Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan

Daftar Isi [Tampil]

Cara mempromosikan produk secara lisan yang efektif seperti apa? Tentu banyak yang penasaran. Meski jaman digital tetapi strategi ini masih cukup ampuh. 

7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan


Sebagus apapun suatu produk, tanpa promosi maka tidak akan ada yang mengenal dan membelinya.  Promosi merupakan pintu penjualan. Selain dengan cara digital, secara lisan ternyata hasilnya cukup signifikan, apalagi untuk konsumen yang berada di sekitar.

Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan Dengan Mudah

Mengenalkan produk secara langsung kepada pelanggan memerlukan ilmu dan strategi jitu. Jika berhasil tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan konsumen yang loyal. Menjual produk ke konsumen jenis ini tentunya jauh lebih mudah. Bahkan tidak perlu melalui promosi lagi. 

Pengertian Promosi

Promosi merupakan bagian dari strategi bisnis untuk mengenalkan produk pada calon konsumen. Dalam proses promosi seorang karyawan harus dapat meyakinkan bahwa produknya lebih bagus dari kompetitor.

Manfaat Melakukan Kegiatan Promosi

Sebagaimana diketahui bahwa promosi adalah cara untuk mengenalkan produk kepada konsumen. Namun ternyata manfaatnya banyak sekali. Proses ini bukan hanya penting bagi perusahaan pada saat sekarang, tetapi juga jangka panjang. berikut manfaat promosi:

1. Menjaga Hubungan Baik Dengan Pelanggan Lama

Pelanggan lama merupakan bagian dari sistem dalam penjualan. Setelah menggunakan suatu produk, bisa saja tertarik dengan item lainnya. Pembeli yang loyal setelah puas dengan satu produk, untuk berikutnya tidak perlu diyakinkan kembali dengan yang lain.

Namun promosi tetap harus berlangsung untuk menjaga hubungan maik. Kadang, cukup hanya dengan mengabarkan bahwa item baru akan segera meluncur. Seorang pelanggan sudah merasa penting.

2. Menjaga Brand Awareness

Brand awareness merupakan poin yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Oleh karena itu perlu upaya untuk terus menjaganya. Jika sebuah perusahaan tidak pernah terlibat langsung dalam pameran atau event tertentu, bisa jadi banyak pihak yang meragukan keberadaannya.

3. Menarik Perhatian Pelanggan

Meskipun dalam proses promosi tidak selalu terjadi closing namun kegiatan tersebut dapat menjadi cara untuk menarik pelanggan. Dengan mengenalkan sebuah produk yang mungkin saat ini belum dibutuhkan oleh pelanggan tersebut, hal tersebut merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa perusahaan masih eksis.

Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan

Cara berpromosi produk dengan secara lisan memerlukan strategi yang tepat. Seorang marketing harus mempunyai bekal produk knowledge yang tinggi sehingga dapat menjelaskan kepada konsumen.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk sebagai cara mempromosikan produk secara lisan? Sebenarnya hal ini sangat mudah. Bekal utamanya adalah skill berkomunikasi yang baik. Berikut poinnya 

1. Jadikan Diri Sendiri Sebagai Etalase Berjalan

Pelanggan tidak akan percaya sebuah produk sabun A lebih bagus dari yang lain jika marketingnya menggunakan merek B. Agar calon pembeli yakin gunakan dan sampaikan hasilnya. 

Begitu juga dengan barang lainnya. Bagaimana mungkin meyakinkan pelanggan, bahwa sepatu merek X itu awet dan bahannya nyaman, jika menggunakan yang lainnya. Contoh cara mempromosikan produk secara lisan dengan menunjukkan apa yang digunakan jauh lebih mudah. 

2. Mulai Dengan Kerabat, Teman Dan Keluarga Dekat Terlebih Dulu

Sebagian orang meyakini bahwa mengenalkan produk pada keluarga atau teman dekat lebih mudah. Cara mempromosikan produk secara lisan ini terutama cocok untuk jenis barang yang penjual produksi sendiri. Dengan melihat dan mencoba, keluarga dapat langsung memberikan testimoninya.

3. Sapa Pengunjung Dengan Sopan

Dalam sebuah event, pameran atau toko, sapa semua pengunjung dengan sopan. Ucapkan salam dan tanyakan perlu bantuan apa. Dengan demikian pelanggan akan meluangkan waktu, setidaknya beberapa detik untuk berbicara dan melihat item yang ada. Gunakan kata-kata mempromosikan produk secara lisan dengan sopan.

Hal ini bisa saja menariknya untuk kemudian mendekati barang dagangan, kemudian membelinya. Apakah hal ini cukup efektif? Kesan pertama ketika datang ke sebuah toko akan selalu teringat. Jadi berikanlah yang terbaik.

4. Jangan Ganggu Pengunjung Yang Sedang Melihat Produk

Pengunjung dapat saja berlama-lama mengamati sebuah produk. Jangan mendatangi berulang kali. Cukup sekali saja dan sampaikan jika perlu bantuan, petugas siap.

Terlalu sering bertanya atau mengamatinya dari jauh akan membuat tidak nyaman. Bahkan bisa saja menghilangkan mood-nya untuk berbelanja. Oleh karena itu, hal seperti ini harus mendapat perhatian agar tetap nyaman.

5. Selalu Tersenyum Meski Pelanggan Tidak Jadi Berbelanja

Cara mempromosikan produk secara lisan selanjutnya adalah tetap tersenyum meski pelanggan tidak jadi berbelanja. Bisa saja kedatangannya untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dan akan kembali di lain hari.

6. Tawarkan Produk Dengan Sopan Dan Bahasa Tubuh Yang baik

Ketika menawarkan produk pada pelanggan, lakukan dengan cara yang sopan dan gestur atau bahasa tubuh dengan baik. Marketing adalah ikon yang teringat dalam pikiran pelanggan. Jika memberi kesan buruk, maka pelanggan akan terus mengingat dan tidak akan kembali.

7. Ucapkan Terima Kasih

Meski terlihat sederhana, namun ucapan terima kasih sangat penting. Ini menandakan bahwa kedatangan pelanggan berarti dan mendapat penghargaan. Hal seperti ini bisa mengundangnya untuk datang kembali.

 

Cara mempromosikan produk secara lisan ternyata sangat mudah. semua dapat berlangsung tanpa strategi khusus. Jika mempunyai tim marketing, sebaiknya ingatkan secara berkala bahwa melakukan promosi dengan lisan sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. (bisnisan.id)


Posting Komentar untuk "7 Cara Mempromosikan Produk Secara Lisan"