Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Hemat Belanja Perabotan Rumah tangga

Daftar Isi [Tampil]

 5 Cara Hemat Belanja Perabotan Rumah tangga



Saat membeli/mendiami rumah baru, anggaran selanjutnya biasanya akan dialokasikan untuk membeli berbagai perabotan rumah tangga. Berdasarkan Survei dari lifepal bahkan menyatakan bahwa harga perabotan rumah tangga, bisa lebih 30 % daripada harga rumah itu sendiri. Tentunya bagi golongan yang belum terlalu kuat financialnya pasti kesulitan dengan hal seperti ini.


Lalu apakah ada sebuah solusi untuk memenuhi kebutuhan perabot rumah tangga tanpa menggangu keuangan secara keseluruhan ? Tentunya pasti ada dong, yuk simak halaman ini ?


Dana harus disiapkan jauh-jauh hari


Ada banyak perabotan yang harus disediakan untuk rumah tangga ideal seperti kamar tidur, televisi, kulkas, mesin cuci dan lain sebagainya. Tentunya jika ditotal dana yang diperlukan bisa mencapai ratusan juta. Jika memiliki dana terbatas diperlukan sebuah rencana. Mengumpulkan dana jauh-jauh hari sebelumnya.


Anda juga tidak harus membeli barang secara sekaligus. Belilah perabotan secara bertahap disesuaikan dengan uang yang dimiliki. Agar mendapatkan gambaran, cari tahu estimasi harga perabotan yang di incar, agar nantinya bisa lebih matang saat mengumpulkan dana pembelian.


Beli perabotan penting terlebih dahulu


Untuk menghemat pengeluaran belilah barang-barang penting terlebih dahulu. Benda-benda yang biasanya ada di dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan ruang makan, harus diprioritaskan karena memiliki level urgensi yang tinggi. Perabotan rumah tangga prioritas juga harus bisa digunakan dalam jangka panjang.


Benda-benda seperti kursi, meja, piring, lemari hingga kasur, adalah contoh perabotan primer yang bisa diutamakan saat menghuni rumah baru. Benda-benda lain seperti tv, AC dan kulkas bisa ditambahkan di kemudian hari, bila kondisi keuangan Sudah bagus 


Pakai strategi update


Tentunya setiap orang memiliki kemampuan finansial dan beban yang berbeda pula, hal ini bisa jadi pertimbangan dalam membeli perabotan rumah tangga. Untuk keluarga yang berasal dari golongan menengah ke bawah, harus lebih berhemat. Kemampuan ekonomi yang terbatas, memang membuat pilihan serba terbatas.


Anda bisa membeli perabotan rumah tangga secara perlahan. Contohnya membeli alat-alat elektronik, yang secara harga kebanyakan lebih menguras kantong daripada kebutuhan lainnya.


Jangan Gampang Tergoda


Jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran perabotan rumah tangga. Misalnya barang elektronik yang menawarkan kualitas no 1 dan hemat listrik. Kita jangan langsung membelinya, apalagi di iming-imingi dengan harga murah. Nanti, kalau sudah terlanjur terbeli namun cepat rusak tentu ini jadi kerugian.


Sebelum memutuskan membeli, biasakan melakukan cek dan ricek. Baik dari harga, kualitas dan garansi. Anda bisa meminta pendapat dari orang-orang terdekat untuk mendapatkan saran terbaik. Dengan melakukan hal sedemikian ini, penghematan uang bisa dilakukan secara maksimal.


Pertimbangan Beli Perabotan Bekas


Tak ada salahnya melirik perabotan bekas yang memiliki kelebihan harga yang lebih murah, biasanya barang-barang ini akan di diskon dengan potongan harga yang menggiurkan. Bila masih layak pakai dan sesuai kebutuhan anda, jangan pernah melewatkan kesempatan ini.


Peralatan seperti kursi, lemari, meja dan perabotan lain, walaupun bekas biasanya masih memiliki ketahanan yang lama. Selain itu juga akan menghemat pengeluaran.


Posting Komentar untuk "5 Cara Hemat Belanja Perabotan Rumah tangga"