Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog / web

Daftar Isi [Tampil]

Apa itu SEO On Page dan Bagaimana Cara Optimalkan / Optimasi SEO On Page Yang Baik Dan Benar Pada Blog/web

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog / web


Pada artikel ini saya akan sedikit bercerita dan mengulas "SEO On Page". sesuai namanya On page artinya di dalam halaman dan jika digabungkan SEO On Page adalah pengoptimalan mesin pencari yang dilakukan di dalam halaman blog / web.

SEO On Page merupakan basic SEO yang perlu anda ketahui, jika anda seorang pemula dalam hal SEO, maka anda harus membaca artikel ini. karena hal ini merupakan langkah dasar SEO yang perlu diketahui.

Oke back to topic. sebenarnya SEO On Page dan SEO Off Page berbeda cara pengoptimalannya tetapi memiliki satu tujuan yang sama yakni menaikkan posisi suatu situs ke posisi teratas SERP.

Apa itu SERP ? SERP merupakan singkatan dari "search engine result page" jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya "halaman hasil mesin pencari". Perlu kita ketahui juga bahwa jika SEO On Page kita sudah bagus. maka artikel kita akan mudah terindeks google dan menempati posisi teratas, atau minimal page one.

Untuk mengoptimalkan SEO On Page nanti kita akan dihadapkan dengan title blog, title artikel, meta description, image alt, title tag. tampilan SEO Friendly.dll. Banyak ya... tapi jangan kuatir semuanya akan saya bahas di tulisan ini, satu per satu secara ringkas agar anda dapat memahami dengan jelas.

Berikut ini adalah Langkah / Cara Mengoptimalkan SEO On Page.

1. Title Blog
Apa itu title blog ? Title blog adalah judul blog misalnya seperti blog ini title blognya adalah "MWB Blog". Mengapa ini penting ? Karena selain judul artikel, title blog juga muncul di halaman mesin pencari. dalam melakukan optimasi pada title blog.

Anda harus menentukan artikel-artikel di blog anda mayoritas berisi apa. Misalnya berisi Bisnis, dan blogging maka gunakan title blog "Belajar Bisnis" atau dengan kata lainya yang serupa.

2. Title Artikel
Title artikel atau judul artikel merupakan hal yang penting dan perlu diperhatikan karena bagian inilah yang menentukan tampil atau tidaknya situs anda di mesin pencari dengan kata kunci yang dibidik.

Dalam membuat judul sebaiknya dikuti dengan keyword atau kata kunci yang dibidik misalnya Cara Meningkatkan Alexa maka anda bisa membuat judul Cara Mudah Meningkatkan Ranking Alexa.

3. Optimalkan Meta Description
Apa itu Meta description ? Meta deskripsi merupakan deskripsi yang menjelaskan isi artikel kita kepada mesin pencari. meta deskripsi adalah kalimat pada awal artikel. kurang lebih 168 karakter. berikut ini adalah bukti kalau meta description berjumlah 168 karakter




gambar tersebut saya ambil menggunakan opera mini dengan cara melihat html pada sebuah halaman artikel. Contoh Meta description misalnya kata tebal yang berada pada awal artikel ini.

4. Gunakan Keyword density
Keyword density merupakan kata kunci pendukung selain kata kunci utama. Keyword density tujuannya adalah untuk memasang keyword ke dua jika ada yang mencarinya.

Dalam menggunakan keyword density anda bisa meletakkannya di kalimat awal artikel (meta description) atau pada bagian isi artikel. Yang penting adalah keyword density harus tersusun rapi.

5. Minimalisir Outbound Link
Apa itu Outbound Link ? Ini adalah Link yang mengarah keluar blog kita.dan ini harus kita minimalkan caranya jika link itu harus ada maka kita dapat menggunakan meta rel=nofollow. hal ini bertujuan agar robot pencari tidak mengikuti link keluar. contoh : <a href="https://www.fb.com" rel="nofollow" target="_ blank">Outbound LINK</a>

6. Optimasi gambar
Optimasi gambar bertujuan agar posisi gambar dapat bersaing di halaman pencarian gambar. selengkapnya baca akan saya bahas tersendiri di artikel selanjutnya.


7. Loading Blog Ringan
Selain disukai pengunjung Loading blog yang ringan juga disukai mesin pencari, karena mesin pencari akan mudah dalam menjelajah blog kita. selain itu loading blog yang ringan juga bisa menurunkan bounce rate. semakin kecil angka bounce rate maka akan semakin bagus.


Cukup Sekian yang dapat saya sampaikan tentang Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog / web. apabila ada yang belum jelas silakan bertanya di komentar. sampai jumpa di artikel selanjutnya (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi SEO On Page Pada Blog / web"