Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini 5 Langkah Menguangkan Karya NFT

Daftar Isi [Tampil]

 Berikut Ini 5 Langkah Menguangkan Karya NFT




Mari kita sejenak membahas pengertian mengenai NFT terlebih dahulu. NFT adalah aset digital yang tersimpan dalam blockchain bisa berupa grafik, music, animasi 3D dan dokumen lainnya. Syarat wajib yang harus dipenuhi seseorang untuk memperoleh uang dari NFT harus membuat karya-nya terlebih dahulu. Ada juga cara lain bila anda tidak ingin membuat NFT yaitu dengan membelinya dari orang lain atau mengikuti pelelangan.


Membuat Dompet Digital


Ini merupakan step kedua agar hasil yang didapat dari NFT bisa diuangkan.  Karena NFT Transaksinya menggunakan uang crypto, maka diperlukan yang namanya dompet/wallet sebagai wadah penyimpanan. Contohnya ketika anda ingin membeli/menjual NFT Di marketplace Opensea, semua transaksi harus menggunakan koin Ethereum. Sekali lagi, punya dompet digital akan membantu anda dalam transaksi NFT.


Mendaftar Marketplace NFT


Anda perlu pihak ketiga untuk menjual karya NFT yaitu dengan mendaftar Marketplace. Cara kerjanya sama dengan marketplace konvensional, marketplace NFT mempertemukan penjual dan pembeli. 


Berikut ini rekomendasi marketplace NFT paling populer:


  • Opensea : berdiri dalam jaringan ethereum

  • Rarible: cocok untuk jual beli NFT Art

  • Superare: cocok menjual item-item NFT langka dan terbatas

  • Axie Marketplace: tempat berjualan item-item dalam game axie Infinity


Pelajari ciri khas dan peraturan masing marketplace sebelum memutuskan bergabung.


Cari pembeli


Ini merupakan fase paling penting agar NFT menghasilkan Cuan. Para kreator harus mencari cara mempromosikan NFT-nya agar menarik calon pembeli.biasanya NFT yang unik memiliki unsur eksklusifitas itu bakal oleh kolektor. Contohnya seperti terjualnya foto Selfi Ghozali Everyday sampai miliaran rupiah. Kenapa orang mau membelinya ? Karena karya tersebut unik, tidak dipikirkan orang lain.


Rajin-rajin men-share NFT di media sosial juga bisa membantu meningkatkan penjualan. Anda bisa aktif di Facebook, Twitter dan Instagram dan jangan lupa sertakan hastag agar postingan lebih bisa tertarget.


Transaksi Jual-beli


Jika NFT terjual otomatis akan masuk dalam database marketplace. Selanjutnya anda tinggal melakukan transfer pada dompet digital yang sudah disiapkan sebelumnya. Hasil yang diterima adalah mata uang crypto seperti Ethereum dan Matic. Namun jangan khawatir, uang tersebut bisa ditukar dengan fiat money seperti dollar dan rupiah. Uang yang masuk dompet digital tentunya juga boy ditransfer pada rekening bank.


Selain dari pembelian, kreator NFT bisa mendapatkan penghasilan dari royalti. Karya sudah dijual, dan kemudian hari dijual lagi oleh pembelinya, secara tidak langsung juga memberikan royalti pada pencipta awal karya NFT.

Posting Komentar untuk "Berikut Ini 5 Langkah Menguangkan Karya NFT"