Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat-Kiat Memulai Usaha Kuliner, Pemula Harus Tahu !

Daftar Isi [Tampil]

 Kiat-Kiat Memulai Usaha Kuliner, Pemula Harus Tahu !


Salah satu usaha yang selalu dilirik pelaku usaha adalah usaha dibidang kuliner karena memiliki permintaan yang selalu ada dan ramah UKM Berskala kecil. Dari sekian banyak usaha kuliner yang banyak dibuat adalah usaha katering. Dibuat untuk memenuhi hidangan saat ada hajatan seperti pesta ulang tahun hingga pernikahan. Namun dibalik keuntungannya tentu seorang harus paham kiat-kiat untuk memulai usaha katering.


Lalu bagaimana caranya ? Silakan simak uraian berikut ini:


Memilih Jenis Katering


Sebelum kita berbisnis Katering pastikan kita fokus dulu pada satu jenis. Banyak sekali jenis katering yang lazim ditemui di Nusantara seperti.


Katering pesta


Jenis katering yang menyediakan berbagai hidangan untuk keperluan pesta seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan tasyakuran. Katering jenis ini merupakan jenis yang paling banyak ditemukan.


Katering Kantoran


Berbagai instansi seperti kantor membutuhkan hidangan untuk karyawannya. Biasanya akan dipersembahkan dalam bentuk prasmanan, dimana karyawan bisa mengambil lauknya sendiri. Biasanya kantor membutuhkan jasa katering saat ada meeting, seminar dan gathering.


Katering Sekolah


Anak-anak yang bersekolah tentu membutuhkan nutrisi yang cukup dan itu bisa dijadikan peluang untuk membuka usaha katering sekolah. Buatlah menu-menu sehat dan lezat kemudian dikemas dalam box makanan. Biasanya yang mengambang adalah orang dari sekolah itu sendiri.  Biasanya sekolah akan memesan katering pada saat seminar, pengajian, kegiatan study tour dan sejenisnya.


Buat Merk Dagang/Brand


Usaha katering memerlukan sebuah nama yang unik dan mudah dihafal agar memancing minat konsumen. Rencanakan nama usaha sebaik mungkin karena berperan sekian persen untuk meningkatkan level order. 


Baca juga: Ide Usaha Rujak Petis, Kuliner Tradisional Laris


Setelah membuat brand buatlah sebuah logo yang merepresentasikan visi misi usaha katering kita. Branding adalah aspek yang meningkatkan profesionalisme sebuah usaha.


Mencari Supplier


Kita harus mencari bahan makanan untuk katering, mengingat harga dari satu supplier ke supplier lainya bisa berbeda, maka penting untuk melakukan perencanaan. Usaha mencari yang terjangkau dan berkualitas, karena akan berpengaruh pada sisi produksi.


Supplier yang bagus adalah supplier yang mau di ajak negosiasi demi terciptanya keuntungan bersama. Mereka bisa memberikan harga secara murah namun berkualitas sayuran, daging dan buah masih dalam keadaan segar.


Perencanaan Modal


Setiap jenis katering memiliki cakupan modal yang berbeda-beda semakin luas pangsa yang dijangkau memerlukan modal yang semakin besar. Pangsa pasar luas tentu berpeluang mendatangkan keuntungan berlipat. Namun bila anda memiliki moda usaha terbatas, tak masalah bila memulai katering yang bersifat rumahan terlebih dahulu.



Strategi Pemasaran


Cara berpromosi usaha katering adalah disesuaikan dengan target market. Bila mendirikan katering kantoran, kita perlu berpromosi ke kantor-kantor. Bila mendirikan katering sekolah, kita bisa beriklan di sekolah-sekolah. Semakin banyak pihak yang mengenal katering, ini akan memperluas pangsa pasar dan meningkatkan pesanan.


Media promosi ada banyak yang konvensional ada brosur, pamflet, board dan sebagainya. Untuk media online ada ads, akun media sosial dan sebagainya.


Tingkatkan layanan


Karena katering menjual makanan, mau tak mau kita harus menciptakan kuliner dengan rasa yang enak, membuat variasi kuliner menggugah selera. Faktor rasa ini biasanya menjadi pertimbangan utama, client dalam memilih katering dalam acaranya.  


Jangan sampai mereka kecewa atau complaint dengan menu katering yang sudah diberikan. Jika ini terjadi akan berdampak negatif pada nama baik katering.


Tingkatkan layanan meliputi pelayanan, peningkatan kualitas SDM, variasi kuliner dan sebagainya.




Posting Komentar untuk "Kiat-Kiat Memulai Usaha Kuliner, Pemula Harus Tahu !"