Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Danu Sofwan: Dari Pedagang Keliling Sukses Jadi Juragan Cendol Jutawan

Daftar Isi [Tampil]

 Kisah Danu Sofwan: Dari Pedagang Keliling Sukses Jadi Juragan Cendol Jutawan


Khasanah kuliner masakan Nusantara memang tak ada habisnya untuk dibahas. Khususnya dalam hal dessert. Kita semua tahu, sekarang ini banyak sekali minuman-minuman dari luar negeri mengekspansi pusat-pusat kuliner Indonesia contohnya Thai tea, Boba, Kopi dan lain sebagainya. Namun hal ini tidak menjadi alasan untuk kuliner Indonesia jadi raja di negeri sendiri salah satunya es cendol.


Bahkan menurut Survei dari CNN Travel menyatakan bahwa cendol merupakan hidangan dessert terlezat No 9 Dunia. Menjadi sebuah kebanggaan dan menginspirasi salah satu pengusaha cendol tersukses Indonesia yaitu Danu Sofwan. Beliau adalah CEO dari Raja Cendol yang menjadikan cendol sebagai produk andalannya.


Ingin Mengembangkan Kuliner Indonesia


Bagi Danu Sofwan, sebagai seorang anak bangsa ia harus mencintai budaya termasuk kuliner Indonesia. Melalui usaha cendol, harapannya agar masyarakat lebih bangga menggunakan hasil dalam negeri dibandingkan produk asing.



Memang ia harus menghadapi tantangan untuk mencoba melawan arus, di saat banyak entrepreneur tertarik menekuni usaha minuman asing, namun dirinya memilih cendol yang sering mendapat stigma sebagai hidangan kampung.


Danu Sofwan menawarkan cendolnya dengan kerja keras, bahkan sampai dikira orang gila karena senang berteriak agar mendapatkan pelanggan. Namun hal tersebut terbayar lunas. Kina ia dikenal sebagai Raja Cendol, di seluruh Indonesia ia memiliki 800 Gerai Outlet bahkan sampai ke luar negeri.


Melawan Gengsi


Danu Sofwan memulai usahanya saat kondisi keluarganya sedang bangkrut. Ia berusaha untuk mandiri dan melihat bahwa cendol memiliki peluang untuk dikembangkan setelah melihat penjual es cendol keliling yang selalu ramai pembeli. Ia kemudian melanjutkan perjalanan dari pula jawa dan Sumatra, untuk mencari tahu lebih dekat tentang persebaran usaha cendol.


Keluarganya Danu Sofwan bisa dibilang keluarga berada, namun ia memilih untuk mandiri. Berbekal uang ratusan ribu, ia mulai bisnis cendolnya dengan 1 Unit gerobak. Ia berjualan keliling. Salah satu ide yang membuat usaha cendolnya dilirik banyak orang adalah inovasinya. Biasanya cendol di campur dengan santan, namun agar menambah gizi ia menggantinya dengan susu. Agar lebih modern Danu Sofwan juga berani berekspresi mencampurkan Berbagai komposisi seperti coklat, Duren, Keju dan boba kedalam produk cendolnya.


Danu Sofwan masih ingat bagaimana dari modal ratusan ribu bisa berkembangnya dan akhirnya ia bisa memiliki outlet pertamanya dengan modal 5 Juta Rupiah Saja. 


Nah bagaimana apakah sahabat terlecut semangatnya setelah membaca kisah inspiratif Danu Sofwan selaku CEO Raja Cendol. Bagaimana ia memulai usahanya Hanya modal 300 Ribu kini bisa mencapai jutawan dan memiliki banyak outlet. Semoga sahabat bisa meniru jejaknya dan mengambil hikmah positif dari artikel ini.





Posting Komentar untuk "Kisah Danu Sofwan: Dari Pedagang Keliling Sukses Jadi Juragan Cendol Jutawan"