Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jitu Untuk Menghindari Ketidakpuasan Pelanggan

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Jitu Untuk Menghindari Ketidakpuasan Pelanggan



Salah satu tantangan tersulit dalam dunia entrepreneurship adalah bagaimana caranya menemukan pelanggan dan bagaimana cara memuaskannya. Membuat pelanggan menjadi loyal juga menjadi PR harus diselesaikan oleh setiap Unit Usaha. 


Menjaga hubungan baik dengan pelanggan harus dilakukan secara lebih dekat, hingga terjalin ikatan emosional yang membuat mereka tak akan berpaling pada kompetitor.


Lalu seperti caranya menghindari ketidakpuasan Pelanggan silahkan simak artikel berikut ini:


Berikan Keyakinan


Hal yang tidak disukai pelanggan adalah ketidakpastian, apalagi jika hal tersebut dilakukan oleh pelaku usaha tentu hal tersebut akan berdampak buruk. Pelanggan memerlukan informasi mengenai jenis produk, komposisi, harga dan cara pembeliannya, hal-hal ini harus dijelaskan secara rinci dan meyakinkan.


Jika kita melakukan hal sebaliknya, memberikan informasi produk tidak lengkap, pelanggan akan jengkel dan tidak yakin untuk membeli produk kita.


Menjadi lebih peduli


Produsen memang wajar bertujuan mendapatkan untuk dari penjualan produk, namun jangan lupa untuk memperhatikan dari sisi pelanggan. Karena pelanggan adalah raja, memberikan pelayanan dan perhatian adalah sesuatu yang harus dilakukan. 


Peduli dengan apa yang pelanggan butuhkan, peduli dengan kritik dan saran dari mereka, dan peduli saat mereka butuh panduan, adalah salah satu tindakan yang bagus untuk membuat mereka puas. Pelanggan yang di layani maksimal, akan berdampak pada kenaikan brand usaha.


Tepati janji


Biasanya merk-merk baru yang sedang merintis memberikan janji-janji menggiurkan misalnya memberikan diskon, harga khusus, bonus, giveaway dan sejenisnya. Hal-hal tersebut harus ditepati, apabila konsumen melakukan sesuatu yang memang diinginkan. Karena ada banyak kasus, usaha yang seakan lupa dengan janji tersebut dan tidak melakukannya. Pelanggan bisa kecewa, tingkat kepercayaan menurun dan yang paling parah banyak orang tidak mau membeli produk.


Janji harus ditepati, bila ada yang belum bisa wujudkan berikan komunikasi/ganti yang baik untuk pelanggan. 


Membuat pelayanan seluas-luasnya


Kita sebagai pengusaha harus bisa merangkul semua pihak, jangan ada saling membedakan pelayanan berdasarkan latar  belakang Pelanggan. Tidak boleh kita menggunakan sentimen ras, suku, agama dan strata untuk membedakan pelanggan satu dengan yang lain. Memberikan pelayanan seluas-luasnya akan membuka kesempatan untung yang lebih banyak, karena banyak konsumen lebih terangkul.


Berlatih berfikir revolusioner, memikirkan bagaimana bisnis kita bisa bersaing secara global diterima masyarakat dunia. Itulah yang membuat konsumen mau menerima produk.


Biasakan sikap profesional


Meskipun bisnis yang kita jalani masih skala kecil namun ketika berhadapan dengan konsumen, sikap profesional harus selalu ditegakkan. Lakukan pekerjaan secara totalitas. berikan produk terbaik, layanan terbaik sehingga pelanggan merasa diperlakukan selayaknya raja. 


Bukan hanya untuk pelau saja, sikap profesional harus dibawa saat bersama karyawan dan client. Jika hal ini dilakukan, ketidakpuasan Pelanggan bisa diminimalisir.

Posting Komentar untuk "Tips Jitu Untuk Menghindari Ketidakpuasan Pelanggan"