Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Platform Digital Efektif Untuk Promosi UMKM

Daftar Isi [Tampil]

 5 Platform Digital Efektif Untuk Promosi UMKM




Pemerintah melalui Menkominfo mendorong pelaku UMKM untuk menyiapkan strategi promosi via Digital bagi para pengusaha mikro kecil dan menengah. Demi mendongkrak transaksi ekonomi di tengah pandemi ini.


Pemerintah mengharapkan transformasi yang berkesinambungan, dimana pelaku usaha yang mulanya menggunakan metode promosi konvensional harus beradaptasi dengan merambah promosi digital.


Lalu platform-platform digital apa yang efektif untuk beriklan ? Simak ulasan berikut ini:


Aplikasi Digital


Kini keperluan bisnis lebih mudah dengan bantuan aplikasi android. Contohnya aplikasi 99 % Usahaku. Dalam aplikasi terdapat berbagai panduan dan pelajaran yang bagus untuk wirausaha. Ada juga fitur diskusi yang bisa digunakan untuk tanya jawab. 



Didalam aplikasi 99 % Usahaku terdapat media pembelajaran interaktif dalam bentuk teks dan video. Pengguna bisa belajar digital marketing secara praktis dan terstruktur. 


Media Sosial


Media sosial merupakan platform digital yang tak bisa dilepaskan oleh banyak orang. Media sosial kini telah bertransformasi, layanannya bertambah termasuk untuk mempromosikan sebuah barang. Salah satu caranya adalah membuat konten. Konten yang viral akan mendongkrak awareness dari calon konsumen.


Ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan untuk menjaring konsumen seperti Facebook, Tiktok dan Instagram. Ketiga media tersebut memiliki pengguna mencapai miliaran jiwa. Menurut data Kemonkinfo terdapat 139.337 UKM yang mulai merambah promosi digital.


Aplikasi messenger


Dibandingkan platform Digital yang lain, aplikasi messenger terasa lebih intim dan interaktif dalam menjalin komunikasi dengan konsumen. Penjual bisa memasang story yang berkaitan dengan produk dan jika pelanggan tertarik, mereka bisa melakukan transaksi via aplikasi messenger tersebut.


Pemasaran via aplikasi chatting dipercaya meningkatkan kepercayaan sebuah toko asalkan pelayanan dilakukan secara fast respon dan bisa menjawab pertanyaan, saran dan kritik pelanggan.


Marketplace


Marketplace merupakan sebuah tempat yang dirancang memang untuk keperluan jual beli. Mempertemukan produsen dan konsumen dalam sistem yang transparan. Salah satu contohnya dalam pencantuman harga, dimana calon bisa membandingkan harga antar toko. Pilihlah marketplace yang terpercaya, memiliki sistem keamanan yang bagus dan sesuai target pemasaran. Pasalnya setiap marketplace punya pangsa pasarnya masing-masing.


Website


Platform digital terakhir yang direkomendasikan untuk keperluan promosi adalah website. Website meningkatkan sisi profesionalitas dan kredibilitas. Dua hal ini harus dimiliki bila ingin mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena keterbatasan bertransaksi online ini adalah rawan terjadinya penipuan.


Keunggulan website sendiri adalah bisa dikostumisasi ditambahkan plug-in toko online. Yang nantinya website bisa menampilkan katalog, sistem pembayaran dan sebagainya.


Posting Komentar untuk "5 Platform Digital Efektif Untuk Promosi UMKM"