Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Mendapatkan Feedback Konsumen

Daftar Isi [Tampil]

 4 Cara Mendapatkan Feedback Konsumen




Feedback pelanggan sangatlah penting didapatkan oleh unit usaha, mengerti respon mereka  akan membuat usaha memiliki lebih banyak peluang mendapatkan kesuksesan. Umpan balik baik berupa saran, kritik dan testimonial  bisa dijadikan acuan untuk menentukan arah bisnis, segmentasi dan evaluasi perusahaan kedepannya.


Utamanya bagi anda yang menjalankan bisnis online, mengetahui tips untuk mendapatkan feedback pelanggan adalah sesuatu yang penting. 


Lalu seperti apa tipsnya ? Simak ulasan berikut ini:


Lakukan Survei 


Ajukan pertanyaan yang memancing pelanggan untuk mengutarakan pendapatnya mengenai produk anda. Survei secara online bisa dilakukan via media sosial, dengan fitur polling yang sudah tersemat di Facebook, Instagram dan Twitter.


Pertanyaan yang diberikan bisa berupa penilaian terhadap produk, pelayanan, atau menanyakan tentang saran produk yang perlu dibuat. Jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti Email dan No WhatsApp agar konsumen lebih nyaman memberikan feedback.


Berikan Kolom Komentar Pada Website


Bila anda memiliki website khusus berjualan, langkah mudah untuk mendapatkan feedback adalah memberikan kolom komentar di bawah artikel. Atur setting moderator agar anda bisa memfilter komentar mana yang layak diterbitkan dan yang tidak. Pasalnya pesan spam kerap ditujukan oleh tak bertanggungjawab untuk menjatuhkan website. Dengan demikian pembaca akan lebih mudah memberikan ulasan terhadap produk.


Membagikan kuesioner


Tips mendapatkan feedback secara cepat bisa dilakukan juga bila anda mengadakan acara secara offline. Misalnya anda mengadakan seminar launching produk baru, dengan mengundang konsumen. Setelah acara usai sebarlah kuesioner. Cara ini bisa dilakukan untuk meningkatkan partisipasi. Pastikan kuesioner tidak mencantumkan banyak pertanyaan untuk menghemat waktu. Sisi negatif dari cara ini adalah lebih boros biaya karena harus membuat acara offline dan menyediakan kertas.


Berikan Hadiah


Hargailah pelanggan anda yang mau menyempatkan waktu untuk memberikan feedback. Apalagi feedback berisi saran dan kritik yang membangun. Pasalnya tidak semua orang ingin repot-repot melakukan hal tersebut. 


Salah satu cara yang bagus untuk menghargai pelanggan adalah memberikan hadiah. Misalnya anda menjadi lomba feedback/ulasan Terbaik. Tingkat partisipasi akan meningkatkan dengan mengaplikasikan cara yang satu ini.


Untuk hadiahnya tidak perlu berupa uang, bisa juga berupa souvernir, kaos, mug, atau diskon pembelian produk. Apa yang anda usahakan untuk mendapatkan feedback pelanggan akan terbayarkan.


Nah bagaimana  Apakah anda sudah paham tentang cara mendapatkan umpan balik dari konsumen ? Semoga artikel ini membantu kelancaran bisnis anda.



Posting Komentar untuk "4 Cara Mendapatkan Feedback Konsumen"