Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghindari Modus Penipuan Atas Nama Bank

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Menghindari Modus Penipuan Atas Nama Bank




Modus penipuan semakin lama semakin banyak tipu muslihatnya. Pelaku semata-mata ingin mencari calon korban yang mudah diperdaya untuk meraih sejumlah keuntungan, salah satunya adalah uang. Salah satu modus penipuan yang banyak merugikan orang adalah mengaku sebagai pihak sebuah bank. 


Pelaku kejahatan ini akan biasanya akan berpura-pura, menghubungi calon korban dengan mengatasnamakan petugas bank. Mereka mengiming-imingi sesuatu namun meminta data pribadi dari nasabah.


Tindak kriminalitas ini bisa dihindarkan dengan langkah-langkah berikut ini:


Tidak memberitahu data pribadi pada orang lain


Modus penipuan bank, memang mengincar data pribadi seperti password, nama nasabah, alamat, kode otp m-banking, dan lain sebagainya. Data-data ini bersifat pribadi dan harus dijaga secara aman oleh nasabah, bila ada seseorang yang mencurigakan menanyakan hal ini dengan alasan apapun, kita bisa menolaknya. 



Modus meminta informasi pribadi ini bisa dilakukan secara langsung ketika berada kita di ATM, atau juga melalui media teknologi seperti mengirim link, web phising dan pesan WA. Jangan sekali-kali meng-klik link-link tersebut, karena merupakan jebakan yang bisa membocorkan data pribadi kita.


Perbarui data secara kontinyu


Data seperti password alangkah baiknya dibuat dengan kombinasi kode yang tidak bisa ditebak orang lain. Hindari password dengan kode tanggal lahir, Huruf Abjad Urut, atau Nama Sendiri.  Langkah selanjutnya adalah mengganti password secara berkala, 3 - 6 bulan sekali agar resiko peretasan bisa diminimalisir.


Bila ada seseorang yang mencoba log-in di akun anda, sebaiknya segera lapor kepada pihak bank,selanjuy di ikuti langkah pengamanan, seperti mengganti password secara berskala.


Hindari menggunakan jaringan WiFi umum saat bertransaksi


Memakai WiFi publik memang lebih hemat biaya, namun dari sisi keamanan, mungkin akan lebih beresiko karena rawan menjadi media peretasan. Karena yang memakai fasilitas tersebut adalah orang banyak, kota tidak bisa memastikan tujuan masing-masing orang. WiFi umum sering disalahgunakan untuk membobol rekening bank.


Tips ini sangat bermanfaat bila anda sedang ingin melakukan transaksi via online, seperti membayar marketplace, membuka akun investasi dan lain sebagainya. Utamakan menggunakan jaringan pribadi karena lebih aman.


Aktifkan fitur two factor Authentication


Autentikasi 2 faktor adalah fitur yang membuat akun anda lebih aman. Memberikan keamanan yang lebih ektra dan sulit untuk dijebol orang tak bertanggung jawab. Fitur ini juga bekerja secara online sehingga bisa membackup aktivitas finansial anda di dunia internet.


Untuk mengakses fitur tersebut, anda bisa mendapatkannya pada platform dompet uang digital, e-banking email, website marketplace dan masih banyak lagi.


Langkah pemblokiran


Yaps, langkah terakhir yang bisa dilakukan agar dari modus penipuan mengatasnamakan bank adalah melakukan pemblokiran pada nomor-nomor yang berupaya membujuk anda mengirimkan data pribadi. Kebanyakan penipu menggunakan nomor-nomor pribadi atau menggunakan web berdomain gratis dalam melancarkan aksinya.

Posting Komentar untuk "Tips Menghindari Modus Penipuan Atas Nama Bank"