Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Tips Menyusun Rencana Karir Pribadi, Fresh graduate Wajib Baca !

Daftar Isi [Tampil]

 5 Kiat Tips Menyusun Rencana Karir Pribadi, Fresh graduate Wajib Baca !




Kali ini kami membuat artikel tentang bagaimana caranya menyusun karir yang bisa diaplikasikan oleh fresh graduate ketika memasukkan dunia kerja. Perencana karir yang bagus akan membuat kita memiliki kesempatan untuk gampang apply lowongan, cepat naik jabatan hingga kenaikan gaji. Perusahaan juga akan membangun kita dalam memaksimalkan potensi.


Maka dari itu lebih baik dari sekarang, kita mempraktekkan bagaimana caranya menyusun karir yang benar, dalam ulasan berikut ini;


Kenali diri sendiri


Sebelum serius melangkah dalam dunia nyata, kita harus bisa mengenali diri sendiri. Apa sih tujuan yang ingin dicapai, apa kelebihan yang kita miliki, apa kekurangan yang harus diperbaiki hingga rencana apa yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan itu. Akan lebih gampang bagi seseorang yang tahu dirinya untuk melangkah cepat dalam dunia kerja.


Contoh manfaat dari mengenali diri sendiri adalah kita bisa memilih profesi apa yang cocok dengan kemampuan dan keinginan. Resiko untuk bekerja tidak sesuai passion bisa diminimalisir.


Tentukan Visi Misi dalam Berkarir


Menjalankan suatu karir bisa diibaratkan seperti kita yang ingin berlabuh pada suatu pulau, tentunya harus sedia kapal, perbekalan, kompas dan pengalaman untuk bisa sampai ke sana. Prinsip ini juga berlaku dalam bekerja. Kita harus tahu tujuan apa yang ingin dicapai. Agar lebih tertanam pada alam bawah sadar, kita bisa tulis goal-goal tersebut pada kertas. Baca dan hayati kemudian praktekan pada saat kita bekerja.


Kita boleh bermimpi cepat naik jabatan, mendapatkan gaji tinggi, hingga mendirikan usaha. Visi misi yang positif ini akan menunjang performa karir secara signifikan.


Ketahui prospek karir kedepannya


Jika kita sudah memiliki passion, tahu kelebihan dan kekurangan hingga punya visi misi hal yang dilakukan selanjutnya adalah mengetahui prospek karir kedepannya. Kita harus melihat peluang yang memang dibutuhkan sekarang. Pastikan memilih pekerjaan yang sesuai kebutuhan zaman, karena akan berpengaruh pada keberhasilan karir secara keseluruhan.


Jangan terpatok dalam 1 jenis pekerjaan, tidak salahnya untuk mempelajari Skill-skill lain. Misalnya kita adalah seorang MC, kita melengkapi ilmu publik speaking yang kita kuasai dengan ilmu lain misalnya psikologi dan komedi. Pasalnya client mencari orang yang memiliki kemampuan yang banyak.


Terbuka dengan ilmu-ilmu baru


Perusahaan menghargai karyawan yang berkomitmen terhadap kerjanya, mencurahkan 100 % dari kemampuannya dalam menjalankan tugas dan mau menerima ilmu-ilmu baru yang diberikan atasan. Egoisme harus ditekan karena kita bekerja dengan orang lain. Kemaslahatan bersama lebih dipentingkan dari sikap individualis.


Ketika mendapatkan saran/kritik kita harus terbuka, karena dengan insight dari orang-orang yang lebih berpengalaman, akan membuat kita lebih maju. Jangan merasa lelah untuk berproses karena hasilnya akan kita tuai kelak.


Rajin evaluasi diri


Tips merencanakan karir Pribadi yang terakhir adalah evaluasi diri. Hal ini tidak boleh dilewatkan, evaluasi membuat kita bercermin, kita jadi apa yang Masih harus diperbaiki dalam bekerja. Sikap ini membuat kita tidak malu untuk belajar. Dan pada akhirnya karir akan terus menanjak karena kita terus membiasakan hal ini.



Posting Komentar untuk " 5 Kiat Tips Menyusun Rencana Karir Pribadi, Fresh graduate Wajib Baca !"