Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan

Daftar Isi [Tampil]

 5 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan





Salah satu faktor penting yang menentukan tingkat keberhasilan sebuah produk diterima dipasaran adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang suka dengan sebuah produk, merasa sebuah produk adalah solusi dari masalahnya, besar peluangnya untuk melakukan order.


Bahkan pelanggan baru, bisa menjadi pelanggan loyal karena mereka puas dengan produk yang ditawarkan. Bagi UKM, perlu memikirkan kiat-kiat agar konsumen bisa puas dengan pelayanan mereka.


Lalu seperti apa faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan ? Mari kita pelajari secara seksama


Kualitas Produk


Kualitas Produk adalah sesuatu yang tidak bisa ditolerir, aspek ini harus dimiliki oleh sebuah produk beredar. Mau tak mau produsen harus meriset, mencari bahan baku pilihan, mengupgrade alat hingga SDM untuk mewujudkan kualitas produk terbaik. Masyarakat pasti punya ekspektasi, mereka mau membayar mahal untuk sebuah produk karena yakin produk tersebut adalah solusi dari masalah mereka. 


Kualitas Pelayanan


Bagi yang bergelut dalam dunia jasa, kualitas layanan ini perlu juga diperhatikan. Setiap pelanggan adalah raja, kita tidak boleh membeda-bedakan. Prioritaskan kepuasan pelanggan, maka keuntungan akan mengikuti. Senangnya mereka, berpengaruh pada tingkat brand awardness di lapangan. Perusahaan yang besar seperti Facebook, Instagram dan iPhone, semua bisa sukses seperti ini karena mereka menyediakan kualitas layanan yang memuaskan.


Aspek emosional


Kenapa pelanggan bisa terus kembali, terus order produk kita padahal banyak produk sejenis ? Alasannya adalah karena mereka sudah terikat secara emosional. Aspek emosi memegang peranan penting dalam segi loyalitas konsumen. Aspek emosional juga berpengaruh dari segi kebanggaan seseorang saat memakai sebuah produk. Itulah mengapa merk-merk dari brand ternama selalu jadi pilihan utama, meskipun secara kompetitornya memiliki harga lebih murah.


Faktor Harga


Semakin terjangkau sebuah produk, semakin daya tariknya untuk calon konsumen. Alasan inilah yang membuat banyak pelaku usaha berlomba-lomba menciptakan produk murah dalam persaingan pasar. Dari sisi psikologi marketing, calon pembeli cenderung akan membandingkan harga dari barang-barang sejenis, baru kemudian memilih antara membeli atau tidak. Barang yang terjangkau tentunya juga harus diiringi kualitas produk yang bagus, agar tidak menimbulkan kekecewaan dalam benak pembeli.


Kemudahan pembeli


Kepuasan pelanggan akan meningkatkan, bila pelaku usaha memberikan berbagai kemudahan dalam proses transaksi pembelian. Itulah sebabnya banyak produsen besar banyak meluncurkan promo-promo menarik dalam mendongkrak penjualan. 


Ada yang menerapkan potongan harga, giveaway, hingga membebaskan biaya ongkos kirim, semata-mata agar kepuasan pembeli bisa terjaga. Apalagi dengan hadirnya teknologi internet sekarang ini, perusahaan lebih mudah menjangkau pembeli tanpa mengorbankan effort berlebih.

Posting Komentar untuk "5 Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan"