Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Hemat Keuangan Saat BBM Sedang Naik

Daftar Isi [Tampil]

 5 Tips Hemat Keuangan Saat BBM Sedang Naik





Meningginya harga minyak mentah buntut perang Rusia - Ukraina dan pandemi covid 2019 membuat harga BBM juga ikut menarik. Contohnya harga BBM RON 92 ( Pertamax ) yang semula berharga 9.200 Perliter kini menjadi 12.500 perliter. Mahalnya harga BBM tentu semakin menambah pengeluaran, apalagi harga bahan-bahan pokok juga mengalami kenaikan.


Namun jangan khawatir ditengah kondisi yang tidak menguntungkan ini , kami memiliki beberapa tips bermanfaat atur keuangan saat BBM naik berikut ini: 


Pakai kendaraan umum


Naik harga BBM menjadi momen tepat untuk melirik sarana transportasi umum. Anda bisa menggunakan bus atau kereta untuk berangkat sekolah dan bekerja. Bila tempat yang dituju tidak jauh, menggunakan sepeda juga bagus untuk mengurangi polusi udara.


Memakai alat transportasi umum akan menghemat biaya pembelian BBM. Bayangkan bila kita menggunakan mobil pribadi dengan biaya BBM 76.000 perharinya, maka perbulan rogoh yang dikocek sekitar 2,2 Juta Rupiah. Hal ini bisa diperkecil apabila menggunakan transportasi umum.


 Servis mesin secara teratur


Salah satu sebab pengeluaran BBM jadi boros bisa terjadi karena adanya fungsi yang tidak normal dari perangkat kendaraan. Oleh karenanya sudah jadi kewajiban pemilik kendaraan untuk melakukan servis/pemeriksaan secara teratur.


Perawatan teratur akan membuat bagian-bagian penting kendaraan terjaga kinerjanya dan anda akan lebih meminimalisir kerusakan yang lebih parah. Jika ada masalah seperti pada aki, busi dan filter udara harus jadi perhatian karena jadi sebab berkurangnya BBM secara drastis.


Kurangi Penggunaan AC pada mobil


Bila tidak terpaksa jangan menggunakan AC saat mengendarai mobil karena AC memerlukan Energi besar dari Bahan Bakar Minyak. Untuk menyiasati hawa panas dalam mobil anda bisa membuka jendela agar udara segar bisa masuk.


AC bisa digunakan apabila kendaraan melaju pada jalan tol yang arus anginnya kencang. 


Matikan kendaraan dalam posisi berhenti


Kebiasaan keliru yang sering dilakukan pengguna kendaraan adalah masih menyalakannya meski dalam keadaan berhenti. Meski tidak bergerak, konsumsi bahan bakar minyak akan terus berjalan. Oleh sebab itu jika anda berhenti minimal dalam waktu 10 menit kendaraan lebih baik dimatikan.


Perhatikan Tekanan Angin Ban


Tips terakhir agar pengeluaran Bbm tidak membengkak adalah menjaga tekanan ban. Pasalnya bila kendaraan dipaksa dalam kondisi ban yang hampir kempes, ini akan memakan tenaga yang lebih besar dan berdampak pada borosnya BBM.


Jangan biarkan tekan angin ban dalam kondisi kurang. Sediakanlah pompa udara, bila sewaktu-waktu ban kempes terjadi.




Posting Komentar untuk "5 Tips Hemat Keuangan Saat BBM Sedang Naik"