7 Strategi Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha
7 Strategi Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha - Persaingan pasar yang ketat, dan munculnya para pebisnis baru baik dari Indonesia maupun luar negeri di berbagai penjuru negeri, membuat sebagian besar pengusaha di Indonesia harus siap bersaing dengan pelaku usaha lainnya guna mempertahankan eksistensi kerajaan bisnisnya.
Karenanya, untuk membantu para pemula maupun
para pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya, berikut ini kami
informasikan 7 strategi bisnis yang wajib dimiliki entrepreneur atau pengusaha
terutama bagi yang baru menerjuni dunia bisnis sebelum akhirnya mereka terjun
di tengah ketatnya persaingan pasar.
1. Berani berpikir kreatif dan segera mulai melangkah
Modal utama yang perlu dimiliki seorang
entrepreneur sukses adalah berani berpikir kreatif dan mewujudkan ide-ide gila
yang telah mereka ciptakan. Modal kreatif saja ternyata tidaklah cukup. Sebagai
seorang pengusaha, tentunya Anda dituntut untuk segera mulai melangkah dan
menemukan cara paling efektif untuk segera mewujudkan mimpi-mimpi besar yang
telah dicita-citakannya.
2. Mulailah dari lingkungan Anda
Tak jarang para pemula bersikap terlalu
berlebihan dalam mencari sebuah ide bisnis. Mereka sering menginginkan bisnis
yang bonafide, menghasilkan banyak keuntungan, namun tidak membutuhkan modal
besar.
Padahal, untuk menciptakan peluang bisnis yang
potensial Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita.
Contohnya saja seperti ide sang pengusaha sukses dari Grobogan yakni Rustono,
yang sekarang ini berhasil menjadi juragan tempe di negara maju seperti Jepang.
3. Tetapkan biaya produksi yang proposional
Sebagai seorang pelaku usaha, tentunya Anda
harus lebih jeli dalam menganggarkan biaya pengeluaran dan menyiapkan strategi
pemasaran jitu untuk bisa mendatangkan penghasilan yang maksimal. Sebisa
mungkin tekan biaya produksi agar harga jual yang Anda tawarkan kepada konsumen
bisa terjangkau, dan keuntungan yang didapatkan semakin hari kian
berlipat-lipat.
Strategi inilah yang berhasil mengantarkan
kesuksesan Waroeng Steak and Shake, karena dengan tagline “Bukan Steak Biasa”,
sang pengusaha berusaha menawarkan menu kuliner serba steak dengan harga jual
yang bersahabat dengan kantong konsumen yang rata-rata adalah para mahasiswa,
pelajar, dan masyarakat menengah ke
bawah.
4. Manfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih
luas
Perkembangan teknologi dan informasi di era
serba digital seperti sekarang ini, tentunya bisa Anda manfaatkan dengan baik
untuk menjangkau peluang pasar yang lebih luas. Bila sebelumnya Anda belum
menjamah pasar online untuk memasarkan produk Anda, maka tidak ada salahnya
bila mulai sekarang Anda mengoptimalkan penggunaan situs jejaring sosial
seperti facebook, twitter, blog, website, dan lain sebagainya untuk mengurangi
besarnya biaya iklan offline yang semakin tinggi serta menjangkau calon
konsumen di berbagai belahan dunia.
5. Terus kembangkan brand Anda
Tak bisa kita pungkiri bila kekuatan sebuah
brand masih sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha. Oleh karena itu,
terus hidupkan
brand bisnis Anda dan jagalah reputasinya agar semakin dikenal banyak orang
dan disukai para pelanggan.
Untuk menjalankan strategi tersebut, Anda bisa
melengkapi profil perusahaan Anda dengan sejarah singkat mengenai pendirian
usaha maupun kisah dibalik pembuatan produk unggulan yang menjadi brand utama
bisnis Anda.
6. Tumbuhkan bakat berwirausaha
Setiap orang bisa menjadi pengusaha sukses
apabila mereka mau dan mampu menumbuhkan bakat wirausaha yang ada dalam diri
mereka. Berbekal niat, semangat, dan tekad yang cukup kuat, setiap orang bisa
mendapatkan ilmu dan ketrampilan khusus tentang wirausaha melalui buku-buku
atau majalah bisnis yang beredar di pasaran, mengakses informasi dari media
internet, maupun bergaul dengan para pengusaha sukses yang bisa memotivasi diri
Anda untuk terus maju dan merintis sebuah usaha.
7. Siap menghadapi berbagai risiko
Ketika menjalankan sebuah usaha, hadirnya
sebuah hambatan, tantangan, maupun berbagai kendala yang muncul di tengah
perjalanan usaha, menjadi salah satu risiko yang harus dihadapi para pelakunya.
Karenanya, untuk menghadapi risiko tersebut, pastikan bahwa semua perencanaan
bisnis Anda sudah dipersiapkan dengan matang agar munculnya sebuah risiko bisa
diminimalisir sekecil mungkin.
Demikianlah 7 strategi bisnis yang wajib
dimiliki pengusaha yang bisa Anda pertimbangkan dalam mengelola bisnis Anda.
Semoga bisnis Anda semakin berkembang dan sukses (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "7 Strategi Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha"