Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Budidaya Jangkrik Pada Masa Pandemi Ini

Daftar Isi [Tampil]

 Langkah-Langkah Budidaya Jangkrik Pada Masa Pandemi Ini




Usaha jangkrik mengalami ujian di masa Pandemi ini karena terancam dengan turunnya harga beli masyarakat yang bisa mengakibatkan resiko terburuk kebangkrutan. Para pelaku usaha harus memeras otak agar usaha budidaya jangkrik tetap berjalan. 

Strategi modal, promosi, penetapan harga hingga ekspansi ke marketplace harus dipikirkan secara seksama. Namun jangan bingung dan khawatir karena kami akan memberikan tips kiat langkah-langkah beternak jangkrik di era pandemi:


Disiplin Merawat Jangkrik

Pondasi awal harus dipantenkan pembudidaya adalah memikirkan metode perawatan jangkrik. Jangkrik harus sehat, berilah makanan-makanan bergizi. Karena mereka herbivora berikanlah daun-daunan hijau nan segar seperti daun pisang dan daun pepaya. Lakukan langkah ini secara disiplin, agar ketika panen bisa memuaskan calon pembeli.

Sebenarnya permintaan jangkrik ini relatif stabil utamanya untuk keperluan pakan burung hias dan bahan kosmetik. Jangkrik di klaim memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat baik untuk pakan hewan atau kecantikan.


Atur Jadwal makan jangkrik

Ada banyak jenis jangkrik yang bisa dibudidayakan seperti jangkrik kalung, madu, tropis, cendawang, dan alam. Umumnya jangkrik ideal diberikan makan 2 kali seharian antara pagi sampai sore hari. Bagi yang masih awam, ada lebih baiknya mengetahui berbagai jenis jangkrik terlebih dahulu, agar tahu lebih dan kurang dari setiap jenisnya. Langkah ini juga akan meminimalisir kerugian saat merealisasikan budidaya jangkrik.


Berikan Variasi Makanan jangkrik

Beruntunglah bagi anda yang menggeluti usaha jangkrik, karena hewan ini tidak perlu perawatan aneh-aneh. Jangkrik dikenal sebagai hewan pemakan segala, utamanya memakan Berbagai jenis dedaunan. Hal ini tentu membantu peternak dalam menghemat biaya.

Namun akan lebih baik bila jangkrik diberikan makan bervariasi. Misal pagi di beri makan daun pisang lalu sore di beri makan daun pepaya. Hal ini dilakukan agar nafsu makan jangkrik terjaga dan lebih optimal dalam pertumbuhannya.


Ukuran kandang jangkrik ideal

Selain dari sisi makanan, usaha jangkrik juga lebih ekonomis dari sisi kandang. Tempat hidup jangkrik tidaklah sebesar kadang ayam ataupun kandang sapi. Idealnya ukuran kandang jangkrik adalah 60 × 60 Cm. Anda bisa membuatnya dengan kerangka kayu Reng dan dilapisi dengan triplek.

Dengan kandang seperti ini, sudah bisa didiami maksimal 4000 ekor jangkrik. Nah bagaimana apakah anda tertarik menggeluti usaha ini ? Ekonomis bukan ?


Target pasar

Memiliki target pasar untuk penjualan jangkrik harus direncanakan dari awal. Pastikan di dekat lokasi anda, memang ada peminatnya. Biasanya jangkrik alam akan lebih disukai penghobi burung karena mudah dimakan oleh peliharaannya. Sementara jangkrik kalung yang ukurannya lebih besar sangatlah diburu pecinta reptil, sebagai makan supplement peliharaannya 





Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Budidaya Jangkrik Pada Masa Pandemi Ini"