Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Fud dan Fomo dalam dunia investasi ?

Daftar Isi [Tampil]

 Apa Itu Fud dan Fomo dalam dunia investasi ?




Sebelum terjun secara real dalam dunia investasi, anda harus benar paham dengan cara kerja dan seluk-beluk yang ada,  jangan gampang termakan berita hoak dan jaga kontrol emosi. 


Salah satu tantangan pemula saat berinvestasi adalah terkena Fud dan Fomo, kedua istilah ini memiliki arti negatif dan sebaiknya diketahui oleh Investor pemula.


Untuk lebih dalam ketahui tentang Fomo dan Fud dalam dunia investasi silahkan simak artikel berikut ini:


Mengenai Istilah " Fud "


Fud adalah memiliki kepanjangan fear, Uncertainty, doubt , yang memiliki makna sebuah tindakan yang dilakukan suatu oknum dengan mendeskreditkan sebuah aset agar harganya jatuh. Fud dilakukan dengan berbagai alasan, ada yang melakukannya karena memang dasar tidak suka atau ada juga yang melakukan Fud karena ingin membeli aset dengan harga murah.


Fud akan berdampak bila disampaikan oleh orang yang memiliki nama, pendapat mereka cenderung akan diikuti orang banyak, termasuk bila mereka berpendapat buruk pada sebuah aset.


Berikut ini 2 cara para fudder mendapatkan untung, bila suatu aset harganya anjlok:


  • Fudder sudah dalam posisi short, mereka melakukan tindakan meminjam dan menjual aset. Jika Fud mereka berhasil dan harga aset turun. Keuntungan adalah: fudder bisa membeli aset lagi dengan modal lebih kecil dengan itu mereka bisa membayar pinjaman

  • Fudder, sudah tahu aset sasarannya ini punya potensi bagus, kendalanya mereka tidak bisa masuk pasar karena harga terlampau tinggi. Akhirnya mereka membuat Fud/berita buruk, dengan tujuan menurunkan harga aset dan akhirnya mereka bisa membeli dengan harga murah.


Tips Menghindari Fud


Tips ini bisa dilakukan agar anda terhindar dari fud. Sering-sering membaca berita tentang Investasi baik saham, Reksadana hingga crypto dan jangan terpaku pada satu sumber saja. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang meningkat, anda akan bisa menilai apakah suatu berita/pendapat adalah Fud atau bukan.


Baca juga: Apa Itu Debit dan Kredit ?


Apa itu Fomo ?


Fomo adalah singkatan ( Fear Of Missing Out) , Istilah ini akrab kita dengan dalam pembahasan dunia Cryptocurrency. Fomo membuat orang tanpa berpikir panjang membeli sebuah aset tanpa analisa yang cukup. Umumnya Fomo kerap dilakukan oleh Investor awam setelah mendengar pendapat dari orang lain. Mereka takut jika tidak segera membeli aset, mereka tidak akan merasakan harga murah. 


Dalam bahasa sederhana, Fomo adalah tindakan orang untuk ikut-ikutan, padahal Investor sejati tidak boleh melakukan hal demikian. Investor harus benar-benar menganalisa dari sisi fundamental, teknikal, reputasi hingga kemampuan untuk finansial sebelum membeli aset.


Tips untuk menghindari Fomo


Jangan gampang terpancing ajakan orang lain untuk membeli aset sebelum anda melakukan riset sendiri. Investasi baik saham dan Crypto memiliki resiko yang besar, sebuah aset bisa turun bahkan untuk Aset crypto resiko terburuknya bisa scam. Itulah alasan kenapa riset adalah langkah wajib yang harus dilakukan sebelum membeli aset.


Jangan berinvestasi dalam keadaan emosi, apalagi anda dikuasai dengan nafsu ingin cepat kaya. Orang-orang dengan karakteristik seperti ini akan gampang terkena Jebakan Fomo. Bahkan ada yang menjual aset-aset pribadi untuk berinvestasi, dan akhirnya ketika hasilnya tidak sesuai harapan mereka malah kecewa 




Posting Komentar untuk "Apa Itu Fud dan Fomo dalam dunia investasi ?"