Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Daftar Isi [Tampil]

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing - Keterbatasan dana selalu menjadi salah satu penghambat untuk menjalankan sebuah bisnis. Namun, pasti ada solusi di setiap permasalahan yang di alami.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Selain Keterbatasan modal, tingginya tingkat persaingan dalam bisnis juga menjadi salah satu masalah klasik dalam sebuah usaha. Jika sobat baru akan memulai, pastinya harus lebih jeli melihat peluang usaha yang memiliki potensi maksimal untuk dijalankan.

Ketika sobat baru berkunjung ke halaman ini, sobat mungkin telah mencari informasi bahkan sudah mempraktikkan beberapa jenis usaha berdasarkan informasi hasil googling ke sana kemari. Namun tidak ada salahnya untuk membaca tulisan ini sampai selesai. Siapa tahu ada informasi yang belum sobat dapatkan di tempat mana pun.

Jadi, kami berharap sobat bisa mendapatkan inspirasi yang tepat setelah membaca postingan ini. Karena yang disampaikan di artikel ini hanya sebagai pembuka wawasan saja, meskipun bisa juga untuk langsung di praktikkan, jika memang sesuai dengan minat dan bakat sobat.

 

Beberapa Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Ada banyak jenis usaha modal kecil yang tersebar di internet, namun karena informasi tersebut tersebar luas, telah banyak pula yang mempraktikkannya, dan hasilnya tingkat persaingan yang menjadikan hal tersebut sulit dipilih.

Sebagian bisnis yang memiliki persaingan kecil, kebanyakan harus dimulai dengan modal yang cukup besar dan target pemasaran yang memang sulit. Nah, untuk mengentaskan masalah tersebut, kali ini bisnisan.net akan berbagi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Silakan simak beberapa ide usaha di bawah ini.

 

Usaha Rumahan Pengelolaan Sampah

Sampah adalah salah satu hal yang sangat merusak lingkungan, di perkotaan sampah ini mungkin memang telah dikelola oleh pemerintah atau perusahaan, namun apakah hal tersebut benar-benar dikelola untuk di daur ulang atau hanya memindahkan tempatnya saja?

Faktanya di perkotaan masih sering terjadi banjir, dan menampilkan hasil karya orang - orang yang tidak peduli akan lingkungan, yaitu sampah yang bertumpukan terbawa arus air. Artinya hal ini bisa menjadi potensi bisnis besar untuk dijalankan.

 

Ide-ide Usaha dari Sampah

Berikut ini adalah ide usaha dari pengelolaan sampah:

 

Mengelola Sampah di Pedesaan

Meskipun pemerintah menerapkan program peduli lingkungan, pengelolaan sampah baik di kota maupun di desa, ternyata hal tersebut tidak pernah berjalan efektif.

Ini bisa sobat ambil sebagai peluang usaha yang bisa dijalankan terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Ada banyak produk baru yang bisa dihasilkan dari setumpuk sampah jika kita mau mengkreasikannya.

Sobat bisa memulai dari lingkungan rumah sobat sendiri, cobalah mulai dari skala RT terlebih dahulu, silakan sobat bicarakan dan bekerja sama dengan instansi desa terkait seperti ketua RT atau RW, untuk mulai menjalankan usaha pengelolaan sampah.

Contoh pengaplikasian:

Sobat kerja sama dengan ketua RT atau RW agar untuk pengajuan lahan kepada pemerintah setempat agar mendapatkan lokasi yang bisa digunakan sebagai tempat pembuangan sampah pusat di sekitar lingkungan sobat.

Kemudian sobat buat rincian program bersama ketua RT atau RW dan informasikan kepada warga. Misal sobat membuat program pengambilan sampah setiap sore ke semua rumah warga dengan menetapkan tarif Rp. 500 rupiah/rumah per hari. yang nantinya bisa dibagi untuk kas RT/RW sebagian (optional)

Jika di kampung sobat terdapat 200 rumah saja, kita sudah bisa mendapatkan 100ribu per hari. itu hanya dari pengambilan saja. Untuk memaksimalkannya, ikuti poin berikutnya di bawah ini.

 

Daur Ulang sampah

Usaha daur ulang sampah bisa dilakukan di desa maupun di kota. yang terpenting adalah kreativitas kita dalam menghasilkan produk baru dari sampah ini.

 

Daur ulang sampah Organik

Dari sampah organik kita bisa menghasilkan pupuk organik yang berkualitas, dengan modal yang kecil saja sobat bisa mendapatkan penghasilan dari hanya dari sampah.

 

Daur ulang sampah plastik

Sampah plastik bisa di daur ulang menjadi produk plastik baru, sekarang ini telah banyak di jual mesin untuk daur ulang plastik yang bisa sobat gunakan untuk memulai usaha ini, Jika belum ada modal untuk membelinya, sobat bisa mencoba poin yang sebelumnya terlebih dahulu untuk mendapatkan modal.

 

Aneka Kerajinan tangan

Jika sobat memiliki jiwa seni yang tinggi, silakan gunakan sumber daya gratis dari sampah ini menjadi sebuah karya seni yang sobat jadikan sebagai sumber penghasilan.

Contohnya:

·         Kerajinan Tangan dari plastik, Botol bekas, sedotan, dll

·         Buat Kerajinan tangan dari Kardus

·         Bikin Kerajinan tangan dari Stik Eskrim

·         Membuat kerajinan tangan dari kain flanel

·         dll

 

Perbarui sampah elektronik

Meskipun kebanyakan sampah adalah kemasan plastik dan sisa makanan, tapi juga selalu ada orang yang membuang barang elektroniknya karena sudah rusak, mati, atau bahkan hanya tidak digunakan lagi saja.

Jika sobat memiliki kemampuan dibidang service elektronik. Ini adalah peluang besar bagi usaha sobat dengan modal yang sangat kecil.

 

Bisnis Rumahan Kuliner Sehat

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah Bisnis Rumahan Kuliner Sehat. Usaha makanan memang sangat beragam jenisnya, dari mulai makanan pedas hingga aneka minuman segar, telah digeluti banyak orang dan bisa ditemukan dimana pun.

Tapi kuliner yang menyajikan makanan yang benar-benar menyehatkan, masih sangat jarang ditemukan. Cobalah buat sebuah usaha kuliner yang memberikan dampak positif bagi kesehatan, sehingga selain bisa menghasilkan uang, sobat juga bisa memberikan manfaat bagi orang banyak.

 

Pengetahuan dan keahlian utama yang dibutuhkan

Bidang Kesehatan

Yang pertama adalah bidang kesehatan, ini akan berkaitan dengan makanan yang cocok dan harus dihindari untuk penderita tertentu. Pengetahuan dibidang ini sangat penting agar bisa memberikan produk yang benar-benar tepat untuk pelanggan.

Bidang Nutrisi dan Gizi

Yang kedua adalah ahli dibidang Nutrisi dan Gizi yang nantinya akan berkaitan dengan kandungan positif dan negatif dari bahan-bahan yang akan digunakan. perubahan nutrisi ketika masih mentah dan ketika sudah dimasak tentunya akan memberikan dampak yang lain bagi kesehatan.

Keahlian memasak

Dan yang ketiga adalah keahlian memasak tentunya. Jika sobat tidak menguasai ketiganya, sobat bisa bekerja sama dengan orang lain agar proses bisnis berjalan dengan baik. Jangan memaksakan untuk melakukan usaha ini jika tidak memiliki tiga point penting tersebut.

 

Contoh Usaha Kuliner Kesehatan

Contoh Usaha kuliner kesehatan adalah sebagai berikut.

Kuliner untuk menjaga kesehatan

Jika mengetahui makanan apa saja yang baik untuk kesehatan tertentu, sobat bisa menyediakan pilihan menu khusus untuk pelanggan memilih berbagai jenis makanan dengan manfaat yang dihasilkannya.

Silakan buat informasi seputar makanan dan juga kesehatan yang dikemas dengan kreativitas sobat agar hal tersebut menjadi salah satu penarik perhatian para pengunjung atau pelanggan.

Misal sobat membuat beberapa menu seperti:

·         Menu makanan baik untuk menjaga kesehatan mata, jantung, ginjal, dll

·         Aneka Menu makanan untuk penderita Diabetes, Maag, dll

·         Menu makanan untuk membantu proses penyembuhan

·         dll

 

Usaha makanan sehat untuk Bayi

Tidak seperti orang dewasa, bayi memiliki sedikit pilihan makanan untuk dikonsumsi. selain susu biasanya bayi hanya akan mengonsumsi bubur, dan makanan lunak lainnya.

Seperti yang kita ketahui, makanan dalam kemasan untuk orang dewasa saja sangat tidak baik untuk kesehatan, lalu bagaimana dengan bayi?

Sementara bayi - bayi saat ini, kebanyakan mengonsumsi produk dalam kemasan bahkan ketika seorang ibu tidak memiliki asi yang cukup, seorang bayi terpaksa harus mengonsumsi produk susu dalam kemasan.

Oleh karena itu, jika sobat memiliki 3 poin penting yang telah disebutkan sebelumnya. Pasti sobat sudah bisa membaca, betapa besar peluang dalam bisnis ini.

Kita bisa membuat makanan untuk bayi yang menyehatkan dan disajikan secara dadakan, dengan modal yang kecil kita bisa memulai usaha rumahan dalam skala kecil terlebih dahulu, dengan menjual di lingkungan terdekat, atau mengembangkannya dengan metode pesan antar dengan bantuan aplikasi online.

 

Kuliner untuk anak kecil

Berbeda dengan bayi, anak kecil biasanya akan lebih aktif dan sangat ingin mencoba segala sesuatu, dan sebagian orang tua terkadang tidak bisa menahan keinginan mereka.

 

 

 

Jika sobat memiliki menu-menu makanan sehat yang menarik untuk anak kecil, Ini bisa menjadi hal positif untuk sobat bagikan di samping ladang bisnis yang menjadi penghasilan.

 

Bisnis Madu Alam asli

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing berikutnya adalah usaha madu asli. Sudah bukan rahasia lagi bahwa madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, namun tidak semua orang bisa mendapatkan madu asli tanpa campuran apa pun. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi sobat.

Dua cara yang pasti untuk mendapatkan madu asli adalah sebagai berikut.

Mengambil madu asli di hutan

Untuk yang memiliki modal kecil, hal yang paling memungkinkan adalah mencari langsung ke hutan untuk kemudian menjualnya. Madu yang benar-benar asli dari alam biasanya akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada madu dalam kemasan yang dijual di supermarket.

Peternakan Lebah madu

Selain itu sobat juga bisa memulai usaha peternakan yang menghasilkan madu. Sekarang ini sobat bisa melihat panduan untuk hal ini di youtube atau google, ada banyak cara modern yang memudahkan kita untuk menghasilkan madu asli tanpa harus selalu pergi ke hutan.

 

Itulah beberapa Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing versi bisnisan.id. ke depannya kita akan menambahkan ide lain di postingan ini, atau jika sobat memiliki pengalaman tersendiri yang bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam postingan ini, silakan memberitahukannya di komentar.

Posting Komentar untuk "Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing "