Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jaga Keuangan Saat Lagi Menganggur

Daftar Isi [Tampil]

 Tips Jaga Keuangan Saat Lagi Menganggur


Kondisi menganggur memang sesuatu yang tidak diharapkan bagi semua orang, tidak memiliki pekerjaan berakibat pada tidak memiliki pendapat tetap. Bila sudah seperti ini, dunia seperti sempit rasanya. Agar kondisinya tidak semakin parah diperlukan sebuah perencanaan, terutama pada bagian keuangan.


Mengatur keuangan dalam status menganggur memanglah sulit, namun dengan tips-tips yang akan dibahas dibawah ini sekiranya bisa membantu mengatasi Masalah ini:


Berikut ini adalah tips-nya:


Belajar memasak sendiri


Sikapi pengangguran dengan memperkecil pengangguran, salah satunya dengan membiasakan memasak sendiri. Biaya yang diperlukan untuk memasak sendiri akan lebih ekonomis daripada jajan di luar. Bila anda belum bisa memasak, bisa berlatih dengan melihat tutorial dari majalah kuliner, buku resep atau YouTube.


Baru setelah menguasai, kita tinggal memilih menu-menu sehat dan bahannya terjangkau mudah didapatkan. Catat harga bumbu dapur, dan bahan masakan, agar pengeluaran tiap hari bisa terkontrol.


Menggunakan Sepeda sebagai alat transportasi


Untuk meminimalisir pengeluaran dalam hal transportasi, kita bisa menggunakan sepeda untuk kegiatan sehari-hari. Sepeda masih bisa digunakan untuk berkeliling kompleks dan daerah yang tidak terlalu jauh. Intinya, lakukan hal ini bila keadaannya memungkinkan, karena biaya menggunakan sepeda bisa dikatakan " gratis" bila dibandingkan menggunakan jasa layanan transportasi lain.


Bila sudah memiliki kebiasaan seperti ini, pengeluaran perbulan menjadi lebih irit, uang sisanya bisa digunakan sektor prioritas lain, seperti biaya kebutuhan sehari-hari atau tabungan.


Membeli barang diskon


Pengangguran memang membuat kita tidak punya penghasilan dengan hal ini, kita harus sikapi dengan selektif, kontrol segala hasrat tentang berbelanja, dan disarankan membeli barang diskonan, agar uang yang dikeluarkan jauh lebih murah.


Untuk mencari barang diskonan, biasanya ditawarkan oleh supermarket, aplikasi transportasi online hingga marketplace. Pastikan juga barang yang kita beli, memiliki kualitas layak agar bisa dipakai dalam waktu lama.


Hindari pakai kartu kredit


Kartu kredit ternyata bisa menjadi faktor seseorang berperilaku boros. Maka dari itu berbelanja menggunakan media ini tidak disarankan untuk pengangguran, sebisa mungkin gunakanlah uang cash karena membuat pengeluaran lebih terjaga.


Ada alasan psikologis kenapa memakai kartu kredit bisa boros. Karena kita tidak melihat bentuk fisik dari uang yang sudah dikeluarkan, Sehingga hasrat belanja tidak bisa dikendalikan.


Lakukan pencatatan keuangan


Langkah terakhir yang bisa menyelamatkan keuangan saat menganggur adalah melakukan pencatatan keuangan. Hitung pengeluaran dan pemasukan harian. Identifikasi mana pengeluaran terbesar. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan prioritas terlebih dahulu. Pencatat, akan membuat kita lebih menghemat dalam aktivitas finansial.



Posting Komentar untuk "Tips Jaga Keuangan Saat Lagi Menganggur"