Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Peran Penting Milenial Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia

Daftar Isi [Tampil]

 Bagaimana Peran Penting Milenial Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia


Efek Pandemi Corona benar-benar terasa berat untuk kelajuan ekonomis nasional. Banyak tenaga kerja yang menerima restrukturisasi, banyak usaha yang bangkrut dan rendahnya kemampuan beli masyarakat. Efek Pandemi ini bahkan dirasakan oleh negara-negara maju.


Pemerintah tidak hanya berdiam diri untuk menyelesaikan masalah ini dengan memberinya Berbagai insentif. Namun dibutuhkan juga peran milenial, generasi muda kita untuk mencipta kreativitas serta inovasi agar ekonomi Indonesia bisa bangkit.


Lalu bagaimana caranya, Milenial berperan pada ekonomi nasional ? Simak ulasan berikut ini:


Bertransaksi Hasil UMKM Lokal


Langkah efektif yang bisa membangkitkan lagi ekonomi nasional adalah membeli produk UMKM skala kecil dan menengah. Karena mereka adalah pihak yang paling terdampak dengan situasi sulit Pandemi Corona. Sebuah langkah kecil namun bila kompas dilaksanakan agar berdampak positif.



Para pedagang kecil seperti pedagang kaki lima butuh uluran tangan dari kita. Belilah produk yang mereka jual, setidaknya sudah bisa meringankan beban hidup mereka.


Mempromosikan Produk UMKM


Milenial ditandai sebagai generasi yang paling melek teknologi utamanya yang berbau dengan Digital. Keahlian ini bisa dimanfaatkan untuk membantu UMKM dengan ikut serta mempromosikan produk hingga dikenal khalayak luas. Sudah bukan rahasia lagi kalau Milenial ini punya skill digital marketing yang bagus. Mereka bisa membuat copywriting, desain dan membuat Content marketing.


Keahlian-keahlian tersebut bahkan bisa didapatkan dari kursus-kursun gratis yang ada di google. Beberapa media sosial seperti Facebook, Instagram dan titik menjadi lahan yang tepat untuk berpromosi, bahkan cakupannya Mencapai penjuru dunia.


Meminimalisir Pembelian barang impor


Untuk memompa industri lokal yang lesu, Milenial harus Memprioritaskan produk dalam negeri, sesungguhnya produk lokal tidak kalah kualitas dengan produk luar bahkan memiliki harga lebih terjangkau. Membeli produk lokal juga akan menambah Devisa negara.


Momen pandemi ini adalah momy tepat untuk saling bergandeng tangan, dari hulu ke hilir, mengembangkan produk sendiri dan membelinya. Milenial harus ikut andil menciptakan iklim ekonomi sehat Indonesia.


Meningkatkan Skill


Milenial yang mau mengupgrade skill tentu secara tidak langsung akan meningkatkan ekonomi nasional Indonesia. Semakin banyak SDM berkualitas semakin cepat pertumbuhan sebuah negara. Skill juga berperan untuk meningkatkan daya saing saat seleksi kerja.


Milenial diberkahi penguasaan teknologi yang membuatnya bisa memperoleh ilmu dari mana saja,bukan hanya sekolah/perguruan tinggi namun juga dari internet.


Berani berpikir kreatif


Kreativitas anak muda dipercaya mampu membawa hawa positif untuk ekonomi Indonesia. Tumbuhnya Start up - start up seperti Bukalapak, Gojek, dan Tokopedia menjadi bukti bahwa usaha lokal bisa menjadi raja di negeri sendiri. Jangan takut untuk berinovasi, karena ide sekecil apapun bisa menjadi nyawa dari sebuah perubahan revolusioner.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Peran Penting Milenial Untuk Kemajuan Ekonomi Indonesia"