Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih pengertian Dividen Per Share (DPS)

Daftar Isi [Tampil]

Apa sih pengertian Dividen Per Share (DPS) itu ? Dividen adalah suatu bentuk pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan baik dalam bentuk kas maupun saham kepada para pemegang saham suatu perusahaan sebagai proporsi dari jumlah saham yang dimiliki oleh pemilik. 

Apa sih pengertian Dividen Per Share (DPS)

Dividen Per Share (DPS) merupakan total semua dividen yang dibagikan pada tahun buku sebelumnya, baik dividen interndividen total atau dividen saham.

Pembayaran dividen diambil dari sebagian keuntungan yang diperoleh perusahaan dalam kegiatan operasinya. Sedangkan sebagian lagi akan diinvestasikan untuk hal yang lebih menguntungkan. Terdapat beberapa jenis dividen yang dapat dibayarkan kepada para pemegang saham.

Brigham dan Joel (2001;95) membagi jenis dividen menjadi lima, yaitu Cash DividendStock DividendProperty dividend, Scrip Dividend dan Liquidating dividend. Pemilihan jenis dividen tersebut tergantung pada posisi dan kemampuan perusahaan bersangkutan.

Pembayaran dividen tidak terlepas dari kebijakan dividen dalam suatu perusahaan yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan keputusan pendanaan perusahaanKebijakan dividen (Dividen Policy) merupakan keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan pada akhir tahun akan dibagi kepada pemegang saham dalam bentuk dividen atau akan ditahan untuk menambah modal guna pembiayaan investasi dimasa yang akan datang.

Rasio pembayaran dividen (Dividen Payout Ratio) menentukan jumlah laba dibagi dalam bentuk dividen kas dan laba yang ditahan sebagai sumber pendanaan. Hal tersebut mempengaruhi manajemen untuk melakukan manajemen laba apabila kebijakan dividen dalam menentukan berapa dividen yang akan dibagikan per lembar saham akan mempengaruhi laba akhir perusahaan.

Pembagian dividen yang akan mengurangi tingkat laba yang diinginkan perusahaan mempengaruhi manajemen untuk memanipulasi data laporan keuangan perusahaan sedemikian rupa agar laba setelah pembayaran dividen tetap sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Dengan demikian aspek penting dari kebijakan dividen adalah menentukan alokasi laba yang sesuai di antara pembayaran laba sebagai dividen dengan laba yang ditahan perusahaan. Terdapat beberapa teori yang mendukung variabel ini, yaitu:

Bird In The Hand Theory

Menurut J, Keown (2008: 611) kepercayaan bahwa pendapatan dividen mempunyai nilai lebih tinggi bagi investor dari pada pendapatan modal, sejak  dividen lebih pasti dari pada pendapatan modal.

Pemegang saham lebih suka kalau keuntungan dibagikan dalam bentuk dividen dari pada retained earning. Alasan mereka adalah pembayaran dividen merupakan penerimaan yang pasti dibanding dengan capital gain.

Mereka mengiaskan bahwa satu burung ditangan lebih berharga dari pada seribu burung di udara. Teori inilah yang kemudian disebut sebagai bird in the hand theory. Berdasarkan teori tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa manajemen dapat melakukan manajemen laba pada pendapatan dividen untuk membuat investor senang apabila perusahaan membagikan dividen.

Tax Differential Theory

Menurut Brigham dan Joel (2001: 67) ada tiga alasan yang berkaitan dengan pajak untuk beranggapan bahwa investor mungkin lebih menyukai pembagian dividen yang rendah dari pada yang tinggi, yaitu pendapatan dividen dikenakan tarif pajak lebih tinggi dibandingkan dengan tarif pajak keuntungan modal

Investor yang kaya (yang memiliki sebagian besar saham dan menerima sebagian besar dividen yang dibayarkan) mungkin lebih suka perusahaan menahan dan menanamkan kembali laba dalam perusahaan. Pertumbuhan laba mungkin dianggap menghasilkan kenaikan harga saham, dan keuntungan modal yang pajaknya rendah akan menggantikan dividen yang pajaknya tinggi sehingga memicu manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba.

Selain itu, pajak atas keuntungan tidak dibayarkan sampai saham terjual. Hal ini disebabkan Karena adanya efek nilai waktu, satu dollar pajak yang dibayarkan dimasa mendatang mempunyai biaya efektif yang lebih rendah dari pada satu dollar yang dibayarkan hari ini.

Alasan yang terakhir yaitu jika selembar saham dimiliki oleh seseorang sampai orang tersebut meninggal, sama sekali tidak ada pajak keuntungan modal yang terutang. Ahli waris yang menerima saham itu dapat menggunakan nilai saham pada hari kematian sebagai dasar biaya mereka, dengan demikian mereka terhindar diri dari pajak keuntungan modal.

Information Content of Dividen

Menurut Sjahrial (2007: 265) menjelaskan bahwa saat ada kesempatan investasi yang menguntungkan, pembagian dividen akan cenderung besar. Pada saat tidak banyak kesempatan investasi yang menguntungkan pembayaran dividen akan cenderung rendah.

Kebanyakan perusahaan cenderung melakukan earnings management untuk menyesuaikan pembayaran dividen di setiap periodenya agar investor selalu melihat bahwa perusahaan tersebut memiliki peluang bisnis yang baik untuk dijadikan tempat berinvestasi.  Hal ini terletak pada perlakuan dividen sebagai indikator prospek perusahaanDividen dianggap mempunyai kandungan informasi (informasi content of dividend).

Pada saat perusahaan meningkatkan pembayaran dividen, maka hal ini bisa ditafsirkan bahwa manajemen memperkirakan prospek perusahaan dimasa yang akan datang membaik.

Apabila perusahaan mengurangi pembayaran dividen maka hal ini dapat ditafsirkan sebagai indikator bahwa manajemen memperkirakan prospek perusahaan kurang menguntungkan antara lain karena kesulitan keuangan.

Ada kemungkinan perusahaan mengurangi pembagian dividen dikarenakan perusahaan dihadapkan pada serangkaian kesempatan investasi yang menguntungkan, sehingga dampaknya akan mengakibatkan meningkatnya harga saham.

Namun dalam penelitian Abaoub, Homrani dan Gamra (2013) dan Mohammad, Wasiuzzaman dan Zaini (2011) keduanya tidak menemukan pengaruh yang signifikan antara dividend per share dengan praktik manajemen laba.

 

Demikianlah Sob, ulasan kami mengenai pengertian Dividen Per Share dan teori teori yang mendasarinya. Semoga bermanfaat dan sukses selalu buat Anda (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Apa sih pengertian Dividen Per Share (DPS) "