Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Hal-hal Ini Sebelum Memilih Instrumen Investasi

Daftar Isi [Tampil]

 Ketahui Hal-hal Ini Sebelum Memilih Instrumen Investasi


Pengertian Investasi Dalam Kamus besar KBBI adalah penanaman modal atau uang dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Orang yang melakukan investasi disebut investor. Memperoleh profit adalah sesuatu tujuan kenapa kegiatan investasi dilakukan.


Baik berinvestasi properti, emas, saham, ataupun obligasi. Semua memiliki prospek dan resikonya masing-masing. 


Bagi calon investor sebaiknya mengetahui lebih dulu tentang cara memilih instrumen yang baik di bawah ini:


Jangan takut investasi


Berinvestasi tidak hanya bisa dilakukan oleh orang kaya, namun orang-orang dari golongan ekonomi menengah ke bawah pun bisa. Asalkan seseorang punya penghasilan tetap dan punya dana cadangan. 


Ada beberapa instrumen investasi yang hanya memerlukan modal 100.000 ribu rupiah saja. Seperti investasi saham, crypto, emas dan Reksadana.


Pilihlah Instrumen yang tahan inflasi


Salah satu kelemahan uang kertas adalah nilainya akan tergerus dari tahun ke tahun.  Hal ini bisa kita amati dari harga mie instan. Di awal tahun 2000an, bisa dibeli dengan harga 500 perak tapi sekarang harganya naik menjadi 2000 rupiah.


Investasi bisa menjadi solusi mempertahankan nilai aset. Salah satu yang direkomendasikan adalah instrumen saham dan Reksadana, yang memiliki vitalitas tinggi, dalam melawan inflasi.


Diversifikasi produk investasi


Salah satu tips investasi adalah diverifikasi. Atau dalam bahasa mudahnya adalah jangan menaruh telur dalam satu ranjang. Jangan menaruh modal dalam 1 instrumen investasi. Modal harus disebarkan, dalam banyak instumen. Tujuannya adalah menekan resiko kerugian bila nilai aset jatuh dan memperbesar peluang untung.


Calon investor harus belajar mengenai karakter dan resiko instrumen investasi.


Jangan Fomo


Fomo adalah istilah orang yang investasi karena ikut-ikutan orang lain tanpa didasari pengetahuan dan analisa terhadap instrumen. Investasi memang menjadi bahasa menarik saat kumpul keluarga dan bahkan banyak influencer investasi yang bermunculan. Namun Pengetahuan matang tetap diperlukan oleh investor. Mencakup jenis produk investasi, karakteristik instrumen investasi, tujuan investasi dan sebagainya. 


Pahami Resiko Investasi


Investasi tetaplah sebuah aktivitas ekonomi yang memiliki resiko kerugian. Tidak selamanya investasi akan melipatgandakan keuntungan. Maka dari itu jangan ikut-ikutan, jangan terburu-buru. Berinvestasilah dengan aman. Memakai dana cadangan, sangatlah direkomendasikan, untuk menghindari resiko terburuk harga sebuah aset turun drastis.


Akan lebih baik lagi bila, investor memproteksi keuangan mereka dengan mendaftar asuransi.




Posting Komentar untuk "Ketahui Hal-hal Ini Sebelum Memilih Instrumen Investasi"