudah. Contoh analisis SWOT usaha makanan warung bakso poin kelemahan adalah:

·        Bahan baku semakin mahal

·        Tidak tahan lama

3. Opportunity Atau Kesempatan

Hal ini terkait dengan kesempatan untuk pengembangan usaha. Contoh analisis SWOT usaha makanan warung bakso, bisa mempunyai opportunity sebagai berikut:

·        Jumlah peminat tinggi

·        Bisa melayani untuk pesta atau hajatan

·        Penghasilan dari item atau jualan lain seperti minuman dan makanan ringan cukup tinggi

4. Threats Atau Ancaman

Persaingan bisnis bakso cukup tinggi. Setiap saat warung baru muncul. Namun demikian peluang tetap ada. Contoh analisis SWOT dalam usaha makanan warung bakso bisa memasukkan ancaman berupa:

·        Pesaing banyak

·        Pembeli bisa saja bosan

Dengan melihat hal tersebut maka pebisnis harus bersikap kreatif. Misal dengan mengolah stok bakso berlebih menjadi keripik atau tahu bakso sehingga tepat mempunyai nilai ekonomis. Contoh analisis SWOT usaha makanan di atas dapat dilakukan sebelum membuka usaha.

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan: Warung Bakso"