Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatan Wirausaha (Level of Entreprenuer)

Daftar Isi [Tampil]

Tingkatan Wirausaha (Level of Entreprenuer) - Tulisan ini mengacu kepada cashflow kuadran yang telah dicetuskan Robert T Kiyosaki dalam buku Rich Dad Poor Dad.

Tingkatan Wirausaha (Level of Entreprenuer)

Semua orang bisa menyebut diri mereka sebagai seorang pengusaha. Tetapi siapa diantara orang-orang tersebut yang benar-benar pengusaha sejati (terjemahannya bisa macam-macam) di konteks tulisan ini berbicara tentang pengusaha yang sudah bebas financial dan sudah memiliki passive income.

 

Pendekatan tingkatan wirausaha (Level of Entreprenuer) ini mengacu kepada cashflow kuadran Robert T Kiyosaki

 

1. Level Nol “Pengangguran”

Di dalam bukunya, Robert T Kiyosaki tidak menjabarkan secara mendetail mengenai level ini.  Pengusaha dalam level ini memiliki risiko paling kecil dan juga manfaat yang lebih kecil.  Pengusaha pada level ini belum bisa menggaji dirinya sendiri, uang yang didapatkan hanya cukup mengakomodir kebutuhan-kebutuhan standar (pulsa, biaya makan, dan transport).

Untuk keluar dari level ini, pengusaha harus bisa memaksimalkan omzet dengan membuat selling point yang kuat pada produknya. Selling point yang dimaksud bisa keunikan yang lazim disebut USP (Unique Selling Preposition).

 

2. Level 1 – Pekerja (Risiko Kecil)

Pengusaha yang ada pada level ini sudah mempunyai uang yang  cukup untuk menggaji dirinya sendiri, Anda yang ada di level ini selayaknya seorang pekerja juga harus bertanggung jawab kepada atasannya. Tanggung jawab pengusaha pada level ini ditujukan kepada dirinya sendiri.

Untuk bisa naik ke level berikutnya, Anda yang ada di level ini harus punya visi yang besar dengan bisnis Anda. Karena terkadang kesuksesan pengusaha didasarkan kepada visi yang berbeda, walaupun bisa jadi risiko dan manfaatnya sebanding dengan yang lain.

 

3. Level 2 – Pebisnis Kecil  (Self Employee)

Pada level ini, ciri-ciri pengusaha sejati sudah muncul. Pengusaha pada level ini mempunyai visi yang kuat, tidak mau diatur,  tidak mudah puas diri dan seorang “High Achiever”.  Pengusaha pada level ini berani mengambil dan menanggung risiko pada dirinya sendiri.

 

4. Level 3 – Pengusaha (Pemilik Bisnis)

Pengusaha pada level ini mempunyai jiwa penantang yang kuat, sehingga Ia ingin benar-benar menjadi pemimpin dalam sebuah sistem. Pengusaha di level ini punya kemampuan manajemen yang sudah matang, kemampuan tersebut terasah bertahun-tahun dari pengalaman bisnis di level –level sebelumnya.

 

5. Level 4 – Investor (Pebisnis yang Spekuatif)

Pengusaha di level ini sedikit berbeda dari pengusaha di level-level sebelumnya. Pengusaha di level ini berpikir untuk kapitalisasi bisnis yang lebih besar.  Di level ini, ada faktor kalkulasi yang spekulatif serta intuisi yang tajam, visioner serta peka terhadap tren yang terjadi.

Pengusaha di level ini sudah mempunyai pemikiran yang matang, mengerti konsep bisnis yang sukses dan mempunyai intuisi yang teruji.  Pengusaha di level ini  berfokus menemukan bisnis yang punya peluang besar dan menginkubasinya. Pengusaha di fase ini biasanya sudah dipercaya dalam mengelola uang dalam jumlah besar.

 

Demikianlah ulasan kami mengenai tingkatan wirausaha (Level of Entreprenuer). Ada di manakah Anda? Saya yakin Anda akan mencapai level 4 suatu saat nanti bila Anda rajin belajar dan mulai membangun bisnis dengan cermat. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Tingkatan Wirausaha (Level of Entreprenuer)"