Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Tahu Karakteristik Konsumen Gen Z Di Bulan Ramadhan

Daftar Isi [Tampil]

 Cari Tahu Karakteristik Konsumen Gen Z Di Bulan Ramadhan





Bulan Ramadhan adalah waktu yang ditunggu-tunggu umat muslim, kedatangannya setahun sekali benar-benar membawa suasana berbeda termasuk dalam mempengaruhi perilaku konsumen.


Bulan Ramadhan membuat aktivitas masyarakat menjadi lebih berwarna termasuk dalam aktivitas jual-beli. Berkah bulan ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Tentunya harus disertai juga strategi bisnis yang tepat, agar semua sesuai rencana.


Salah satu target pasar yang bagus untuk dijajaki adalah konsumen gen z yang tercatat memiliki populasi 27,94 % dari keseluruhan jumlah penduduk Indonesia.


Lalu seperti apa, memahami karakteristik konsumen gen z di bulan Ramadhan ) silahkan simak artikel berikut ini:


Kapan Gen Z mulai aktif berbelanja


Ada mitos yang mengatakan bahwa kebiasaan belanja gen z sangatlah besar dan tidak terkontrol. Mereka cenderung mengikuti trend dari pada memilih skala prioritas. Apakah hal itu benar ? Ternyata menurut Data In Mobi malah menunjukkan data sebaliknya.


Generasi gen z umumnya sudah memiliki memiliki rencana pembelian sebelum bulan Ramadhan. Tingkat jual-beli akan semakin banyak dilakukan ketika mendekati bulan suci ini. Generasi Z juga lebih memilih menggunakan smartphone dan marketplace untuk mencari barang yang dibutuhkannya.


Gen Z Sangat Aktif menggunakan smartphone


Gen z adalah generasi yang lekat dengan perkembangan teknologi. Salah satu barang wajib yang tidak lepas dari genggaman mereka adalah smartphone. Jadi jangan kaget kalau perilaku belanja mereka lebih banyak dilakukan via online dengan mengakses marketplace.


Para pelaku usaha harus paham tentang kecenderungan belanja generasi Z. Mau tau penerapan strategi promosi via internet harus lebih banyak dilakukan, agar mendapatkan atensi dari generasi ini.


Salah satu strategi yang efektif adalah memberikan diskon khusus pada mereka. Karena pada umumnya gen Z belum memiliki uang yang banyak.


Perilaku liburan gen z saat Ramadan


Berbeda dengan generasi milenial yang lebih suka berlibur dengan keluarga. Generasi Z ternyata lebih suka solo traveling, hasrat mereka untuk mengeksplorasi tempat wisata juga sangatlah tinggi. Hal ini berkaitan pula dengan sisi psikologis mereka yang ingin terlihat lebih bagus di media sosial. 


Dengan melihat perilaku tersebut, khususnya untuk pelaku usaha wisata akan memudahkan dalam penetapan metode promosi. Salah satunya dengan aktif promosi di media sosial, penetapan tarif terjangkau dan yang lainnya.


Cara Generasi Z membeli tiket


Dalam bertransportasi, generasi Z lebih memilih bertransaksi Via web/aplikasi dibanding datang langsung ketempat. Itulah sebabnya banyak perusahaan yang bergerak di bidang tersebut memberikan layanan tersebut. Generasi Z ingin pilihan yang lebih mudah dan fleksibel. Alasan lain kenapa gen z lebih memilih pakai aplikasi adalah karena mereka bisa membandingkan harga moda transportasi secara transparan.

Posting Komentar untuk "Cari Tahu Karakteristik Konsumen Gen Z Di Bulan Ramadhan"