Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Jalani Karir Sebagai Content Writter Freelancer

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Sukses Jalani Karir Sebagai Content Writter Freelancer





Ketika mengetik keyword tentang pekerjaan " Freelance" salah satu pekerjaan yang muncul adalah menjadi Writter Freelancer. Banyak orang melirik bidang ini karena beberapa faktor seperti menyalurkan bakat menulis, bebas mengatur jam kerja dan mendapatkan pundi-pundi uang.


Menjadi Content Writter memang menjadi alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan di era pandemi ini. Cukup bermodalkan smartphone, aplikasi word dan skill menulis, seseorang sudah bisa membuka jasa ini.


Meskipun begitu kita harus mempersiapkan diri dan siap bersaing dengan kompetitor. 


Lalu seperti apa caranya, mempersiapkan karir sebagai content writer sukses ? Simaklah uraian berikut ini:


Pelajari Cara Menulis yang baik dan yang benar


Ini merupakan skill wajib yang harus dikuasai content writer. Seperti bisa menulis artikel SEO friendly, menggunakan keyword-keyword yang gampang dicari mesin pencari.seorang penulis juga harus bisa menulis sesuai dengan kaidah-kaidah EYD agar enak dibaca, pesan yang disampaikan pun juga bisa utuh dipahami.


Baca juga: Cara main Crypto untuk Pemula yang Aman dan Legal


Rajin-rajin membaca buku, jurnal, dan website-website kredibel juga diperlukan agar penulis bisa membuat tulisan yang sesuai fakta. Semakin banyak berlatih skill menulis pun akan semakin meningkat.


Membuat portofolio


Bila sudah mengetahui skill menulis langkah selanjutnya adalah membuat portofolio. Rajin bagikan tulisanmu ke berbagai media seperti sosmed, koran-koran lokal, hingga Website yang menyediakan tempat untuk menerima karya tulisan. Portofolio diperlukan agar client tahu tulisan kita, mereka bisa menilai kualitas tulisan yang kita buat. Tidak masalah pada awal karir, upah yang didapatkan mungkin sedikit tapi seiring waktu upah yang diterima pasti akan naik.


Menjadi Content Writter memiliki peluang yang bagus karena selalu diperlukan, apalagi untuk media-media yang merambah dunia digital. Buatlah portofolio tulisan versi terbaik dari yang dibuat, agar lebih cepat menerima tawaran.


Cari Website Freelancer


Ada lho Website yang memudahkan kita mendapat projek menulis. Kita bisa mencarinya pada web freelance. Contohnya: projects.co.id, sribulancer, hingga freelancer.com .

 

Disitus tersebut banyak client yang membutuhkan jasa menulis artikel blog, copy writing, novel hingga projek menerjemahkan konten. Segera lakukan lamaran, dan jika client tertarik mereka akan menghubungi kita. 


Untuk upah yang ditawarkan sangatlah bervariasi tergantung jenis tulisan dan tingkat kesulitan pengerjaan.


Evaluasi tulisan


Jika ingin menjadi Content Writter Freelancer kita harus mau meng-evaluasi diri. Mintalah kritik dan saran orang yang lebih berpengalaman, agar cara menulis kita bisa lebih berkembang kedepannya. Dengan kualitas, kita bisa bersaing dengan kompetitor lain yang menawarkan jasa yang sama. 





Posting Komentar untuk "Tips Sukses Jalani Karir Sebagai Content Writter Freelancer"