Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Tidak Terkena Jebakan Investasi Bodong

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Agar Tidak Terkena Jebakan Investasi Bodong




Investasi bodong menjadi momok bagi masyarakat, banyak korban terjerat dalam lingkaran bisnis abal-abal tersebut. Tak main-main ada ratusan bahkan ribuan orang yang mengalami kerugian mencapai miliaran rupiah, karena tergiur dengan Investasi Bodong. Rata-rata korban adalah yang masih awam dan belum mendapatkan edukasi rinci mengenai dunia investasi sebenarnya.


Agar kita tidak mengapa nasib serupa, alangkah baiknya harus berhati-hati dengan tawaran investasi, apalagi bila asal-usulnya tidak jelas atau menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat.


Lalu seperti apa tips menghindari rayuan Investasi bodong simak ulasan berikut ini:


Jangan Gampang Fomo


Fomo adalah perilaku seseorang untuk mengikuti sesuatu yang lagi trend tanpa pertimbangan matang. Sikap seperti sebaiknya dikubur jauh-jauh ketika anda masuk dunia investasi. Karena banyak modus penipuan orang yang tidak bertanggungjawab. Mereka mengincar orang-orang yang suka ikut-ikutan. Di tawarilah dengan berbagai tawaran menggiurkan, namun hal tersebut tidak benar-benar terealisasi.


Baca juga: Mana yang Lebih Dahulu Mencari Konsumen atau Membuat Produk ?


Ciri investasi bodong yang paling mudah diketahui adalah dari cara mereka berpromosi, mereka mengatakan tentang profit, kekayaan Dalam jumlah besar dan instan. Padahal investasi yang real tidak setiap saat selalu untung.


Lakukanlah Riset Sebelum Terjun


Menganalisa instrumen investasi sebelum terjun adalah hal wajib yang harus dilakukan calon investor, agar tidak menjadi korban investasi bodong. Cari tahu bagaimana mekanismenya, apa produk real-nya, prosentase keuntungan dan legalitasnya. Semakin jelas sebuah instrumen investasi, maka kecil kemungkinan terjadi tidak penipuan.


Riset investasi juga bisa dilakukan dengan melihat testimoni orang lain. Testimoni bisa digunakan sebuah gambaran tentang kejelasan instrumen investasi. Anda wajib waspada bila testimoninya banyak yang negatif. Lebih mencari alternatif investasi yang lain.


Meminta pendapat orang berpengalaman


Rajinlah untuk berkomunikasi dengan orang yang berpengalaman. Apalagi by anda memiliki kenalan orang yang memang sudah terlebih dahulu terjun di bidang investasi. Dengan internet, anda bisa juga melihat pendapat-pendapat para analis saham dan melihat channel YouTube tentang Investasi.


Semakin banyak ilmu yang anda serap, semakin sering Anda mendapatkan insight. Hak tersebut akan menjadi modal dalam menghindari tawaran investasi bodong.



Jangan Tergoda tawaran kaya instans


Investasi bodong sudah pasti akan melakukan berbagai cara untuk menarik korban. Mereka mahir dalam memainkan retorika dengan cara yang meyakinkan. Banyak orang percaya bahwa kaya bisa dilakukan dengan instan, padahal hal tersebut hanya khayalan fana saja. Maka dari itu anda tidak boleh gampang tergoda dengan tawaran menggiurkan tersebut.


Pilihlah instrumen investasi yang jelas legalitasnya, investasi yang jujur pasti membicarakan resiko untung dan rugi secara realistis. 


Gunakan money management


Dalam ilmu investasi ada yang namanya manajemen keuangan, maksimal aset yang dikeluarkan untuk investasi tidak lebih 20 % dari harta keseluruhan. Karena investasi berjalan fluktuatif resiko untung dan ruginya sama besar. Jangan mengorbankan uang kebutuhan untuk Investasi. Banyaknya instrumen investasi bodong juga perlu diwaspadai. 

Posting Komentar untuk "Tips Agar Tidak Terkena Jebakan Investasi Bodong"