Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tanaman Porang dan Potensi Usahanya

Daftar Isi [Tampil]

 Mengenal Tanaman Porang dan Potensi Usahanya



Siapa sangka bahwa tanaman yang dulunya terdengar asing ini menjadi komoditi agribisnis yang diburu pasar. Porang sejatinya tanaman pinggiran yang jarang dilirik. Namun setelah adanya penelitian bahwa tanaman ini memiliki khasiat kesehatan, ini membuat masyarakat ramai membudidayakannya bahan sampai di ekspor ke luar negeri.


Bila dinilai secara sepintas, mungkin kita akan menilai bahwa tanaman ini tidak berguna karena memiliki bau yang menyengat. Hal ini terjadi karena tanaman porang masih bersahabat dengan bunga bangkai. 


Nasib tanaman porang kini berubah 360 derajat, karena penelitian membuktikan bahwa tanaman ini mempunyai Karbohidrat, mineral, vitamin dan protein yang tinggi. Porang diklaim mampu menyembuhkan penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan diabetes.


Khasiat porang untuk penderita sakit jantung


Untuk penderita jantung, mereka bisa memperlancar sirkulasi darah, menstabilkan ritme jantung, dan membasmi penumpukan kolesterol dengan tanaman Porang ini. Kolesterol jahat yang menyumbat menjadi penyebab utama dari sakit jantung dan tanaman porang ini membantu pemulihannya.


Tanaman Porang untuk penderita diabetes


Zat yang paling dicari dari tanaman Porang ini adalah glukomanan. Zat ini dibutuhkan oleh penderita diabetes karena berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam saluran darah. Pirang ini bisa dijadikan makanan tambahan ataupun dicampur dengan bahan lain. Yang penting dikonsumsi setiap hari.


Pencegahan kanker usus


Porang merupakan tanaman berserat tinggi yang direkomendasikan untuk merawat usus. Serat tinggi pada Porang membantu kinerja pencernaan dalam menyerap sari-sari makanan. Rajin konsumsi Porang bantu seseorang dari resiko kanker usus.


Mempercepat penyembuhan luka


Bagi anda yang mempunyai luka luar, maka anda bisa konsumsi porang sebagai Obat. Pasalnya tanaman ini mengandung zat anti inflamasi yang bekerja meredakan peradangan seperti bengkak, kulit memerah, melepuh, tergores dan sejenisnya. Zat glukomanan Porang juga memperbaiki sistem imun tubuh dalam menghalau berbagai infeksi karena luka.


Sejarah budidaya porang


Pirang sebenarnya sudah dimanfaatkan dan di budidayakan namun memang belum seterkenal seperti sekarang. Jepang adalah negara yang pertamakali membudidayakan tanaman porang sebagai alternatif makanan pokok dan bahan tambahan industri. Porang kemudian disebarkan ke negara asia lain seperti Hongkong, Taiwan, Korea dan Singapura. Semenjak itu, porang pun semakin diteliti dan ditemukan hasil yang mengejutkan, kandungan glukomanan yang terkandung dalam porang sangatlah tinggi.


Pemeliharaan tanaman Porang sebenarnya gampang, apalagi dengan iklim Indonesia yang tropis, ini cocok untuk pembudidayaannya. Anda bisa menanam tanaman Porang diperkebunan, berdampingan dengan pohon jati, mahoni dan bambu. Tanaman ini juga sering tumbuh liar di area hutan lebat dan ekosistem sungai. Untuk media tanahnya usahkan ditempat pada dataran berkontur Kering, agar akar Porang lebih terikat.


Untuk harga perkilonya Porang bisa dijual antara 50.000 - 75.000 perkilonya. Untuk harga bibit berada dikisaran 25.000 saja. Bagaimana ada tertarik menggeluti usaha ini ?

Posting Komentar untuk "Mengenal Tanaman Porang dan Potensi Usahanya"