Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Yang Membuat NFT Jadi Mahal

Daftar Isi [Tampil]

 5 Faktor Yang Membuat NFT Jadi Mahal


Ketika melihat beberapa marketplace NFT contohnya Opensea, terpampang banyak karya mulai dari foto, animasi 3d, desain karakter hingga video. Setiap NFT yang di upload memiliki ukuran harga yang berbeda ada yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah.


Lalu apa sih yang membuat karya NFT bisa dihargai mahal ? Yuk Simak Ulasan berikut ini:


Orisinalitas


NFT adalah sebuah aset virtual yang mewakili kepemilikan di dunia nyata, NFT juga berfungsi sebagai hak cipta untuk melindungi karya dari akses ilegal. NFT bisa berupa musik, foto, dokumen dan sebagainya. Salah satu faktor yang membuat NFT bernilai tinggi adalah orisinalitas.  Sang kreator harus memastikan karya yang ia buat berasal dari pikirannya sendiri. Keaslian NFT bisa dilihat dari hasilnya tidak sama karya orang lain. Melakukan tindakan duplikat secara sengaja, adalah tindakan terlarang dalam bidang ini.


Unik


Sama seperti karya lain, Karya NFT selain harus original, ia juga harus memiliki sisi unik yang membedakannya dengan karya lain. Pasalnya banyak sekali orang yang ingin jadi creator NFT, hanya karya yang berbeda saja yang mampu bertahan. Kolektor tentu akan melihat NFT yang unik sebagai karya yang menarik.


Semakin unik karya NFT harganya pun akan semakin naik. Ia juga akan berpengaruh pada tingkat floor price . Bila anda tertarik membeli NFT, pastikan faktor ini ada. Jangan sampai kita terpincut pada NFT Recycle, yang hanya memodifikasi karya orang lain.


Kelangkaan 


NFT yang langka berbanding lurus dengan harganya yang akan meningkatkan. Ekslusifitas sebuah karya sangat dijunjung pada bidang ini. Rarity score menjadi indikator seberapa menjualnya sebuah aset NFT. 


Salah satu faktor yang paling mudah dipahami kenapa NFT bisa langka adalah karena jumlahnya yang terbatas, setiap 1 Unit NFT tidak bisa dicopy. Ada juga faktor seperti tidak seimbangnya supply dan demand dan tingkat kepopuleran creator NFT bisa menjadi alasan kenapa NFT bisa langka.



Kepemilikan


Faktanya, NFT memang bisa dipertukarkan. Setiap Aset yang muncul di marketplace adalah asli benar-benar buatan kreator. Seseorang yang membelinya akan mendapatkan bukti tanpa kepemilikan. Meskipun orang lain mungkin memiliki karya sama, namun mereka tidak berhak mengklaim bahwa karya NFT itu miliknya. Dengan kata lain NFT tidak bisa di copy dan hanya berhak dimiliki oleh orang yang membelinya.


Ambil contoh, anda pasti mengenal lukisan Monalisa, karya ini begitu terkenal meskipun sudah berabad-abad. Ada banyak orang yang mencoba membuat salinannya. Meskipun begitu secara value, lukisan Monalisa asli jelas tidak bisa tergantikan. Prinsip ini juga dipakai dalam perdagangan NFT. NFT yang asli akan mudah untuk diidentifikasi.


Nilai Guna


Faktor terakhir yang bisa membuat NFT jadi mahal adalah nilai utilitasnya. Ada NFT yang bisa dipakai bukan hanya untuk pajangan namun juga fungsi lain seperti untuk bermain game, mendapatkan keanggotaan khusus dan lain sebagainya.


Tentunya Nilai NFT akan semakin naik apabila sering dicari orang. Proyek-proyek yang dilakukan oleh pembuat NFT apabila memiliki kegunaan yang luas tentu juga membuat harga semakin meroket.

Posting Komentar untuk " 5 Faktor Yang Membuat NFT Jadi Mahal"