Bagaimana Membuat Iklan Yang Menguntungkan
Bagaimana Membuat Iklan Yang Menguntungkan - Setiap pengusaha ingin memperoleh keuntungan yang bertambah….. Namun pada kenyataannya, sebagian besar orang secara beruntung menemukan sesuatu yang membuat mereka menjadi kaya raya!
Dan sepertinya, salah satu cara termudah untuk
mencapai impian untuk menjadi kaya adalah dengan cara pemesanan secara online, lewat
pos (mail order) atau dalam lingkup usaha profesional biasa disebut dengan
penjualan langsung lewat pos (direct mail selling)….
Masalahnya, hampir semua orang tidak
memberikan pemikiran / gambaran yang nyata tentang elemen dari penjualan online
— penulisan iklan yang menguntungkan. Apabila anda ingin agar usaha online yang
anda miliki berhasil, maka anda harus meningkatkan kepiawaian anda dalam
menulis iklan di media yang tepat, baik itu media sosial atau media elektronik
lainnya, yang akan menjual produk atau jasa anda!
Jadi, apa yang membuat sebuah iklan itu baik
atau tidak? Bagaimana Membuat Iklan Yang Menguntungkan?
Pertama, iklan
harus menarik perhatian pembaca dimana iklan tersebut juga harus benar-benar
mengungkapkan apa yang ingin anda sampaikan. Kedua, iklan harus dapat
mengungkapkan semua maksud anda dengan kata-kata seminimal mungkin untuk
menghemat biaya operasional anda. Dan ketiga, iklan harus membuahkan
hasil; entah itu permintaan atau penjualan.
Tujuan utama anda adalah untuk menarik
perhatian pembaca. Anda harus membayangkan seolah-olah pembaca sedang
menelusuri halaman tempat iklan anda berada dimana terdapat dua atau tiga ratus
iklan yang lain.
Oleh sebab itu harus ada sesuatu pada iklan
anda yang akan membuat pembaca tersebut berhenti menelusuri halaman dan
memperhatikan iklan anda!
Itulah sebabnya mengapa kata-kata pertama atau
kedua dalam iklan anda sangat penting dan pantas untuk mendapat perhatian penuh
dari anda. Sebagian besar survei memperlihatkan bahwa kata-kata atau sebagai
berikut:
·
DAPATKAN PENGHASILAN BESAR.
·
Gampang & Mudah. Dijamin!
·
Penawaran Terbatas. Kirim $1.00
Berikut adalah elemen dari iklan yang bermutu
:
·
Perhatian
·
Daya Tarik
·
Keinginan
·
Tindakan…
Tanpa keempat elemen tersebut yang
terintegrasi secara baik dalam iklan anda, maka iklan ada hanya akan
“terpampang di situ” saja tanpa ada hasil selain hanya akan memakan biaya. Apa
yang kami perlihatkan pada anda hanyalah iklan yang paling dasar.
Walaupun iklan semacam itu dapat dipampang di
surat kabar atau media terkemuka dan akan memperoleh tanggapan yang bagus,
iklan tersebut dikenal sebagai “iklan buta” dan akan menyedot permintaan serta
tanggapan dari keseluruhan lingkup orang-orang yang membaca surat kabar yang
memuat iklan anda.
Dalam kata lain, mendapat permintaan dan
tanggapan dari para “pembaca yang hanya sekedar menghabiskan waktu” dan bukan
dari pembeli yang berkelas.
Mari kita coba membuat satu contoh iklan yang
mungkin ingin anda gunakan, katakanlah untuk menjual sebuah laporan, sebagai
berikut…….Dengan menggunakan semua peraturan dasar dari penulisan iklan serta
dengan tepat menggambarkan produk yang kita miliki, maka iklan tersebut adalah
sebagai berikut:
·
RAHASIA MENGHASILKAN UANG!
·
Bagaimana menulis iklan yang menarik
perhatian.
·
Sederhana & mudah dipelajari –
berikan tanggapan dua atau tiga kali.
·
Segera kirim $1
·
ABC Sales, 10 Main, Anytown, TX
75001.
Intinya adalah
1)
Anda harus menarik perhatian
pembaca…
2)
Anda harus “merangsang si pembaca
lebih jauh lagi” dengan sesuatu (ungkapan menarik) yang membuat si pembaca
tersebut “menginginkan” produk atau jasa anda…
3)
Menuntut si pembaca segera
bertindak
Tidak ada gunanya untuk bertindak licik atau
menjadi lebih pintar; hanya lakukan hal-hal mendasar tersebut dan dengan
sendirinya keuntungan anda akan meningkat. Salah satu cara terbaik dalam
mempelajari bagaimana membuat iklan yang baik adalah dengan mempelajari
iklan–secara tepat mencoba mencari tahu apa yang ditawarkan melalui iklan
tersebut.
Lalu praktik untuk menulis kembali iklan
tersebut sesuai dengan dasar-dasar yang telah kami kemukakan kepada anda.
Ketika anda duduk untuk menulis sebuah iklan, ingat untuk selalu menuliskan
semuanya—kemudian kembali dari awal, buang kata-kata yang tidak perlu, dan
sempurnakan ungkapan anda.
Elemen terakhir dari iklan anda adalah tentu
saja nama dan alamat anda dimana si pembaca akan memberikan tanggapan, ke mana
ia harus mengirim uangnya atau untuk mengetahui informasi lebih lanjut.
Secara umum, para pembaca lebih sering
memberikan tanggapan kepada iklan yang mencantumkan nama di dalamnya daripada
iklan yang hanya sekedar mencantumkan inisial saja atau jumlah kata, atau ruang
yang anda pakai untuk iklan anda, pemakaian beberapa nama dalam iklan akan
menyebabkan iklan tersebut mahal.
Apabila kita meminta kepada para responden
iklan kita untuk menulis surat atau mengirim uang mereka ke Asosiasi Riset
Penulis & Penerbit (The Research Writers & Publishers Association),
atau biaya iklan kita akan menjadi terlalu tinggi. Oleh sebab itu kita
persingkat nama kita menjadi Periset (Researchers) atau Penghasil Uang
(Money-Maker). Intinya adalah berpikir relatif terhadap penempatan biaya iklan
anda serta mempersingkat nama-nama yang terlalu panjang.
Hal sama berlaku juga ketika anda harus
menuliskan nomor PO Box anda. Persingkat dengan hanya menuliskan Box 40, atau
untuk pengiriman ke daerah pinggiran kota, tulis saja RR1
Yang terpenting adalah mengerti aturan-aturan
dari penulisan iklan yang menguntungkan, dan mengikutinya. Kendalikan biaya
iklan anda.
Sekarang anda sudah tahu aturan-aturan dasar Bagaimana
Membuat Iklan Yang Menguntungkan ….. selanjutnya terserah anda. Semoga
sukses...... (bisnisan.id)
Posting Komentar untuk "Bagaimana Membuat Iklan Yang Menguntungkan"