Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Keuntungan Bisnis Keripik Ubi ? Begini Analisa Usahanya, Patut Dicoba

Daftar Isi [Tampil]

Analisa Usaha Bisnis Keripik Ubi - Keripik ubi merupakan cemilan yang renyah dan banyak digemari oleh masyarakat. Harganya yang murah dan rasanya yang gurih menjadikan camilan ini begitu dicintai. Memulai bisnis keripik ubi tentu sangat menjanjikan sekali sehingga patut untuk dicoba. Lalu, berapa keuntungan bisnis keripik ubi? Begini analisa usahanya:

Berapa Keuntungan Bisnis Keripik Ubi ? Begini Analisa Usahanya, Patut Dicoba

Peluang Bisnis

Apabila dilakukan analisis ke depannya, bisnis ini tergolong bagus dan menjanjikan. Alasannya adalah banyaknya orang yang menyukai kripik ini dan ketersediaan bahan baku pun melimpah. Pelaku usaha hanya membutuhkan modal kecil untuk bisa membangun bisnis ini sehingga bisa memulai bisnisnya sesegera mungkin.

Usaha ini pun tidak lekang oleh waktu, terbukti dari dulu hingga sekarang bisnis ini tidak pernah mati dan justru semakin berkembang saja. Sasaran usahanya pun sangat luas mulai dari yang anak kecil sampai orang yang sudah berumur pun bisa menikmati kripiknya. Bahan baku untuk memulai bisnisnya pun tidak terlalu banyak sehingga bisa mulai dicicil pembeliannya.

Persiapan Usaha

Peralatan yang digunakan dalam bisnis ini tidak terlalu banyak yang terpenting memiliki wajan, mesin perajang ubi, gerobak, pisau, panci, baskom, alat untuk mengemas, dan lainnya. Harga yang bisa dipatok untuk satu kemasan produk ini adalah Rp 10.000 saja sehingga terjangkau dan untungnya pun sudah cukup banyak.

Pilihlah lokasi yang strategis untuk memulai bisnis ini agar mudah dijangkau oleh pembeli. Gunakan pula strategi bisnis yang cerdas agar produknya cepat laku di pasaran. Gunakanlah media sosial untuk mempromosikan produknya dan mintalah teman untuk mempromosikan produk tersebut. Berjualan menggunakan market place ternama juga patut untuk dicoba agar bisa menjaring pembeli dalam jumlah besar.

Analisa Usahanya

Seorang pelaku bisnis harus bisa memperhitungkan keuntungan dari setiap bisnis yang dilakukan agar dapat mengambil keputusan yang tepat. Tentu saja, hal tersebut tidak lepas dari analisa usaha yang wajib diperhitungkan. Sebenarnya berapa keuntungan bisnis keripik ubi? Begini analisa usahanya yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja:

1. Biaya Investasi

Biaya Investasi ini terkait dengan peralatan yang akan digunakan untuk melakukan bisnisnya. Biasanya, peralatan ini jangka waktu pemakaiannya akan lama namun setiap harinya akan mengalami penyusutan biaya akibat pemakaian. Peralatan yang digunakan pun cukup banyak yaitu melingkupi etalase, kompor gas dan lpg, pisau, mesin perajang, wajan, pengangkat makanan, mesin peniris minyak, timbangan, sealer, dan lainnya.

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli barang-barang tersebut sekitar Rp 4.150.000 sedangkan untuk biaya penyusutannya setiap bulannya sekitar Rp 91.000. Ditambah lagi dengan biaya gaji karyawan sekitar Rp 1.000.000 sehingga totalnya bisa mencapai Rp 5.150.000.

2. Biaya Variabel

Biaya ini terkait dengan bahan baku yang digunakan untuk membuat produknya. Untuk bisnis ubi, maka yang dibutuhkan berupa ubi, garam, minyak goreng, gula pasir, pewarna makanan, pengemas dan lainnya sehingga uang yang dibutuhkan sekitar Rp 8.842.500. Apabila biaya operasionalnya dihitung yaitu biaya penyusutan ditambah gaji per bulan dan biaya variabel, maka hasilnya adalah Rp 9.933.500.

Penjualan satu produknya Rp 10.000, dalam 1 bulan bisa menjual 1200 produk, maka pendapatan kotor yang diterima adalah Rp 12.000.000. Keuntungan bersih yang bisa diterima pun tinggal mengurangkan saja Pendapatan per bulan dengan biaya operasionalnya. Apabila dihitung jumlahnya adalah Rp 2.066.500.

 

Itulah jawaban untuk berapa keuntungan bisnis keripik ubi? Begini analisa usahanya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keuntungan dari bisnis ini setiap bulannya bisa mencapai Rp 2.066.500. Apabila pebisnis bisa meningkatkan penjualan setiap bulannya, maka untung yang akan didapat menjadi lebih banyak. Tertarik menggelutinya?

 

Salam sukses selalu..... (bisnisan.id)

 

Posting Komentar untuk "Berapa Keuntungan Bisnis Keripik Ubi ? Begini Analisa Usahanya, Patut Dicoba"