Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keunggulan Positif Fresh graduate Didalam Dunia Kerja

Daftar Isi [Tampil]

 5 Keunggulan Positif Fresh graduate Didalam Dunia Kerja





Ada stigma yang mengatakan bahwa fresh graduate akan sulit mendapatkan pekerjaan karena kurangnya pengalaman. Para Fresh graduate juga banyak yang takut saat dicerca pertanyaan oleh HRD. Dilansir dari web entrepreneur, 7 dari 10 fresh graduate mengaku kurang percaya diri saat melamar pekerjaan di perusahaan besar.


Mereka punya anggapan, bahwa HRD tidak memungkinkan menyetujui lamaran kerja Orang yang baru menyelesaikan pendidikan. Sebenarnya anggapan ini perlu dihilangkan. Karena peluang kerja untuk HRD terbuka lebar setiap tahunnya.


Apa sih keunggulan fresh graduate dalam dunia kerja ? Simak ulasan berikut ini:


Semangat yang besar


Karena sadar memiliki pengalaman yang banyak, Fresh graduate akan terdorong untuk belajar lebih dalam lagi. Bagi mereka, dunia kerja bisa dijadikan tempat untuk mengaplikasikan teori yang sebelumnya didapatkan selama bersekolah.


Baca juga: Finansial 101: Tips Alokasi Prioritas THR Agar Tidak Boncos


Hal-hal baru yang bisa dirasakan fresh graduate saat bekerja adalah bisa bertemu dan berbagi pikiran dengan berbagai macam orang, beradaptasi dengan lingkungan kerja, disiplin menyelesaikan job dan lain sebagainya. Semangat fresh graduate juga ditunjang usia mereka yang masih muda.


Mau mendengarkan masukan


Perilaku positif lainnya yang dimiliki fresh graduate adalah mau mendengarkan masukan. Hal ini masih berkaitan dengan sifat mereka yang mau belajar, Sehingga ketika mendapatkan saran/nasehat senior, mereka dengan senang hati menerimanya. Perusahaan tentunya akan menyukai karakter Karyawan yang seperti ini.


Saran dan kritik adalah sesuatu yang wajar dan akan membentuk karakter untuk Fresh graduate. Bukan tak mungkin karena bekerja memuaskan, para fresh graduate akan mendapat kenaikan gaji bahkan pangkat.


Ambisius


Fresh graduate akan lebih menghargai pekerjaannya karena bisa dijadikan momentum untuk meraih goal-goal yang sebelumnya mereka rencanakan bahkan ketika masih kecil. Contoh goalnya seperti ketika mendapatkan gaji pertama, mereka ingin memberikan hadiah pada orang tua dan goal lainnya.


Fresh graduate memiliki ambisi yang besar, ditambah dengan energi fisik dan mental masih muda. Tentunya effort yang dimiliki oleh mereka sangat diperlukan oleh perusahaan, untuk menghadapi kompetisi pasar yang semakin ketat.


Berani berinovasi


Satu hal yang menjadi alasan kenapa keberadaan fresh graduate tetap diperlukan dalam dunia kerja adalah potensi mereka dalam menciptakan hal-hal baru. Fresh graduate yang didominasi anak muda memiliki karakter lebih berani melakukan inovasi.


Meskipun secara pengalaman, fresh graduate bisa dikatakan mentah, namun dari sisi ide kreatif mereka bisa bersaing dengan orang-orang yang lebih senior. Secara masa kerja, fresh graduate masih memiliki waktu yang lama sebelum masuk masa pensiun.



Senang mengikuti trend


Dibandingkan dengan generasi-generasi yang lebih lama, seorang fresh graduate lebih peka tentang hal-hal lagi trending sekarang ini. Apalagi mereka banyak lahir di era keterbukaan informasi. Hal ini tentu menguntungkan untuk perusahaan-perusahaan yang memiliki misi beradaptasi dengan pasar.


Perkembangan zaman terus terjadi dan berpengaruh juga perilaku manusia termasuk dalam menjalankan aktivitas ekonomi. Hadirnya fresh graduate dalam perusahaan, akan membuat warna baru dan menciptakan kesan up to date.



Posting Komentar untuk "5 Keunggulan Positif Fresh graduate Didalam Dunia Kerja"