Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Saham Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Tips Investasi Saham Untuk Pemula - Apakah kamu punya keinginan memiliki banyak uang dalam Jangka panjang ? Apakah kamu ingin melindungi aset dari penurunan akibat inflasi ? Atau kamu punya keinginan seperti membangun rumah, berwisata ke luar negeri dan yang Lainnya ?, Berinvestasi adalah langkah yang tepat.

Tips Investasi Saham Untuk Pemula


Ada banyak nasehat dari orang-orang kaya seperti Warren Buffett seperti jangan biarkan kita bekerja untuk uang tapi biarkanlah uang bekerja untuk kita. Keuntungan inilah yang bisa dirasakan kalau seseorang berinvestasi.

Ada banyak keuntungan investasi seperti deviden, diversifikasi, kepemilikan dan sebagainya. Lalu untuk pemula langkah-langkah seperti apa agar, bisa mendapatkan untung ? Silakan simak artikel Tips Investasi Saham Untuk Pemula berikut ini:

 

Memilih Sekuritas dengan biaya layanan terjangkau

Untuk langkah pertama Investasi saham adalah mendaftar perusahaan sekuritas seperti ajaib, bibit, MNC sekuritas dan sebagainya. Kemudian kamu harus mendaftar untuk memiliki akun RDN, yang kemudian bisa di isi saldo yang nantinya digunakan untuk membeli saham. Setiap sekuritas memiliki aturan berbeda-beda dalam menentukan nominal Top Up akun RDN.

Setiap transaksi pembelian saham juga akan dikenakan biaya dari 0,19% - 0, 29 % dari saldo yang dikeluarkan. Maka dari itu survei dulu sekuritas yang sesuai dengan kemampuan finansial. Ada sekuritas yang mematok angka 100.000 untuk top up ada juga yang mematok jutaan rupiah.

 

Perencanaan keuntungan

Ada banyak anggapan membeli saham harus mengeluarkan biaya mahal. Padahal ada banyak saham yang 1 lot nya saja bisa dibeli dengan 100 ribu. Tentunya nilai uang yang kamu investasi sebanding dengan resiko untung dan ruginya yang didapatkan.

Lebih baik menyusun perencanaan jelas seperti rencana take profit dan stop loss nya. Dengan investasi saham kamu harus siap menerima resiko keuntungan dan kerugiannya. Modal kecil akan meminimalisir kerugian namun keuntungannya juga kecil. Modal besar akan cepat mendatangkan untung berlipat namun juga ada resiko tinggi bila harga saham anjlok.

 

Cari Saham Indeks LQ45 atau IDX30

Untuk pemula yang ingin mencoba investasi saham alangkah baiknya melakukan analisa baik fundamental maupun teknikal. Salah kategori sahm yang memiliki likuiditas tinggi dan memiliki prospek harga yang bagus kedepannya adalah saham Indeks LQ45 atau IDX30.

Bagi yang belum tahu, saham LQ45 merupakan kumpulan saham yang memenuhi kriteria tertentu yang dimasukkan dalam bursa efek Indonesia. Kriteria ini mencakup potensi pertumbuhan di masa yang akan datang, level likuiditas dan yang lainnya.

Jadi memilih saham LQ45 sangat cocok untuk investasi masa depan.

 

Beli saham dari bidang perbankan atau consumer goods

Selain memilih saham dari daftar LQ45 dan IDX30, kamu juga disarankan memilih saham dari instansi-instansi yang berkecimpung dalam bidang perbankamy dan consumer goods. Alasannya karena memiliki pertumbuhan yang tinggi dari tahun ke tahun.

Perusahaan consumer goods memproduksi barang-barang yang selalu dibutuhkan masyarakat dari hari ke hari. Begitu pula dengan perusahaan perbankan yang bisa bertahan dari inflasi.  Ada banyak pilihan saham dari bidang perbankan seperti: BBCA, BBRI,

Sementara saham perusahaan consumer goods adalah: Unilever, Sido dan yang lainnya.

 

Demikianlah beberapa Tips Investasi Saham Untuk Pemula yang bisa kami sampaikan. Untuk tips-tips keuangan lainnya silakan baca DI SINI. Semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk Anda semua (bisnisan.id).

Posting Komentar untuk "Tips Investasi Saham Untuk Pemula"