Alasan Konsumen Membeli Produk, Apa Saja ?
Alasan Konsumen Membeli Produk, Apa Saja ? - Mungkin Anda akan menentang Saya ketika Saya mengatakan bahwa…
“Semakin Anda berusaha menjual produk,
semakin Anda sulit menjualnya”
Tapi itulah yang terjadi. Produk yang dimaksud
bukan berarti produk yang sesungguhnya, tapi bagaimana cara Anda menawarkan
produk Anda. Maksudnya? Begini penjelasannya….
Pada hakikatnya, orang lain TIDAK PERNAH
membeli produk Anda. Tapi sebenarnya mereka membeli ‘sesuatu’ di balik produk
tersebut. Orang tidak pernah membeli shampoo, namun mereka membeli khasiat atau
kinerja dari shampoo yang diberikan, misalnya meluruskan rambut, menghilangkan
ketombe, membuat harum, agar tidak rontok, dll.
Orang tidak pernah membeli mobil, mereka
membeli fungsi dari mobil tersebut (kecepatannya, kemewahannya, simpel, bahan
bakarnya yang irit, fungsional untuk keluarga, dll). Lantas, apa sebenarnya
yang diinginkan market dari produk Anda?
Inilah alasan kenapa seorang konsumen membeli
produk Anda:
1. DREAM
Mereka ingin Anda membantu mereka dalam
menggapai mimpinya. Contoh : jual fashion (agar terlihat lebih cantik, lebih
syar’i, lebih seksi, dll), jual pelatihan (menjadi lebih pintar, lebih kaya,
lebih sukses, dll), jual gadget (lebih keren, lebih gaul, lebih canggih,
dll).
2. NEED
Mereka ingin Anda membantu mereka dalam
memenuhi kebutuhannya. Contoh : jual air, makanan, sayuran, gas LPG, beras,
pulsa, dan lain-lain.
3. PROBLEM
Mereka ingin Anda membantu mereka dalam
menyelesaikan masalahnya. Contoh : jual obat (dari sakit jadi sembuh), jasa
pengiriman barang (dari sulit jadi mudah), bimbingan belajar (dari nilai jelek
jadi bagus), jas hujan (dari kehujanan jadi tidak kehujanan), service motor
(dari motornya bermasalah jadi aman), dan lain-lain.
Jika Anda perhatikan, sebenarnya market
itu membeli value (nilai) dari produk yang Anda jual, bukan produknya. Sehingga
Anda sebagai penjual kini tidak lagi fokus pada produknya, tetapi fokus pada
VALUE TERBAIK APA YANG DIMILIKI PRODUK ANDA untuk ditawarkan kepada market.
Mulai sekarang, berusahalah mengedukasi market
dengan value yang Anda kemas dalam bentuk produk, bukan dengan produknya itu
sendiri. Semakin market Anda terpuaskan dengan value yang Anda berikan, semakin
senang mereka dengan Anda. Semakin mereka senang dengan Anda, closing penjualan
pun terjadi.
Dalam satu jenis produk, tidak menutup
kemungkinan memiliki dua atau tiga value di atas, tergantung konsep marketing
yang ingin Anda berikan kepada market. So, temukan alasan terkuat mengapa
konsumen membeli produk Anda. Bila sudah ketemu pertahankan dan tingkatkan ke
value tambahan.
Semoga sukses untuk Anda semua (bisnisan.id).
Posting Komentar untuk "Alasan Konsumen Membeli Produk, Apa Saja ?"