Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier - Dewasa ini memang perlu dipelajari oleh siapa saja. Semakin lama dari tahun ke tahun kesadaran akan emansipasi wanita mulai meninggi. Kini wanita dapat merasakan posisi yang sejajar dengan laki-laki. Wanita mempunyai hak yang sama termasuk dalam bekerja.

Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier


Wanita karier merupakan konsekuensi dari emansipasi. Jika dulu wanita seperti diharuskan mengurus rumah tangga. Kini mereka bisa berdikari mendapatkan hasil perkerjaannya sendiri. Lalu bagaimana caranya Mengatur Keuangan Bagi wanita karier ? Simak artikel Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier di bawah ini:

 

Lakukan Pengukuran Keuangan

Agar keuangan lebih terjaga, penting untuk melakukan pencatatan seperti pemasukan dan pembuangan pada setiap bulannya. Akomodasikan gaji untuk keperluan prioritas seperti kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan, biaya kesehatan dan tabungan.

Setiap ada pemasukan coba untuk disisihkan 10 % untuk tabungan. Minimalisir pengeluaran yang bersifat konsumtif karena bukan hal yang urgen seperti belanja di mall, liburan di luar negeri dan sejenisnya. Dengan demikian uang yang kita miliki akan lebih safety.

 

Daftar Asuransi Kesehatan

Jangan pernah menyepelekan peran asuransi, karena sewaktu-waktu bisa saja kita mengalami hal darurat seperti kecelakaan atau krisis finansial. Manfaat asuransi adalah menjaga aset-aset penting dari hal-hal seperti ini.

Ada banyak jenis-jenis asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk wanita karier dan punya keinginan untuk menikah pilihannya bisa mendaftar asuransi kesehatan. Karena kesehatan merupakan aset penting untuk bekerja terlebih biaya kesehatan dari tahun ke tahun meningkat.

 

Buat Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Manajemen finansial yang baik bisa dimulai dari perencanaan yang bersifat jangka pendek dan Jangka panjang. Dengan perencanaan, alokasi dana akan lebih terarah dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Terutama untuk wanita karier yang sebentar lagi ingin menikah. Karena ada budaya di sebagian Indonesia yang membebankan biaya pernikahan kepada pihak perempuan, sementara  bantuan dari pihak laki-laki bersifat sukarela.

Perencanaan juga diperlukan jika ingin mengambil pendidikan yang lebih tinggi atau membeli rumah.

 

Bila Sudah Menikah dan Joint Income dengan Pasangan

Wanita karier yang memiliki menggabungkan income-nya dengan suami. Tentunya prioritas pengeluaran tentu akan berbeda ketika masih berstatus lajang. Ada pengeluaran untuk mengurus anak, biaya sekolah anak, dan seterusnya.

Meskipun ketika menikah, yang menjadi pencari nafkah utama adalah suami, wanita karir tetap memiliki andil penting dalam meningkatkan finansial keluarga.

Agar aset-aset aman dari inflasi, coba alihkan beberapa dalam bentuk investasi. Seperti investasi emas, crypto curency dan saham. Biarkan uang yang bekerja untuk kita.

 

Kesimpulan

Dengan emansipasi yang meningkat dari tahun ke tahun, tentunya wanita punya hal untuk bekerja, tidak hanya di dapur tapi juga mempunyai pekerjaan yang sama dengan laki-laki. Maka dari itu penting juga, wanita untuk belajar mengelola keuangannya sendiri. Yang nantinya akan bermanfaat untuk masa depan.

Itulah bagaimana Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier agar kualitas hidup semakin meningkat. Semoga sukses dan sehat selalu (bisnisan.id).

 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita Karier"